Cara Meningkatkan Produktivitas Perusahaan dengan Robotic Process Automation

Kehadiran teknologi Robotic Process Automation di Indonesia membawa dampak positif bagi peningkatakan produktivitas perusahaan. Dengan RPA, manusia akan lebih memiliki kesempatan untuk lebih produktif dalam melakukan pekerjaan yang menarik dan kreatif. 

Indonesia mengalami era transformasi digital yang begitu pesat pada tahun 2020. Transformasi berawal saat terjadinya masa pandemik, hal ini membuat berbagai industri usaha, termasuk lembaga pendidikan menghadapi proses cara kerja yang baru, seperti kerja dan belajar dari rumah. Proses tersebut berdampak pada cara berpikir setiap orang terhadap suatu perkembangan teknologi. Jika sebelumnya kehadiran teknologi tidak begitu diminati, saat ini teknologi sangat digandrungi oleh berbagai kalangan, khususnya untuk mengembangkan bisnis.

Begitupun dengan kehadiran teknologi Robotic Process Automation, hadirnya teknologi ini seringkali disalahpahami oleh banyak pelaku usaha sebagai hal yang mempersulit. Beberapa tim manajamen perusahaan memahami jika RPA hanya berlaku pada pelaku bisnis yang memiliki banyak data pelanggan, seperti segmen usaha Business-to-Consumer (B2C). Namun, asumsi tersebut tidak sepenuhnya relevan, segmen usaha Business-to-Business (B2B ) juga memerlukan RPA software untuk dapat mengevaluasi dan membantu mereka dalam menghasilkan produk dan layanan yang lebih baik, serta meningkatkan indeks produktivitas bisnis. Berikut adalah beberapa proses kerja, bagaimana RPA dapat meningkatkan produktivitas dan menjaga kontinuitas bisnis usaha B2B.

Produk yang Lebih Baik

Salah satu cara bagaimana Robotic Process Automation dapat mendukung usaha dengan membantu menciptakan produk yang lebih baik. Salah satu contohnya pada industri usaha B2B, RPA dapat membantu menetapkan kebijakan yang efektif, meningkatkan kolaborasi antar departemen, dan melakukan otomatisasi dari proses manual, sehingga perusahaan dapat dengan mudah meningkatkan kualitas produk untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Pelayanan yang Lebih Baik

Teknologi RPA memiliki proses cara kerja baru, bot RPA dapat membuat layanan yang lebih baik dari sebelumnya. Hal ini berdasarkan pada tugas dan aturan untuk mencapai tingkat ROI yang tinggi.

Biasanya karyawan menghabiskan 10 – 25% waktunya untuk mengerjakan tugas yang repetitif dan hal tersebut mengurangi produktivitas kerja. Dengan menggunakan software Robotic Process Automation, perusahaan akan meningkatkan layanannya sampai dengan 70-80%.

Robotic Process Automation menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan proses berjalannya bisnis menjadi lebih baik dari sebelumnya. Bisnis harus mengadopsi teknologi RPA untuk tetap dapat bersaing di era transformasi  digital. Teknologi ini telah mengubah proses layanan bisnis, seperti Pemasaran, Sumber Daya Manusia, Keuangan, Manufaktur, dan Lainnya.

Manufaktur

Robotic Process Automation sangat inovatif dan revolusioner. Segala sesuatu mulai dari supply chain, inventory management, hingga predictive maintenance telah ditingkatkan untuk dapat berkontribusi pada industry 4.0. Menurut McKinsey, perusahaan yang telah melakukan penerapan machine learning diperkirakan akan mengalami penurunan tingkat kesalahan sampai dengan 50%.

Artificial Intelligence

Pemasaran

Robotic Process Automation dapat digunakan dalam proses penjualan dan pemasaran. Teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk menganalisa insight perusahaaan melalui data dari website, Social Media Account, dan Contact database. Metode ini membantu perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk yang dipasarkan. Berkat teknologi Artificial Intelligence dan Machine Learning, perusahaan dapat menjalankan metode campaign hyper personalization. Metode tersebut dapat meningkatkan hasil penjualan, karena konten yang relevan dapat dikirimkan pada waktu yang tepat.

Selain itu, teknologi chatbots dapat memberikan support layanan pelanggan 24/7.  Terdapat banyak pekerjaan berat yang sudah diselesaikan oleh RPA, hal ini sangat memiliki pengaruh besar bagi kepuasan layanan pelanggan Anda.

Memudahkan Divisi HR dalam Merekrut Karyawan

Selama ini fungsi sumber daya manusia (SDM) hanya berfokus pada proses kerja manusia, ternyata Robotic Process Automation dapat membantu mengoptimalkan dan menganalisa SDM, seperti disiplin ilmu lain. Jika Anda telah melamar pekerjaan menggunakan platform digital, Anda telah mengalami proses RPA. Algoritma memindai kredibilitas Anda untuk menemukan suatu hal yang memberikan value pada di dalam portofolio dan CV Anda untuk kesesuaian posisi tersebut.

Tidak hanya itu, perusahaan akan mendapatkan insight dari RPA dapat membantu divisi HR memahami rujukan karyawan dan menganalisis feedback dari karyawan untuk membuat keputusan berdasarkan data. Menanggapi feedback karyawan secara efektif dan akurat dapat meningkatkan pengalaman karyawan.

Industri keuangan sangat tepat untuk menggunakan teknologi Robotic Process Automation. Lembaga keuangan saat ini sudah sangat bergantung pada alur tata kerja digital berdasarkan data. Salah satu solusi yang dapat dibantu oleh RPA bagi lembaga keuangan adalah deteksi dan pencegahan dini dari penipuan. Robotic Process Automation akan menerapkan proses pembelajaran Know your Customers  (KYC), Anti-Money Laundring (AML), Pengiriman Uang, Pemasaran, Persetujuan Pinjaman, Pelayanan Pelanggan, sehingga RPA dapat menyederhanakan berbagai end-to-end process perusahaan agar terselesaikan dengan lebih cepat dan akurat.

Dengan kehadiran RPA, justru manusia akan lebih memiliki kesempatan untuk lebih produktif dalam melakukan pekerjaan yang menarik dan kreatif. Cara kerja manusia juga akan lebih efisien dan inovatif dibanding sebelumnya. Mereka akan lebih kreatif dalam menciptakan inovasi baru untuk meningkatkan peluang bisnis bagi perusahaan.

Setiap  industri korporasi, seperti telekomunikasi, layanan  keuangan, manufaktur, hospitality, media, dan transportasi memiliki  proses  yang  berbeda.  Lembaga  keuangan,  dan  perusahaan asuransi memproses sejumlah besar operasi setiap hari. Di sektor yang membutuhkan operasi  intensif  dan  besar,  RPA  dapat digunakan  sebagai  pekerja  virtual, membantu  manusia dalam mengerjakan tugas  harian dan berulang.

AMT IT Solutions yang memiliki beragam solusi, dengan memanfaatkan dan mengimplementasikan inovasi teknologi Robotic Process Automation untuk menunjang dan mengoptimalisasi produktivitas karyawan dalam mendapatkan peluang bisnis baru bagi perusahaan.

Related Post :