Tips Menjaga Privasi Data: Ini yang Perlu Diperhatikan

Tips Menjaga Privasi Data

National Cybersecurity Alliance (NCA) sebagai penyelenggara Data Privacy Day di Amerika Serikat, mengingatkan tentang pentingnya privasi digital di kalangan individu dan bisnis. Berikut beberapa poin penting mengenai tips menjaga privasi data 2024 yang dapat Anda simak di sini!

Mulai Lakukan Privasi Data Dari Diri Sendiri

Melakukan pelacakan data atas kemungkinan adanya kebocoran data merupakan hal yang tidak mudah. Namun, Anda tetap dapat menjamin privasi data dengan mengikuti beberapa tips berikut ini:

Tips Menjaga Privasi Data

Gunakan Kata Sandi yang Kuat dan Unik

Kata sandi yang lemah dapat menjadi sasaran empuk bagi hacker untuk memeras informasi penting dari akun Anda. Untuk itu, Anda perlu membuat kata sandi yang kuat dan unik. Seperti dengan menggunakan huruf besar dan kecil, angka, maupun simbol, dsb.

Aktifkan Two-Factor Authentication (2FA)

Two-Factor Authentication merupakan salah satu tips menjaga privasi data yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan keamanan akun. Dengan mengaktifkan 2FA, Anda akan mendapatkan kode yang hanya dapat diterima melalui perangkat seluler maupun email. Sehingga meningkatkan perlindungan data Anda.

Tinjau Pengaturan Media Sosial

Platform sosial media dapat mengandung berbagai informasi sensitif. Sehingga Anda memerlukan perhatian ekstra untuk mengontrol siapa saja yang dapat melihat informasi pribadi dan postingan yang Anda unggah. Salah satunya dengan menyesuaikan pengaturan privasi dan mempelajari cara data Anda digunakan oleh platform terkait.

Bersikap Hati-Hati Terhadap Kemungkinan Phising

Phising merupakan cara yang marak terjadi untuk mencuri informasi pribadi melalui email berbahaya. Untuk mencegahnya, Anda dapat menghindari melakukan klik pada tautan atau mengunduh lampiran dari email yang mencurigakan. Pastikan juga Anda memverifikasi keabsahan email dan situs web sebelum memberikan informasi pribadi apapun.

Rencanakan Tindakan Keamanan

Amankan perangkat dan jaringan digital Anda dengan kata sandi dan enkripsi yang kuat. Misalkan dalam penggunaan WiFi publik, Anda dapat memanfaatkan VPN untuk mengenkripsi koneksi Anda. Selain itu, Anda juga dapat meng-install aplikasi keamanan untuk melindungi perangkat dari malware dan ancaman lainnya.

Lakukan Peninjauan dan Kelola Izin Aplikasi

Anda juga dapat memeriksa dan menyesuaikan izin yang diberikan pada aplikasi yang ada di perangkat seluler Anda secara rutin. Pastikan Anda hanya memberikan izin yang diperlukan bagi aplikasi untuk mengakses data.

Manfaatkan Solusi Data Loss Prevention (DLP) Sangfor

Sangfor menawarkan solusi inovatif untuk menjaga privasi data melalui Sangfor IAG Data Loss Prevention. Solusi ini menawarkan pencegahan kebocoran data sensitif dari sistem jaringan perusahaan dengan menambahkan lapisan perlindungan ekstra pada alat keamanan yang masih tradisional.

Beberapa kelebihan lain yang ditawarkan solusi ini  termasuk audit komprehensif dan pemantauan real-time terhadap berbagai saluran komunikasi, dan mengupayakan kontrol yang presisi pada transmisi data dengan kebijakan yang disesuaikan.

Ciptakan Keamanan Privasi Data Bersama Sangfor IAG

Untuk menjaga keamanan data yang kuat dan terlindungi, Anda perlu menerapkan beberapa tips menjaga privasi data yang sudah dijelaskan di atas. Agar lebih maksimal, Anda dapat menggunakan solusi keamanan dari Sangfor IAG Data Loss Prevention.

Tertarik menggunakan solusi dari Sangfor? AMT IT Solutions sebagai Sangfor Official Partner Indonesia dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-ti.com atau klik ikon WhatsApp.