Apa Itu Ransomware Conti Dan Cara Menghindarinya

Cara Menghindari Ransomware Conti

Conti merupakan tipe ransomware-as-a-service (RaaS). Secara historis, Conti menargetkan infrastruktur kritis. Serangan yang dilakukan dengan cara membobol jaringan melalui kampanye spear phishing (pemantauan jarak jauh) dari e-mail dengan attachment atau tautan membahayakan.

Metode bahaya ini masuk melalui kredensial Remote Desktop Protocol (RDP) yang terbilang lemah, sambungan telepon, software palsu, dan jaringan distribusi malware atau spot lemah lainnya pada sasaran sistem.

Ransomware Conti menargetkan beragam organisasi besar negara. Dilansir penasihat CISA dan FBI, hingga kini ada lebih dari 400 serangan ransomware Conti terhadap organisasi Amerika Serikat maupun internasional.

Serangan conti sendiri termasuk file exfiltrating, enkripsi server, dan workstation. Biasanya, para pelaku serangan menuntut uang tebusan untuk mengembalikan data yang dicuri dari korbannya.

Ransomware Conti Bobol Data

Cara Terhindar Dari Ransomware Conti

Untuk mencegah dan melindungi diri dari serangan ransomware, termasuk Ransomware Conti ada sejumlah hal yang perlu dilaksanakan. Tim AMT IT Solutions merangkum beberapa tips untuk menghindari serangan tersebut, diantaranya adalah:

Latihan Rutin Keamanan Siber

Ransomware Conti kerap melancarkan serangan pada jaringan perusahaan besar, kami sangat menyarankan, adakan pelatihan rutin bagi seluruh karyawan untuk mencari tahu praktik terbaik seputar cyber security.

Latihan seperti ini juga sangat berguna untuk menurunkan adanya kemungkinan karyawan melakukan tindakan berbahaya, seperti di e-mail yang mengandung ransomware. Begitu juga dengan perangkat USB asing yang dapat membawa malware.

Hapus Software yang Tidak Perlu

Untuk mengurangi serangan ransomware, hapus instalasi software atau layanan yang tidak perlu. Layanan akses jarak jauh sering kali menjadi penyebab utama terjadinya serangan ransomware. Nonaktifkan RDP di internet  atau  batasi jumlah orang yang mendapat akses server perusahaan jarak jauh via internet.

Lakukan Backup

Backup data sangat penting, baik bagi individu maupun perusahaan besar. Cadangkan data penting bisnis secara teratur, semisal 1 kali setiap minggu. Hal ini untuk mencari tahu apakah backup sudah berfungsi dengan benar atau tidak. Jangan lupa, simpan juga data yang dianggap paling berharga secara offline. Kunjungi juga website AMT IT Solutions, untuk mempelajari solusi backup as a service yang kami tawarkan selengkapnya.

Pakai Produk Keamanan Berlapis

Jangan pernah meremehkan solusi keamanan berlapis. Selain karyawan, keamanan berlapis adalah garis pertahanan pertama yang wajib dimiliki  untuk melindungi dari semua jenis ancaman, bukan cuma serangan ransomware.

Pastikan juga untuk melakukan update produk. Tim AMT IT Solutions juga menyarankan untuk menggunakan solusi berbasis cloud untuk memastikan jaringan perusahaan terlindungi dari serangan zero-day. Jika Anda membutuhkan rekomendasi solusi cloud terbaik, Anda bisa langsung menghubungi AMT IT Solutions. Tim kami akan bantu Anda menemukan solusi cloud yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Jangan Bayar Uang Tebusan

Jangan pernah membayar uang tebusan untuk decryptor. Sampai saat ini , tak ada yang bisa menjamin atas apa yang akan penjahat dunia maya lakukan sesudah berhasil mendapatkan bayaran. Membayar uang tebusan juga dapat menempatkan Anda dan organisasi sebagai sasaran empuk, sebab Anda akan dipandang sebagai pihak yang bersedia membayar lagi di masa depan.

Lindungi Diri Dari Ancaman Ransomware Bersama AMT IT Solutions

Di awal tahun 2022, salah satu instansi besar mengalami kebocoran data. Hal ini menyadarkan banyak organisasi dan perusahaan akan pentingnya keamanan siber. Belum lagi, ransomware yang terus berkembang menuntut perusahaan untuk memberikan pengamanan di seluruh akses jaringan dan memperbarui perangkat guna mengatasi hal tersebut.

Bagi perusahaan yang baru mulai berinvestasi pada solusi keamanan siber namun bingung untuk memulainya, AMT IT Solutions bisa menjadi pilihan Anda. Didukung banyak mitra terbaik di kelasnya, AMT IT Solutions siap menawarkan strategi dan rekomendasi yang tepat untuk perusahaan Anda.

Kami memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang IT solusi. Produk dan solusi yang kami bawa sangat siap untuk mengatasi berbagai jenis ransomware, berikut perkembangannya. Percayakan keamanan data Anda pada AMT IT Solutions! Kami siap bantu mengamankan aset paling berharga perusahaan Anda.