7 Tips Memilih Wireless Access Point Terbaik Untuk Kantor

Wireless Access Point Terbaik

Wireless Access Point (WAP) merupakan solusi untuk mengoptimalkan jaringan internet di kantor Anda. Ada banyak rekomendasi Access Point terbaik, seperti Aruba Access Point yang menawarkan jangkauan WiFi luas. Berikut ini tips memilih Wireless Access Point terbaik untuk skala bisnis.

1. Perhatikan Luas Area Jangkauan Access Point

Wireless Access Point Terbaik

Tujuan utama penggunaan Access Point adalah untuk memperluas area jangkauan WiFi. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan seberapa luas area yang dapat dijangkau oleh satu AP. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan penghalang fisik seperti dinding yang dapat mempengaruhi luas jangkauan.

2. Pilih Access Point dengan Kecepatan Terbaik

Kecepatan transfer jaringan juga perlu menjadi pertimbangan ketika memilih WAP. Anda dapat memilih WAP yang mampu memenuhi kebutuhan operasional bisnis dengan cara mengukurnya dalam bps (bits per second). Untuk mendapatkan performa terbaik, Anda dapat mencari AP dengan standar WiFi terbaru, seperti 802.11ac atau 802.11ax.

3. Pastikan Access Point Mendukung WiFi Terbaru

Carilah WAP yang mendukung standar WiFi terbaru dengan kinerja yang kuat di berbagai perangkat dan aplikasi, seperti MIMO, MESH dan PoE. Teknologi MIMO dapat mengoptimalkan kualitas sinyal dan kecepatan data. Teknologi MESH cocok untuk lingkungan bisnis dan rumah. Sedangkan teknologi PoE memungkinkan transmisi daya yang efisien melalui kabel berdaya rendah yang memastikan kinerja yang dapat diandalkan.

4. Gunakan APdengan Metode Instalasi yang Mudah

Beberapa merek Access Point memiliki metode instalasi yang berbeda. Pilihlah metode pemasangan yang sesuai dengan ketersediaan infrastruktur kantor Anda. Metode yang dipilih haruslah mengoptimalkan jangkauan dan aksesibilitas di ruang kerja Anda. Baik yang dipasang pada dinding, langit-langit, atau yang berdiri sendiri atau standing AP.

5. Pilih Access Point Tanpa Pengontrol Hardware

Pertimbangkan teknologi pengontrol jaringan untuk memilih Wireless Access Point terbaik. Anda dapat memilih Access Point dengan fitur manajemen berbasis software sehingga Anda tidak memerlukan pengontrolan hardware eksternal. Jenis Access Point ini, memiliki fitur yang lebih fleksibel serta meminimalkan risiko kegagalan jaringan karena ketergantungan pada hardware.

6. Pastikan Keamanan Access Point

Pilihlah Access Point yang mengutamakan keamanan untuk melindungi koneksi tamu ke jaringan. Untuk itu, Anda dapat memilih Access Point modern yang menawarkan fitur akses tamu yang selaras dengan kebijakan keamanan perusahaan. Sehingga dapat memastikan lingkungan jaringan yang aman tanpa mengorbankan kenyamanan.

7. Bandingkan Harga Tiap Access Point

Anggaran biaya merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih WAP. Anda dapat membandingkan harga berbagai Access Point dengan mempertimbangkan fitur, fungsi, keandalan, dan kemudahan instalasinya. Pilihlah Access Point yang dapat menyederhanakan proses implementasi dan memberikan nilai jangka panjang untuk investasi.

Pilih Wireless Access Point Terbaik Untuk Optimalkan Jaringan

Dalam memilih Wireless Access Point terbaik Anda dapat mempertimbangkan beberapa faktor seperti jangkauan, kecepatan, kinerja, spesifikasi teknologi, dan harga. Aruba Access Point menawarkan kelebihan tersebut untuk memenuhi kebutuhan jaringan Anda.

AMT IT Solutions sebagai Aruba Official Partner dapat membantu Anda menyediakan kebutuhan tersebut. Untuk promo menarik dan konsultasi, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.