Perkembangan Virus Malware Komputer

Sejarah Perkembangan Virus Komputer Dunia Dari Masa Ke Masa

Perkembangan teknologi yang semakin tinggi mengakibatkan ancaman virus komputer yang turut serta kian meningkat. Sebanyak 6.000 virus komputer diciptakan dan dirilis setiap bulannya. Angka ini tentunya besar, begitu pula dengan ancaman yang datang sepaket dengan kemunculan virus ini.

Terdapat banyak jenis virus komputer dengan tingkat ancaman yang berbeda, salah satunya seperti meretas informasi transaksi perusahaan dan korban harus membayar uang tebusan jika ingin terbebas.   Di artikel kali ini akan kami bahas perkembangan virus komputer dari masa ke masa, dampak yang disebabkan, dan beberapa cara menghindari risiko yang ditimbulkan.

  • Mengenal Virus Komputer

Virus komputer merupakan malware yang mampu menghancurkan sistem komputer, mencuri data, atau merusak software. Mirip dengan virus biologis, virus komputer mampu mereplikasi diri dan memerlukan media agar bisa menyebarkan infeksi. Media ini berupa program atau file yang digunakan user.

Sebagai informasi, virus komputer mulai muncul sekitar setengah abad yang lalu dan sejak saat itu hingga sekarang masih terus menyebarkan ancaman.

Data Stealing

Perkembangan Virus Komputer

1971
Virus komputer pertama lahir bersamaan di saat intel merilis mikroprosesor komersial pertamanya. Virus ini merupakan hasil eksperimen ilmuwan BBN Technologies yang berlokasi di AS. Tujuan penciptaannya adalah untuk mencari tahu apakah program yang diciptakan mampu mereplikasi diri. Saat menyerang komputer, virus ini akan menampilkan pesan yang bertuliskan: “I’m a creeper, catch me if you can”. Dari situlah nama virus “Creeper” yang merupakan virus komputer pertama di dunia berasal.

1974

Pada pertengahan tahun 1970-an kembali muncul virus baru yang dijuluki sebagai Rabbit virus. Seperti namanya, virus yang satu ini sangat aktif. Virus ini dapat dengan cepat mereplikasi diri dan merusak sistem komputer.

1982
Pada tahun 1982 virus PC pertama diciptakan oleh seorang remaja 15 tahun bernama Rich Skrenta. Virus ciptaan Skrenta diberi nama Elk Cloner. Virus ini menyebar melalui floppy disc game dan menyerang sistem operasi Apple II. Saat game ini dimainkan ke 50 kalinya, alih-alih game, tulisan inilah yang akan muncul:

Elk Cloner: The program with a personality

It will get on all your disks

It will infiltrate your chips

Yes, it’s Cloner!

It will stick to you like glue

It will modify RAM too

Send in the Cloner!

 

1988

Era virus yang paling meresahkan dimulai di tahun ini. Sebelum tahun 1988, sebagian besar virus hanya dianggap sebagai lelucon dengan nama dan membawa pesan yang lucu. Namun, semua ini berubah ketika virus bernama Festering Hate muncul. Sebagai informasi, alih-alih menginfeksi floppy disk dan hard drive, virus ini justru menyerang setiap file di hard drive, drive memori, dan floppy disk.

1990-an
Salah satu virus teraktif di tahun 1990an adalah Form. Virus ini dikabarkan bertanggung jawab atas lebih dari 50% kasus infeksi yang muncul. Selain Form, di era 90an juga muncul virus lainnya yaitu Leonardo dan Michelangelo. Diketahui, pencipta kedua virus ini merupakan penggemar seni klasik atau serial Teenage Mutant Ninja Turtles (TMNT).

Menurut kabar yang beredar, teruntuk virus Michelangelo, virus ini tidak aktif selain di tanggal 6 Maret yang merupakan hari ulang tahun Michelangelo. Oleh karena itu, agar terhindar dari virus ini, masyarakat disarankan untuk tidak menggunakan komputer di tanggal 6 Maret.

Sayangnya, masih pada pertengahan tahun 90an, virus komputer mulai menyerang internet dan menyebar melalui email dan situs web.

2000-an

Mulai di tahun 2000an, varian baru virus komputer yang lebih berbahaya dikembangkan.

Salah satu virus yang paling mengancam kala itu adalah “love letter”. Virus berjulukan “ILOVEYOU” itu kerap menyebar melalui email dengan subjek “i love you”. Virus ini diduga dikirim oleh seseorang yang ada dalam daftar kontak user. Sukses menginfeksi lebih dari 50 juta komputer dalam kurun waktu kurang dari 10 hari, menjadikan virus ini sebagai virus terviral yang pernah ada.

Virus lainnya bernama SQL Slammer, yang dikembangkan pada tahun 2003, juga dengan cepat menyebar. Virus ini berhasil menyerang internet hanya dalam waktu 30 menit setelah diluncurkan.

Selanjutnya di tahun 2007, muncul virus bernama Zeus yang mampu mencuri informasi perbankan user.

2010-an

Selama masa ini, virus komputer juga berkembang dan memanfaatkan jalur baru untuk menginfeksi, yaitu melalui sosial media. Sekarang, pengguna sosial media yang tidak aware bisa dengan mudah dikecoh untuk mengklik iklan berbahaya maupun tautan mencurigakan.

Pop Adware

Cara Agar Tetap Aman Dan Terlindung Dari Virus Komputer

Jika setelah membaca artikel ini Anda merasa bahwa virus selalu mengintai dan siap menyerang komputer Anda, memang beginilah kenyataannya. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena AMT IT Solutions telah menyiapkan tips agar komputer Anda terlindungi dari virus!

  1. Gunakan software antivirus yang berkualitas. Ada banyak antivirus yang mampu memblokir ancaman digital sebelum mereka menyerang. Sayangnya, antivirus saja belum bisa melindungi komputer Anda dari berbagai jenis serangan virus. Jadi pastikan Anda menggunakan tools keamanan tambahan. Di AMT IT Solutions, kami memiliki Sangfor Cyber Command dan Aruba Zero Trust yang bisa membantu memaksimalkan upaya perlindungan komputer Anda.
  2. Hanya download dari website terpercaya. Pastikan download file dari website terpercaya dan hindari pihak ketiga yang tidak sah.
  3. Ketahui gejala komputer terinfeksi. Virus komputer bisa ditangani lebih cepat dan lebih mudah jika Anda sebagai user bisa mendeteksi secara dini. Jika Anda menemukan notifikasi aneh, perubahan pada homepage atau desktop, atau performa yang mulai lambat, segera ambil tindakan dengan melakukan scan virus komputer.

Penting untuk Anda ketahui bahwa sebagian besar virus, utamanya ransomware, tidak bisa dideteksi oleh Antivirus biasa. Jadi, seperti yang disinggung di atas, setiap internet user diharapkan memiliki security tool lain untuk membantu mengamankan privasi dan informasi digital mereka.

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang virus komputer dan cara melindungi komputer, jangan ragu untuk menghubungi AMT IT Solutions via website atau sosial media kami.