Mengenal Metaverse dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan

Apa itu Metaverse

Istilah metaverse saat ini sedang ramai dibicarakan. Hal ini terjadi sesudah Mark Zuckerberg, CEO Facebook, memperkenalkan dan mulai membeberkan konsep ini. Tekad dan ketertarikannya pada metaverse, dibuktikan dengan  merubah nama perusahaan induk Facebook menjadi Meta.

Istilah metaverse sendiri sebetulnya bukan hal baru dalam dunia teknologi dan sains. Metaverse sudah pernah dikenalkan dalam novel fiksi \”Snow Crash\” karya Neal Stephenson pada tahun 1992. Novel ini bercerita tentang dunia virtual 3D di mana manusia berinteraksi satu sama lain dengan avatar mereka.

Metaverse sendiri diambil dari kata \”meta\” yang berarti di luar, dan \”universe\” yang berarti dunia. Sehingga metaverse bisa diistilahkan sebagai dunia di luar dunia riil, atau melampaui kenyataan. Simpelnya, metaverse merupakan dunia virtual yang merepresentasikan kenyataan di mana manusia bisa merasakan pengalaman berinteraksi, berprofesi, bermain,  layaknya di dunia riil dengan memakai avatar mereka.

Untuk mendukung terciptanya metaverse atau dunia virtual yang total, terdapat bagian penting yang wajib ada.

Virtual Reality Metaverse

Jaringan Internet

Jaringan internet yang kencang dan stabil tentu menjadi persyaratan utama terwujudnya metaverse. Sekarang, jaringan 5G juga sudah marak dikembangkan dengan harapan dapat dipakai banyak orang di beberapa tahun mendatang.

Augmented Reality

Virtual Reality (VR)

Virtual Reality ialah perangkat atau teknologi yang memungkinkan kita masuk ke dalam dunia metaverse. Sejumlah perusahaan pengembang VR saat ini adalah Oculus by Facebook dan Tesla Studio yang membuat TeslaSuit. Proyek terkini yang sedang digarap Facebook, yakni Nazare, sekarang juga tengah mengoptimalkan VR dalam bentuk kacamata yang disebut AR Glasses. Kacamata ini akan mempermudah user untuk masuk ke dunia metaverse.

Apa itu Augmented Reality

Augmented Reality (AR)

Augmented Reality merupakan teknologi yang berguna untuk memasukkan dunia virtual ke dalam dunia riil. Contoh AR yang telah kita pakai sekarang ialah fitur filter di Instagram atau media sosial lainnya.

Artficial Intelligence

Artificial Intelligence (AI)

Bagian lain yang juga penting yaitu Artificial Intelligence. AI dipakai untuk mensupport metaverse melalui kecerdasan buatan sepadan dengan yang dimiliki manusia sehingga pengoprasian dunia virtual menjadi sempurna.

Sosial dan Ekonomi

Terakhir, metaverse juga memerlukan unsur sosial dan ekonomi untuk dapat beroperasi seperti nyata. Perlu diketahui bahwa media sosial seperti Facebook, Line, Dicord, dan sebagainya juga melibatkan pengoprasian metaverse untuk memungkinkan individu berinteraksi, berkomunikasi dan membangun kehidupan sosial. Disamping itu, teknologi cryptocurrency atau mata uang komputerisasi, serta teknologi yang mensupport pembayaran seperti PayPal, transaksi jual-beli, e-market, dan e-wallet, juga dibutuhkan.

Apa yang Bisa Dilakukan Metaverse?

Dalam pengembangannya, tentu saja metaverse disetting sedemikian rupa untuk mengadaptasi sebanyak mungkin kegiatan di dunia riil agar mirip dengan aslinya. Contoh seperti:

Dunia Kerja

Dalam dunia kerja, metaverse memungkinkan penyrapan tenaga kerja dalam jumlah besar yang tak dibatasi ruang. Dengan menggunakan kantor virtual, pekerjaan bisa dikerjakan karyawan di tempat masing-masing dan tetap dapat dimonitor.

Hiburan

Dalam dunia hiburan juga sama. Dengan Metaverse, berbagai acara hiburan seperti konser, talk show, dan lain sebagainya bisa menjangkau lebih banyak penonton tanpa mengharuskan datang ke lokasi acara.

Pendidikan

Banyak kegiatan belajar mengajar yang akan dipermudah dengan hadirnya metaverse. Study tour ke museum, perusahaan, industri, pastinya akan jadi lebih gampang dilaksanakan dengan bantuan dunia virtual. Demikian juga dengan kerja praktek maupun penelitian.

Kehidupan sehari-hari

Secara sosial, metaverse memungkinkan kita berjumpa dan berinteraksi dengan siapa saja dari mana saja dengan lebih gampang dan terjangkau. Selain itu, teknologi ini juga memungkinkan kita berbelanja, bertransaksi, dan menabung dengan memakai cryptocurrency.

Manfaat Metaverse

Manfaat utama yang ditawarkan metaverse ialah kehadiran. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, berkat metaverse, batasan ruang dan waktu bisa dilampaui.  Kini, Anda tak perlu lagi menghabiskan banyak waktu agar dapat berjumpa dengan teman maupun kerabat dan bekerja.

Selain itu, metaverse juga memungkinkan Anda mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus di tempat yang berbeda. Lainnya, keberadaan metaverse juga akan membuka lebih banyak bisnis dan kesempatan kerja baru khususnya dalam bidang teknologi dan digital.

Sudah Siapkah Anda Menghadapi Era Metaverse?

Facebook akan menjadi metaverse pertama di dunia. Nantinya, pengalaman berinteraksi, bekerja, berbelanja tak akan lagi sama. Namun, sudah siapkah Anda menghadapi era metaverse ini?

Hadirnya metaverse diprediksi akan membuat bisnis skala besar maupun kecil menjadi lebih tangguh dan memberikan pengaruh besar pada industri masa depan. Bisa dibilang, cepat atau lambat, suka atau tidak suka, perubahan akan datang. Oleh karena itu, banyak bisnis harus sudah mulai mempersiapkannya.

Salah satu caranya bisa dengan bertransformasi digital. Ketika Anda memanfaatkan teknologi digital untuk bisnis, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan baik dari sisi efisiensi waktu maupun penghematan biaya pengeluaran.

Mengetahui hal ini, AMT IT Solutions, sebagai konsultan IT dengan berbagai solusi turut menawarkan layanan transformasi digital. Kami akan membantu perusahaan Anda memperoleh keuntungan lebih besar melalui teknologi digital.