3 Cara F5 BIG-IP LTM Melakukan Aplikasi Monitoring

Aplikasi monitoring

Aplikasi monitoring adalah hal penting yang dibutuhkan untuk menjaga keamanan sekaligus memantau ketersediaan aplikasi perusahaan. F5 BIG-IP Local Traffic Manager (LTM) memiliki 3 cara melakukan aplikasi monitoring. 

Dengan begitu, Anda dapat memahami aktivitas traffic pada aplikasi dengan cukup baik. Untuk kemudian mendapatkan lebih banyak wawasan dalam mengatasi ancaman yang akan datang. Lalu, bagaimana cara F5 BIG-IP LTM melakukan aplikasi monitoring?

Simple Monitoring

Aplikasi monitoring

Seperti namanya, simple monitoring adalah pemantauan yang dilakukan dengan sederhana. Monitoring jenis ini hanya akan menetapkan status “naik” atau “turun” dalam node BIG-IP LTM, server BIG-IP DNS server, server virtual, pool, pool member, atau link.

Jenis monitoring ini mencakup 3 tipe pemantauan, yaitu gateway ICMP, ICMP, dan TCP_ECHO. Tentunya juga hanya akan memantau node itu sendiri, bukan pool member, protokol individual, layanan, atau aplikasi pada node.

Passive Monitoring

Sebagai bagian dari permintaan client, pemantauan pasif akan memeriksa kesehatan pool member berdasarkan parameter yang ditentukan oleh administrator. Seperti jumlah data percobaan atau permintaan koneksi yang terjadi dalam periode tertentu.

Misalnya, ketika sistem tidak dapat terhubung ke server atau tidak dapat menerima respons beberapa kali dalam waktu tertentu. Atau ketika jika sistem menerima respons buruk, maka sistem akan menandai pool member tersebut sebagai “down”.

Metode ini tidak akan menandai pool member sebagai “down” dengan cepat, mengingat traffic jaringan juga dapat menjadi salah satu pengaruhnya. Selain itu, karena jenis pemantauan ini bersifat tambahan, maka tidak dapat memeriksa respon secara spesifik dan juga lambat dalam menandai pool member tersebut sebagai “up”.

Active Monitoring

Active monitoring membantu Anda mengetahui kondisi traffic yang berjalan menuju aplikasi maupun keluar aplikasi. Jenis monitoring ini, mengirimkan pemeriksaan status berkala.

Jika tidak terdapat respons dalam jangka waktu tertentu, atau jika status node menunjukkan penurunan kinerja, BIG-IP dapat mengalihkan traffic ke pool member atau node lain. Selain itu juga dapat mensimulasikan sesi pengguna sebagai pemeriksaan kesehatan terhadap server aplikasi. Serta memantau aplikasi dengan pemeriksaan kesehatan HTTP, untuk memeriksa respons spesifik dari server.

Pemantauan aktif mungkin lambat dalam menandai pool member sebagai “down”. Hal ini dikarenakan pemantauan jenis ini menciptakan traffic jaringan di luar permintaan klien dan respons server. Tentunya dengan lebih banyak traffic, akan muncul potensi latensi yang lebih besar.

Pantau Aplikasi Perusahaan Anda dengan BIG-IP LTM

BIG-IP Local Traffic Manager (LTM) merupakan load balancer besutan F5 untuk mendistribusikan dan mengatur traffic jaringan ke beberapa server secara merata. Solusi ini, juga dapat menjadi aplikasi monitoring untuk memenuhi kebutuhan server Anda.

AMT IT Solutions sebagai official partner F5 di Indonesia dapat membantu Anda menyediakan kebutuhan solusi BIG-IP LTM. Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.