Remote Auditing Jadi Solusi Auditor Di Masa Pandemi

Sejak ditetapkannya COVID-19 adalah pandemik, berbagai lembaga dan organisasi global beralih ke sistem kerja jarak jauh. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk meminimalisir penularan.

Melalui sistem kerja dengan cara yang baru, sebagian besar operasi bisnis perusahaan harus mengoptimalkan sumber daya dan perangkat teknologi yang tersedia, untuk terus dapat beradaptasi dan berkompetisi.

Para staff dan tim manajemen terus berusaha semaksimal mungkin untuk terus mempertahankan skalabilitas perusahaan. Divisi internal auditor menjadi sorotan di masa pandemi, mereka menghadapi tantangan yang sangat besar, karena program yang direncanakan pada tahun sebelumnya, terpaksa tidak dapat dijalankan, karena adanya pembatasan.

Dampak Covid-19 mengakibatkan kendala audit menjadi lebih serius. Covid-19 telah memaksa klien untuk menata ulang prioritasnya. Wabah ini menentukan langkah ulang bagi perusahaan untuk mengurangi dampak dan menyelamatkan proses-proses penting agar bisa beroperasi, meskipun banyak kendala dan tidak sempurna. Tim internal audit tidak dapat memaksakan pelaksanaan kerja yang tidak relevan dan tidak sesuai dengan prioritas manajemen.

Pada awal Maret 2020, the Institute of Internal Auditors (IIA) juga telah menerbitkan Knowledge Brief mengenai remote auditing. Melalui penerbitan tersebut, Chief audit executive (CAE) dari berbagai lembaga dan organisasi mengharapkan adanya perubahan total terhadap rencana audit tahunan seperti menghentikan atau mengurangi beberapa ruang lingkup penugasan audit yang sedang dilakukan.

Strategi yang diberlakukan adalah mengubah total rencana audit dan memberlakukan metode kerja baru bagi tim internal auditor dengan pendekatan melalui remote auditing. Dengan remote auditing, auditor melakukan seluruh atau sebagian prosedur auditnya secara jarak jauh.

Namun langkah awal yang harus dilakukan sebelum melakukan remote auditing, perusahaan harus memiliki data yang sudah terintegrasi dalam sistem, misalnya aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP), yang dapat memudahkan para tim internal auditor dalam pengambilan data.

Dengan menggunakan salah satu solusi data analytics & GRC seperti Galvanize misalnya, tim internal auditor dapat dengan lebih efektif dalam melakukan penarikan dan analisa data serta remediasi temuan dengan tetap menjaga integritas data tersebut. sehingga, tim internal auditor dapat memiliki tambahan waktu untuk lebih focus pada bagaimana cara remediasi temuan, analisa-analisa untuk mencari kemungkinan celah fraud baru, dll. Secara tidak langsung KPI pun meningkat.

Selain itu, dengan adanya protokol pembatasan, tim auditor yang juga membutuhkan pelaksanaan observasi, dapat melakukan observasi tersebut melalui teleconferencing atau melalui photo dan video. Auditor juga bisa menggunakan rekaman CCTV selama beberapa hari yang dikendalikan secara terpusat. Semua video, foto, rekaman, dan hasil review dokumen disatukan dalam satu bundle sehingga memudahkan para auditor untuk melakukan review, analisis, dan pengujian.

Melalui transformasi perkembangan proses kerja yang cepat, remote auditing menjadi salah satu bekal yang cukup untuk menuju new normal. Meskipun pandemi Covid-19 dapat menjadi titik balik dua arah bagi auditor internal.

Apa yang dilakukan pada hari ini akan berdampak pada masa depan. Pada masa krisis seperti saat ini, jangan ragu untuk melakukan pengubahan ulang terhadap rencana audit yang lama, agar perusahaan Anda tidak mundur di tengah jalan.

Di masa pandemik seperti inilah peluang emas bagi tim internal auditor untuk menunjukkan kontribusinya dalam meningkatkan peluang bisnis bagi perusahaan, seperti cepat tanggap terhadap temuan dan peluang baru bagi perusahaan, membantu dan memfasilitasi managemen dalam mengantisipasi emerging risks.

AMT IT Solutions bersama Galvanize menyediakan solusi bagi tim internal auditor untuk memudahkan mereka bekerja jarak jauh, yaitu HighBond Platform. HighBond Platform merupakan solusi audit management tools yang sudah terintegrasi dengan risk management dan compliance yang juga dapat dikombinasikan dengan Robotic Data Analytics. Galvanize merupakan Hybrid Cloud SaaS (Software as A Service) Platform.

Galvanize dapat membantu perusahaan untuk mendeteksi lebih dini dan memprediksi business risk, serta membantu tim internal auditor untuk cepat tanggap dalam resolving issue. Selain itu, Galvanize juga membantu perusahaan untuk tetap comply dengan berbagai compliance dan local regulations yang dapat mempengaruhi business reputation dan market value perusahaan.

Related Post :