Enterprise Risk Management Bantu Kelola Perusahaan Jadi Lebih Baik

Enterprise Risk Management (ERM) merupakan suatu konsep dasar dari organisasi dan perusahaan untuk mencapai tata kelola yang lebih baik dan efektif.

Bisnis dapat dianalogikan sebagai permainan kehidupan, dampak dan akibat dari semua keputusan memiliki perannya masing-masing. Berbagai sektor harus diperhatikan, sebab bisnis tidak hanya tentang pembuatan suatu produk, tetapi juga penguasaan pasar, riset untuk pengembangan produk, analisa kompetitor, serta manajemen resiko.

Biasanya, pimpinan perusahaan menyewa tim peneliti untuk menilai produk dan menganalisa minat pasar. Namun ada juga yang lebih memilih memanfaatkan tim internal untuk melakukannya sendiri.

Di dalam riset pasar, perusahaan harus mampu memahami dan mengendalikan tingkat resiko yang diambil untuk diterapkan sebagai strategi bisnis. Perusahaan harus memiliki konsep dasar manajemen resiko sebagai pondasi dari pengambilan keputusan. Pemahaman ini biasa dikenal dengan istilah Enterprise Risk Management (ERM), yang bermanfaat untuk fokus pada manajemen resiko di setiap divisi perusahaan.

Salah satu contohnya pada industri perbankan. Hampir setiap bulannya lembaga keuangan harus berhadapan dengan berbagai macam resiko, seperti adanya inflasi dan defisit agar tidak terjadi resesi. Pondasi kerangka ERM bukan hanya perlu diterapkan oleh lembaga keuangan saja, konsep ini sangat membantu perusahaan dari berbagai sektor industri. ERM mampu menyediakan pendekatan yang terstruktur untuk melakukan identifikasi, mengendalikan, dan melaporkan resiko yang dihadapi.

Sebelum melakukan riset, biasanya tim manajemen memerlukan data atas dasar fakta yang terjadi. Tim manajemen akan memadukan data secara acak untuk mengidentifikasi tren dan resiko. Melalui pendekatannya, ERM memiliki berbagai benefit yang akan meningkatkan kesuksesan perusahaan, 7 diantaranya adalah:

  • ERM bersifat dinamis dan tanggap terhadap resiko yang selalu berubah setiap saat.
  • ERM memiliki sifat berkelanjutan dan memberikan insight secara realtime pada tim manajemen untuk memudahkan riset.
  • Mampu menangkap dan mempertimbangkan aspek dari semua bentuk resiko, serta dampaknya terhadap antar divisi secara keseluruhan.
  • ERM mampu menjadi jembatan bagi tiap divisi, agar para staff mampu berkolaborasi dengan baik.
  • ERM dapat memberikan pemberitahuan yang mampu memberikan perkiraan apa yang akan terjadi di masa depan.
  • ERM memberikan insight yang relevan sesuai dengan tingkatan dan fungsi, serta menyelaraskan tujuan secara keseluruhan.
  • ERM bersifat efisien, dengan memanfaatkan teknologi yang dirancang khusus untuk mencapai tata kelola yang lebih baik.

ERM lebih berpondasi pada komunikasi dan penyatuan visi antar pimpinan perusahaan. Hasilnya akan di-implementasikan oleh tim di lapangan. Oleh karena itu, ERM yang efektif sangat bergantung pada model komunikasi yang tepat serta hubungan yang baik.

ERM terus berkembang agar dapat menjadi jawaban yang tepat dari risiko-risiko yang lebih dinamis pada transformasi digital saat ini.

Dengan menyadari dan memahami tantangan akan perkembangan resiko tersebut, semakin banyak perusahaan yang berusaha memanfaatkan teknologi agar mampu beradaptasi era digital dan tidak mundur di tengah jalan.

AMT IT Solution dan Galvanize memanfaatkan solusi dan teknologinya untuk menunjang perusahaan agar tetap mampu berkompetisi. Galvanize merupakan Leader dari Governance, Risk, Compliance Platform per Q1 2020 dan sudah memiliki Global Footprint di lebih dari 140 negara. ERM dari Galvanize mampu menjadi jawaban untuk mencapai tingkat kesuksesan, serta tata kelola risiko dari proses identifikasi, assessment, treatment, perhitungan Assurance dan monitoringyang lebih baik dan efektif.

Related Post :