Artificial Intelligence

Penggunaan Artificial Intelligence Untuk Meningkatkan Efektivitas Kerja

Berapa lama waktu yang dihabiskan karyawan untuk mengerjakan pekerjaan manual? Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa mayoritas karyawan hanya menghabiskan sepertiga harinya untuk mengerjakan tugas esensial, sementara dua pertiga sisanya digunakan untuk mengerjakan pekerjaan manual.

Melalui perkembangan era digital seperti sekarang ini, pekerjaan manual bisa di otomatisasi dengan mudah menggunakan artificial intelligence. Implementasi teknologi tersebut dapat memudahkan karyawan, sehingga mereka tak perlu lagi melakukan proses pekerjaan manual dan mereka bisa menggunakan waktunya untuk mengerjakan pekerjaan lain yang lebih penting.

Dalam artikel berikut akan dibahas serba-serbi penggunaan artificial intelligence lengkap dengan keuntungannya bagi perusahaan.

Apa itu Artificial Intelligence?

Artificial intelligence merupakan bidang studi yang membuat mesin dapat “berpikir” dan mengambil keputusan selayaknya manusia. Penggunaan artificial intelligence pada perusahaan tentu akan memberikan banyak manfaat di berbagai sektor, terutama sektor yang berkaitan dengan data digital.

Perlu diketahui bahwa artificial intelligence mampu mempercepat proses otomatisasi kantor berkat kemampuannya yang bisa belajar dari pengalaman. Artificial Intelligence mampu mempermudah pekerjaan manusia, teknologi ini mampu mengumpulkan dan memproses data dari beberapa sumber secara bersamaan.

Penggunaan artificial intelligence di perusahaan menjadi semakin diperhitungkan, karena sanggup mengidentifikasi berbagai poin secara spesifik, mengeliminasi hal yang dirasa tidak penting, memperluas jaringan, dan mengelola informasi yang memudahkan tim admin dalam pencarian data.

Artificial Intelligence

Kategori Artificial Intelligence

Di dalam kamus Oxford, artificial intelligence dijelaskan sebagai teori dan pengembangan sistem komputer yang mampu melakukan berbagai tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia seperti persepsi visual, pengenalan suara, pengambilan keputusan, dan penerjemahan antar bahasa.

Penggunaan istilah “artificial intelligence” sendiri sangat luas dan mencakup berbagai jenis kemampuan mesin berbasis komputer. Di artikel kali ini, artificial intelligence akan diklasifikasikan ke dalam empat kategori sebagai berikut:

(1) Image-based recognition/detection

Kemampuan suatu perangkat atau software untuk mengenali objek, orang, lokasi dan perilaku pada gambar dikenal sebagai image recognition. Pengenalan artificial intelligence terhadap suatu gambar dilakukan melalui sistem kamera dengan menggabungkan teknologi vision komputer dengan artificial intelligence dan algoritma.

(2) Voice/speech recognition

Kemampuan suatu software atau program dalam menerima dan menafsirkan dikte atau memahami dan melaksanakan perintah lisan dikenal sebagai voice atau speaker recognition. Contoh penggunaan artificial intelligence untuk mengenali suara adalah Alexa dari Amazon, Siri dari Apple, dan Cortana milik Microsoft.

(3) Natural Language Processing (NLP)

Natural language processing adalah cabang linguistik, sains komputer, dan artificial intelligence yang mempelajari cara komputer berkomunikasi menggunakan bahasa manusia. Tujuannya agar komputer bisa memproses dan menganalisa natural language.

(4) Machine Learning

Machine learning adalah bentuk analisis data yang mengotomatiskan pengembangan model analitis. Machine learning merupakan subbidang artificial intelligence yang fokus pada premis bahwa komputer dapat belajar dari data, mengenal pola, dan mengambil keputusan dengan sedikit atau bahkan tanpa bantuan manusia.

Artificial Intelligence

Keuntungan Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Otomatisasi Kantor

Di era digital seperti sekarang, artificial intelligence memiliki banyak ruang untuk terus berkembang. Oleh karena itu, akan sangat menguntungkan jika perusahaan mengadopsi teknologi yang satu ini.

Berikut keuntungan penggunaan artificial intelligence oleh perusahaan yang membuat proses otomatisasi di kantor terus berkembang hingga menjadi secanggih saat ini:

  • Mampu mengidentifikasi proses yang cocok untuk otomatisasi.
  • Mampu membaca/menginterpretasikan/mengklasifikasikan data dalam dokumen.
  • Mampu mengenali suara dan mengubahnya ke dalam bentuk teks.
  • Mampu mengklasifikasikan dokumen menurut logo dan kop surat.
  • Mampu memperkirakan permintaan barang.
Artificial Intelligence

Rekomendasi Software Artificial Intelligence Untuk Anda

Sebagai perusahaan di bidang IT Consultant yang telah berpengalaman, AMT IT Solutions merekomendasikan software artificial intelligence dari Gleematic. Memiliki keakuratan pengenalan gambar hingga 99% dan mampu memproses banyak bahasa di Asia seperti Mandarin, Indonesia, Jepang dan Vietnam menjadikan Gleematic software yang tepat untuk perusahaan Anda.

Bersama Gleematic, AMT IT Solutions mampu mentransformasi kantor Anda menjadi lebih efektif dalam melakukan berbagai jenis pekerjaan. Selain itu, otomatisasi yang ditawarkan Gleematic akan membebaskan Anda dan karyawan dari pekerjaan manual yang membosankan.

Dampak positifnya, Anda beserta karyawan bisa lebih fokus memikirkan inovasi, pelayanan dan juga pengembangan bisnis. Tunggu apalagi, maksimalkan waktu kerja Anda dengan penggunaan artificial intelligence dari Gleematic software!