Pengertian, Jenis, dan Fungsi Virtualisasi Bagi Perusahaan

Virtualisasi adalah

Puluhan tahun yang lalu mungkin kita semua tak pernah menyangka akan ada dunia baru bernama internet, sebuah dunia yang dapat kita pakai untuk menghasilkan segala hal yang bersfat virtual.

Anda mungkin juga tidak pernah memikirkan di mana file-file dalam email akan tersimpan atau di mana album kenangan dalam drive diletakkan. Anda cuma tahu bagaimana menggunakanya tanpa pernah memikirkan bagaimana cara kerjanya. Inilah era dunia virtualisasi, era dimana benda dalam bentuk fisik berjalan secara virtual.

Apa itu Virtualisasi

Apa Itu Virtualisasi?

Virtualisasi sendiri bukanlah hal yang dianggap baru dalam ilmu komputer. Virtualisasi sendiri berasal dari kata virtual yang berarti konkret dan isasi yang berarti proses.

Virtualisasi menghasilkan server virtual, mengurangi keperluan server fisik, demikian juga dengan waktu, pengeluaran, dan kekuatan yang dibutuhkan untuk menunjangnya. Dengan kapasitas penuh mesin fisik, virtualisasi akan menyalurkan kemampuannya ke beragam pengguna di lingkungannya sendiri.

Sederhananya, virtualisasi merupakan proses penciptaan segala hal yang bersifat virtual ke dalam format abstrak supaya dapat masuk dalam dunia maya.

Apa Saja Jenis Virtualisasi?

Application Virtualization

Application system virtualization merupakan teknologi yang bermanfaat untuk memvirtualkan suatu aplikasi pada sistem operasi. Lewat aplikasi ini, aplikasi dapat dijalankan tanpa bertumpu pada sistem operasi komputer. Contohnya dari Windows ke Linux atau sebaliknya.

Network Virtualization

Fungsi dari network virtualization adalah untuk menciptakan rancangan konfigurasi dalam jaringan dunia maya. Dalam menerapkan rancangan , tugas Anda cuma menciptakan tiruannya saja dan memasukkannya ke dalam teknologi jaringan nyata.

Server Virtualization

Server virtualization bisa dipakai untuk menyederhanakan sumber daya server yang kompleks sehingga menjadi mudah dipahami. Di samping itu, server ini juga dapat meningkatkan kapasitas dan sistem pembagian jaringan.

Desktop Virtualization

Pengaplikasian Desktop virtualization dapat memudahkan user untuk membuka akses desktop dari jarak jauh atau secara remote.

Data Virtualization

Data virtualization berguna untuk memanipulasi dan mengubah data tanpa teknis yang kompleks dari data itu sendiri. Contohnya bagaimana data terformat atau lokasi penyimpanan fisiknya.

Storage Virtualization

Storage virtualization bermanfaat untuk menyimpan data secara virtual. Hasilnya, Anda jadi bisa membuka dan mengakses data dari mana saja. Sebagai informasi, sifat storage virtualization hampir sama dengan flashdisk.

Fungsi Virtualisasi

Memutuskan untuk memanfaatkan virtualisasi adalah langkah tepat bagi suatu perusahaan atau organisasi. Banyak manfaat yang akan didapatkan perusahaan baik dari segi ekonomi maupun teknologi seperti berikut ini:

Mempermudah Backup dan Recovery
Anda dapat mengamankan data ke dalam komputer virtual hanya di satu tempat saja, yaitu komputer Anda. Sebab, komputer yang telah menerapkan virtualisasi tak membutuhkan banyak komputer lagi. Hal inilah yang kemudian memudahkan proses backup dan recovery data.

Hemat biaya operasional
Virtualisasi dapat membantu Anda menghemat biaya operasional, karena satu perangkat komputer sudah bisa menjalankan berbagai sistem sekaligus. Selain itu, teknologi virtualisasi membuat Anda tidak perlu menambahkan banyak pendingin ruangan yang sangat dibutuhkan untuk mengurangi panas pada hardware. Hasilnya, biaya penggunaan listrik pun dapat ditekan.

Easy to Cloning
Lazimnya cloning sistem diperlukan oleh teknologi server, sebab menawarkan banyak keuntungan. Dengan virtualisasi, Anda tak perlu melakukan install ulang melainkan cukup dengan mengkloning sistem pada perangkat yang dipakai.

Rekomendasi Penyedia Layanan Virtualisasi

Namun sebelum Anda mengimplementasikan virtualisasi, baiknya dilakukan konsultasi dengan penyedia layanan solusi ini, seperti AMT IT Solutions.

Dengan keahlian dan pengalaman yang dimiliki, AMT IT Solutions bersama VMWare, dengan solusi vSphere, akan memberikan dukungan secara andal dan pasti aman. Kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik untuk menjamin kepuasan setiap pelanggan.

Untuk kolaborasi dan info virtualisasi selengkapnya, Anda bisa langsung menghubungi kontak AMT IT Solutions.