Lima Tips Meningkatkan Keamanan Data Perusahaan dengan Cyber Security

Cyber Security

Di era globalisasi ini, teknologi yang ada sudah sangat maju, bahkan menjadikan ketergantungan yang tinggi, baik penggunaan komputer maupun smartphone. Namun tak banyak orang mengetahui bahwa kejahatan di dunia maya sangat beresiko, maka sangat perlu mengenal manfaat cyber security.

Cyber security adalah sebuah teknologi yang dapat melindungi jaringan, komputer maupun program dari berbagai serangan, kerusakan atau cyber attack. Cyber attack inilah yang harus dihindari, karena dapat menggali kerahasiaan, integritas maupun ketersediaan informasi yang anda miliki.

Jenis Serangan Cyber yang Perlu kamu Ketahui

Sebelum mengetahui tips meningkatkan keamanan informasi, anda harus mengetahui serangan yang dapat membahayakan data yang ada di komputer anda:

  • Malware dan Virus

Malware ini merupakan salah satu cyber attack yang paling berbahaya. Karena bentuk serangannya merupakan perangkat lunak yang didalamnya terdapat virus. Perangkat lunak yang berhasil menyebar ke perangkat yang anda gunakan itulah yang memudahkan malware masuk dan merusak apa saja.

Tujuan virus tersebut juga bermacam-macam yaitu dapat menyembunyikan data, bahkan sampai merusak atau menghapus data.

  • Denial of Service

Sedangkan jenis serangan ini dapat membuat kinerja menjadi berat bahkan menguras daya. Karena serangan ini dapat memanipulasi jaringan, sistem atau aplikasi.

  • Phishing

Jenis ini juga sangat berbahaya karena biasanya berhubungan dengan pencurian data, seperti data pin, password hingga username. Sehingga serangan ini sangat meresahkan sekali dan wajib diwaspadai.

  • Scareware

Jenis cyber attack ini lebih menuju ke arah tipuan (scam) yang digunakan untuk mengecoh pengguna perangkat. Karena biasanya memiliki bentuk seperti pop-up peringatan dari sistem. Sehingga pengguna dapat terjebak atas penipuan yang dilakukan oleh penjahat siber ini.

Tips Meningkatkan Keamanan dengan Cyber Security

Namun kamu tidak perlu khawatir lagi, berikut beberapa tips dapat meningkatkan keamanan dengan mengenal elemen pada cyber security sebagai berikut:

Cyber Security

Network Monitoring System

Sistem ini dapat berguna untuk memonitor kelayakan, performance infrastruktur dan utilisasi informasi pada perangkat anda. Terdapat juga beberapa metode yang dapat meningkatkan network security ini dengan memanfaatkan layanan VPN, firewalls, email security tools dan program anti malware.

Cyber Security

Information Security

Elemen ini merupakan salah satu upaya yang dapat mencegah dari penjahat siber agar tidak semena-mena mengakses, menggunakan data anda. Maka dari itu penting sekali untuk mengetahui manfaat cyber security ini.

Information security ini memiliki tiga prinsip yaitu confidentiality (kerahasiaan), integrity (integritas) dan availability (ketersediaan informasi).

Cyber Security

Application Security

Elemen yang satu ini dapat meningkatkan keamanan suatu aplikasi yang sudah ada di perangkat anda, sehingga dapat mencegah para cyber attack untuk mencuri maupun membajak data anda.

 

Cyber Security

Perimeter Defense

Salah satu manfaat cyber security ini berfungsi sebagai komponen pertahanan seperti IDS, IPS maupun firewall.

Cyber Security

Human Resources atau End-user education

Upaya meningkatkan kesadaran seluruh pengguna akan pentingnya menjaga keamanan digital. Sehingga sebagai pengguna juga agar lebih berhati-hati dalam menggunakan perangkatnya agar data yang tersimpan tidak mudah dicuri maupun hilang.

Seperti yang telah kita ketahui cyber security adalah teknologi yang dapat membantu keamanan data anda tetapi faktor manusia ini juga bisa berpengaruh. Sehingga anda harus tetap berhati-hati dalam mengakses apapun, untuk mengantisipasi resiko pembobolan.  Dan jangan sembarangan untuk membuka tautan maupun asal menghubungkan perangkat anda ke jaringan wi-fi asing.

Bagaimana AMT IT Solutions Membantu Keamanan Data Perusahaan Anda

Menginstal atau memperbarui software keamanan perusahaan bisa menjadi salah satu cara efektif mengamankan data perusahaan Anda. AMT IT Solutions selaku mitra resmi Sangfor menyarankan perusahaan Anda untuk berinvestasi pada NGAF guna memaksimalkan cyber security perusahaan Anda.

Jika berbicara tentang peretasan atau keamanan data perusahaan, solusi terbaik memang mempercayakan profesional untuk menangani hal ini. Oleh karena itu, penting bagi Anda menggunakan software yang tepat dan dapat dipercaya seperti NGAF Berpengalaman dalam melindungi keamanan data banyak perusahaan, NGAF Sangfor Technologies siap memberikan manfaat besar dan menjamin keamanan data perusahaan Anda