5 Tips #WorkfromHome Tetap Produktif

Bekerja dari rumah memberikan Anda jam kerja yang jauh lebih fleksibel. Berikut ini adalah 5 tips sederhana agar Anda tetap produktif saat #WorkfromHome.

Beberapa pekan belakangan ini, berbagai perusahaan telah menetapkan metode #Workfromhome untuk para pekerja. Sejumlah perusahaan besar, seperti Google, Microsoft, Twitter, Hitachi, Apple, Amazon, Chevron, Salesforce, dan Spotify. Seluruh perusahaan global itu juga ikut mengeluarkan kebijakan ‘Bekerja dari rumah’. Melalui cara ini, diharapkan agar Anda dapat mengurangi kontak langsung antara satu dengan yang lain, sehingga mengurangi potensi penularan virus Covid-19 lebih meluas.

Bagi mereka yang tak terbiasa bekerja dari rumah, pasti menghadapi sejumlah tantangan karena harus beradaptasi. Beberapa pekerja akan mengerjakan tugas mereka dari rumah untuk pertama kalinya. Artinya, mereka berpeluang tidak produktif bekerja di lingkungan yang sama sekali baru. Namun ada sejumlah cara untuk menjawab persoalan itu, terutama mencegah Anda merasa bingung untuk memulai pekerjaan. Berikut beberapa cara atau tips bagi kamu agar tetap produktif saat WFH.

Buat Jadwal Meeting Online Secara Berkala dengan Klien dan Rekan Kerja

Tidak banyak manajemen perusahaan yang mengharuskan untuk mengadakan meeting berkala secara online saat sedang kerja dari rumah seperti ini. Jika Anda termasuk yang harus melakukannya, usahakan untuk tetap jaga komunikasi dengan klien Anda dan rekan kerja saat siang hari. Jadi, setelah melakukan aktivitas pagi seperti biasa, jadwalkan meeting online sebelum mengerjakan semua pekerjaan harian.

Hal ini dapat membuat Anda lebih meningkatkan produktivitas pekerjaan yang harus dilakukan, sehingga tidak lagi menunda-nunda waktu bekerja. Tak hanya itu, Anda juga jadi lebih bersiap untuk memulai pekerjaan hari itu dan tetap berkoordinasi secara baik.

Persiapkan Mindset 'Pergi Bekerja'

Terapkanlah kebiasaan yang sama seperti halnya Anda akan pergi bekerja. Bangun pagi, mandi, sarapan, pakai baju yang rapi, dan siap untuk mulai bekerja. Hal ini akan mempengaruhi suasana hati. Hindari menggunakan baju tidur, karena hal tersebut akan menggoda diri Anda untuk tetap bermalas-malasan, bahkan tidur lagi. Dengan begitu, tubuh dan pikiran akan terprogram secara otomatis bahwa ini adalah saatnya untuk bekerja.

Buat Jadwal Tugas & Target Harian

Buatlah daftar pekerjaan yang harus Anda selesaikan setiap hari. Hal ini akan memudahkan Anda untuk fokus. Ketika ada hambatan saat bekerja, paling tidak Anda memiliki panduan, mana yang sudah dikerjakan, mana yang harus segera diselesaikan, sehingga tidak ada yang terlewat. Daftar ini akan menjadi pegangan supaya tenggat pekerjaan bisa tetap tercapai.

Buat Ruang Kerja yang Nyaman

Saat bekerja, suasana sangat berpengaruh besar dalam meningkatkan produktivitas, begitupun saat kamu melakukan kerja dari rumah. Pilihlah salah satu ruang atau sudut di rumah Anda sebagai lokasi bekerja, sehingga aktivitas Anda tidak mengganggu penghuni rumah lainnya. Hindari bekerja di kasur atau di kamar. Kerja diatas kasur akan membuat Anda semakin mudah ngantuk. Sebaiknya Anda bekerja menggunakan meja dan kursi. Lebih baik lagi, jika Anda membuat suasana meja kerja seperti suasana meja kerja di kantor. Ini akan menolong untuk lebih fokus dalam menyelesaikan tugas pekerjaan Anda.

Disiplin dengan waktu kerja

Bekerja dari rumah memberikan Anda jam kerja yang jauh lebih fleksibel. Pastikan Anda harus disiplin dengan jadwal kerja. Jangan sampai sering terputus komunikasi untuk urusan di luar pekerjaan, karena hal ini akan menghambat penyelesaian tanggung jawab. Jika Anda perlu menjalankan tugas atau mengurus hal-hal lain, lakukanlah di luar waktu kerja.

Itu dia 5 tips sederhana agar Anda tetap produktif saat #WorkfromHome. Jangan lupa, setelah bekerja, lakukanlah aktivitas yang menyenangkan dan membuat Anda tenang. Misalnya, menonton drama Korea kesukaan, masak, mendengar musik favorit, atau sekadar membaca buku. Semoga tips tetap produktif dari AMT IT Solutions saat #WorkfromHome selama COVID-19 ini bisa membantu Anda. Tetap semangat bekerja, di rumah saja, dan sehat selalu!