Mengenal NFT dan Mengetahui Bagaimana Cara Menjualnya?

Blockchain NFT

Pesatnya perkembangan teknologi memberikan banyak kesempatan bagi semua orang untuk mencari penghasilan di dunia digital. NFT Marketplace menjadi ramai diperbincangkan, khususnya pada awal tahun 2022 ini.

NFT Marketplace adalah platform khusus transaksi beragam aset digital Non-Fungible Token (NFT). Sampai hari ini saja, banyak orang yang sukses meraup profit dari platform ini. Besarannya sendiri bervariasi, mulai dari jutaan sampai milyaran rupiah. Oleh karena itu, di artikel kali ini AMT IT Solutions akan bahas hal-hal penting dan mendasar terkait platform yang tengah naik daun ini.

Pengertian Non-Fungible Token (NFT)

Sebelum kami bahas lebih jauh, Anda wajib mengenal apa itu Non-Fungible Token. Sederhananya, NFT merupakan aset digital dalam bentuk karya seni ataupun barang koleksi yang dapat dibeli dengan mata uang kripto.

Contoh NFT mencakup karya seni, klip video, musik, dan lain sebagainya dalam format digital, seperti JPEG, PNG, MP4. NFT memakai teknologi blockchain serupa dengan cryptocurrency. Bedanya, NFT bukan mata uang.

Sementara itu, kata “non fungible” sendiri memiliki arti tidak bisa dipertukarkan, sehingga pembeli memiliki aset aseli tanpa ada yang bisa menirunya.

Apa itu Blockchain

Bagaimana Cara Menjual NFT?

Aplikasi NFT yang tengah ramai diperbincangkan saat ini adalah OpenSea. OpenSea sendiri adalah pasar jual beli NFT dengan perputaran uang terbesar. Aplikasi ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi pembeli, penjual, ataupun kreator NFT dalam bertransaksi.

Melalui platform NFT OpenSea ini tak ada batasan aset digital yang bisa diperjualbelikan, mulai dari crypto kitties, karya seni, nama domain, sampai foto selfie. Sistem menjual NFT di OpenSea ini juga cukup gampang seperti berikut:

Masuk ke website OpenSea.io dan login ke akun. Seandainya Anda belum mempunyai akun, Anda dapat mendaftar dulu.

  1. Klik ikon foto profil yang berada di kanan atas.
  2. Klik ‘Profile’.
  3. Pilih NFT yang ingin Anda jual dari wallet.
  4. Klik ‘Sell’ untuk diarahkan ada halaman penjualan.
  5. Pilih tipe dan harga jual yang Anda inginkan.

Dalam memutuskan harga jual awal NFT, Anda tak dapat asal mencantumkan harga saja, tetapi memerlukan strategi khusus dan riset harga rata-rata pasar. Selain itu, Anda juga dapat menentukan harga tetap atau lelang untuk aset yang Anda jual.

Apabila Anda mau memakai sistem lelang, Anda bisa mulai dengan masukkan harga awal, waktu kadaluwarsa, dan ambang harga. Adapun durasi penjualan dapat berlangsung selama satu hari, tiga hari, atau seminggu.

NFT Ghozali

Tips Sukses Jual NFT

Walaupun sistem menjual NFT di atas terlihat mudah, faktanya untuk dapat meraup profit optimal tak semudah yang dibayangkan. Ada banyak taktik khusus untuk menaikan harga jual NFT dan sukses dalam memasarkannya. Apa saja kiat sukses menjual NFT? Simak penjelasannya berikut ini.

Nama Akun Berkarakter

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan yaitu membuat akun OpenSea dengan nama yang berkarakter mengikuti  aset yang Anda mau jual. Pastikan nama akunmu gampang untuk diingat dan dicari orang lain, serta cocok dengan target pasar.

Riset Harga Pasar

Sebelum menetapkan harga jual NFT, Anda wajib melaksanakan riset harga dari pasar NFT yang menjual aset mirip dengan yang Anda miliki. Selain itu Anda juga mesti mencari poin unik dari NFT yang Anda jual.

Sesudah mencari data tentang kompetitor, Anda dapat menaksir apakah NFT yang Anda miliki akan dipasarkan dengan harga lebih tinggi, sama, atau lebih rendah. Untuk langkah awal, mulailah dengan harga yang lebih rendah.

Membangun Relasi Dengan Kolektor NFT

Membangun hubungan merupakan metode ideal di berbagai bisnis, begitupun dengan NFT. Dalam NFT Anda juga perlu membangun relasi yang bagus dengan para kolektor lainnya.

Anda bisa mulai mempromosikan NFT Anda dengan membagikannya ke media sosial. Hal ini bermanfaat untuk mencari calon konsumen atau sebagai branding NFT Anda.

Melek Digital Dengan AMT IT Solutions

Melalui tren digital saat ini, AMT IT Solutions dan HPE turut serta mendukung kesiapan para pelaku bisnis dalam bertransformasi digital. Dengan solusi Blockchain, AMT IT Solutions percaya jika masa depan teknologi ini akan meluas dan memberikan nilai bagi setiap industri, memungkinkan model bisnis baru dan tingkat efisiensi yang lebih besar.

Dalam industri keuangan, blockchain memungkinkan bank untuk menyelesaikan transaksi secara otomatis dengan efisiensi yang lebih besar.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang System Integrator, AMT IT Solutions menawarkan strategi bisnis yang membuat bisnis Anda mampu bersaing di era digital dengan menyediakan berbagai solusi dan layanan untuk membantu pelaku usaha menciptakan peluang.