Peluang Bisnis Bagi Perusahaan dalam Menerapkan Teknologi AR & VR

Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) adalah kedua teknologi yang sangat popular dibahas saat ini. Dua teknologi ini baik AR maupun VR ini saling mendukung dari perkembangan dunia teknologi. AMT IT Solutions memiliki beragam solusi dengan memanfaatkan inovasi teknologi masa depan dalam menunjang dan mengoptimalisasi produktivitas perusahaan untuk mendapatkan peluang bisnis baru.

Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) adalah kedua teknologi yang sangat popular dibahas saat ini. Berbagai perusahaan sudah mulai mencoba untuk menerapkan kedua teknologi tersebut untuk diterapkan pada produk yang dipasarkan. Namun tahukah Anda pemahaman dari VR dan AR, serta apa saja perbedaannya?

Di Indonesia perkembangan AR ini sudah masuk ke dalam dunia industri, beberapa perusahaan sudah menerapkannya sebagai langkah baru untuk melakukan promosi yang menarik minat beli konsumer. AR adalah teknologi yang menggabungkan antara dunia nyata dan dunia maya. Salah satu contoh AR adalah google translate, yang mana teknologi tersebut dapat melakukan scanning terjemahan tulis berbagai bahasa. Hal ini memudahkan pengguna saat dalam perjalanan ke negara yang memiliki kesulitan dalam bentuk penulisan huruf.

Augmented Reality (AR) tidak memerlukan seperangkat alat khusus untuk menikmatinya. Sebagai contoh, hanya dengan smartphone atau tablet yang memiliki aplikasi AR  di dalamnya, pengguna dapat menikmati sensasi dunia virtual yang muncul dalam dunia nyata. Lebih serunya lagi, konten Augmented Reality jauh lebih mengedepankan efektivitas dalam penerapannya di kehidupan masyarakat. Teknologi AR akan membawa transformasi digital yang signifikan ke berbagai bidang ekonomi dalam hal produktivitas, daya saing, serta penyediaan layanan baru dan inovatif untuk klien.

Augmented Reality

Augmented Reality adalah teknologi yang memperluas dunia fisik pengguna dengan cara menambahkan lapisan informasi digital ke dalamnya. Perbedaan yang signifikan pada VR adalah AR tidak menciptakan seluruh lingkungan buatan untuk menggantikan yang asli dengan yang virtual.

AR muncul di tampilan langsung dari lingkungan yang ada dan menambahkan suara, video, dan grafik ke dalamnya. Jadi, AR adalah kenampakan lingkungan fisik dunia nyata, secara bersamaan dengan gambar yang dihasilkan komputer sehingga mengubah persepsi realitas.

Di Klinik Cleveland, Case Western Reserve University, siswa diajarkan seluk beluk anatomi menggunakan headset AR. Teknologi ini memungkinkan mereka mempelajari tubuh manusia tanpa perlu membedah mayat atau menonton operasi langsung. Namun, hal ini tidak terbatas pada pelatihan saja. AR juga memiliki aplikasi yang dapat diterapkan selama operasi tanpa perlu kamera dan probe invasif yang masih tradisional.

Virtual Reality

Teknologi ini bekerja dengan cara memanipulasi otak manusia, sehingga manusia seolah-olah merasakan berbagai hal realitas buatan seperti hal yang nyata. Teknologi ini memungkinkan manusia dapat berinteraksi dengan lingkungan 3D yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata atau imajinasi.

Dalam VR ini membawa user untuk menikmati pengalaman yang berbeda karena user  dibawa ke sebuah dunia yang berbeda. Proses kerja virtual reality adalah melakukan penghapusan dunia nyata di sekeliling manusia, kemudian pengguna akan merasakan masuk ke dalam dunia maya tersebut tanpa bersentuhan sama sekali dengan dunia nyata.

Virtual Reality pada awalnya lebih diterapkan hanya untuk kesenangan atau hiburan pengguna. Biasanya teknologi ini ditemukan pada berbagai game online. Namun baru-baru ini para ilmuwan mulai menerapkan VR ke dunia medis. Bedanya dengan AR adalah VR akan benar-benar merasakan bentuk tubuh manusia tanpa harus membedah anatomi manusia nyata.

Dua teknologi ini baik AR maupun VR ini saling mendukung dari perkembangan dunia teknologi. Hal ini dapat menambah pengalaman di dalam dunia hiburan dan berbagai industri lainnya. Membuat pengalaman yang baru. AR dan VR membawa dimensi baru dari interaksi antara perangkat digital dan dunia nyata.

AMT IT Solutions memiliki beragam solusi dengan memanfaatkan inovasi teknologi masa depan dalam menunjang dan mengoptimalisasi produktivitas perusahaan untuk mendapatkan peluang bisnis baru. Melalui perjalanannya, AMT IT Solutions telah melayani berbagai perusahaan yang bergerak pada bisnis industri manufaktur, hospitality, perbankan, serta pemerintahan.