6 Cara Menjadi Kepala Eksekutif Audit yang Inovatif

Kepala Eksekutif Audit

Kepala Eksekutif Audit atau Chief Audit Executive memiliki peran penting dalam mengoptimalkan kinerja tim audit. Terutama, ketika perusahaan sedang menghadapi risiko bisnis yang tinggi.

Dengan menerapkan kerja inovatif, Kepala Eksekutif Audit dapat menjaga kinerja tim audit agar tetap maksimal di tengah tantangan yang ada. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

1. Tetapkan Tugas Untuk Departemen Anda

Kepala Eksekutif Audit

Penetapan tugas yang jelas dapat membantu tim audit Anda untuk mencapai target dengan lebih terarah. Perhatikan aspek penting berikut dalam menetapkan tugas:

  1. Perkirakan topik mendatang seperti risiko baru, kebijakan, dan peraturan yang akan datang;
  2. Lakukan evaluasi kontrol untuk memastikan tim audit memberikan tingkat jaminan terbaik di semua departemen;
  3. Terapkan strategi untuk mendapatkan peluang dalam menjadi mitra bisnis di seluruh aspek perusahaan;
  4. Lakukan upaya untuk mengidentifikasi akar penyebab masalah dan tren masalahnya.

2. Bangun Komunikasi dengan Ketua Komite Audit

Membangun hubungan dengan ketua komite audit sangatlah penting. Anda harus berkomunikasi dengan mereka secara berkala dan menyusun kembali rencana audit internal. Terutama, ketika ada perubahan material yang dilakukan pada rencana tersebut.

3. Perluas Profil Risiko Perusahaan Anda

Menciptakan audit internal yang strategis tentunya membutuhkan lebih dari sekadar melakukan checklist audit. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memperluas pemahaman tim Audit tentang profil risiko perusahaan dan menguraikan prosesnya untuk mencegah kegagalan kontrol di masa yang akan datang. Hal ini termasuk:

  1. Melakukan inventarisasi semua risiko perusahaan;
  2. Mengelola rencana mitigasi;
  3. Menciptakan kesadaran kontrol dan proses;
  4. Melakukan penelitian untuk mengukur kematangan perusahaan.

4. Tingkatkan Branding Audit Internal

Tingkatkan branding tim audit Anda dengan membangun kepercayaan kepada departemen lain. Saat Anda terlibat pekerjaan lintas departemen selama audit, pastikan Anda menjelaskan permintaan Anda dengan jelas. Sehingga Anda dapat memberikan pengalaman pelanggan yang terbaik.

5. Pelajari Dampak Dari Risiko Sebelumnya

Penting untuk memahami bagaimana perusahaan menangani risiko yang pernah dilalui sebelumnya. Kemudian, buatlah analisis bisnis berkelanjutan dengan berbagai skenario praktis. Selanjutnya, Anda dapat menyampaikan hasil analisis tersebut kepada dewan direksi sehingga mereka dapat menanggapi risiko berdasarkan rencana bisnis yang berkesinambungan.

6. Gabungkan Teknologi Audit yang Tepat

Untuk mengoptimalkan kinerja tim Anda dan menjadikannya sebagai tim audit yang terpercaya, Anda memerlukan solusi audit manajemen terbaik. Solusi tersebut harus memiliki alur kerja audit otomatis, kemampuan analisis tingkat lanjut yang intuitif, platform terpusat untuk menjaga keabsahan data, serta visualisasi dan pelaporan yang mudah dipahami. Salah satu solusi yang dapat Anda gunakan adalah Diligent Management Audit.

Diligent Audit Management Mendukung Audit yang Inovatif

Terciptanya tim internal audit yang inovatif tentunya tidak terlepas dari peran Kepala Eksekutif Audit dalam mengidentifikasi peluang yang ada. Salah satunya, dengan mengimplementasikan teknologi audit terbaik seperti Diligent Audit Management.

AMT IT Solutions sebagai Diligent Official Partner dapat membantu Anda menyediakan kebutuhan terkait solusi audit manajemen. Untuk konsultasi dan penawaran menarik, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.