10 Aplikasi Olah Data Untuk Mendukung Manajemen Berbasis Data

Aplikasi Olah Data

Strategi bisnis berdasarkan data atau data driven merupakan hal yang banyak dilakukan oleh perusahaan modern saat ini. Untuk menerapkannya, Anda memerlukan aplikasi olah data agar memudahkan manajemen data pada bisnis yang sedang dijalankan. Berikut ini rekomendasi tools pengolahan data terbaik yang dapat dicoba.

1. Microsoft Excel

Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan salah satu tools pengolahan data yang cocok digunakan untuk pemula karena mudah digunakan. Dengan Excel, Anda dapat mengumpulkan, menyimpan, dan mengolah data dalam bentuk tabel yang mudah dipahami. Aplikasi ini juga dilengkapi formula dan fungsi untuk mendukung analisis data seperti mengurutkan data, memfilter data, dan membuat grafik data.

2. Google Spreadsheets

Google Spreadsheets menawarkan fitur yang kurang lebih sama dengan Excel. Namun yang berbeda, aplikasi ini menawarkan fleksibilitas yang lebih tinggi karena dapat diakses secara online tanpa perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah berkolaborasi dengan tim Anda dan mengaksesnya dari mana saja selama memiliki koneksi internet.

3. Tableau

Tableau

Tableau merupakan tools yang dapat membantu Anda membuat grafik maupun dashboard dengan visual yang menarik interaktif. Aplikasi ini cukup mudah digunakan karena tidak memerlukan coding. Dengan begitu, Anda dapat menyajikan data yang lebih mudah dipahami orang lain.

4. Power BI

Microsoft mengeluarkan Power BI yang memungkinkan penggunanya untuk membuat visualisasi data yang menarik dan mudah dipahami. Aplikasi olah data ini, dapat digunakan untuk mengolah data baik dalam skala kecil maupun besar.

5. MySQL

MySQL adalah tools pengolahan data berbasis open source untuk mengelola database. Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat, mengakses, dan mengelola database dengan efisien. Beberapa kemampuan yang ditawarkan seperti mendukung berbagai format data, mengatur akses keamanan, dsb.

6. Python

Python merupakan tools open source yang dilengkapi dengan Library, sehingga Anda tidak perlu melakukan coding sendiri. Beberapa Library seperti NumPy dan Pandas dirancang untuk mengelola data dalam jumlah besar. Perlu diketahui jika Python diperuntukan untuk pengguna yang sudah terlatih karena memerlukan waktu lama untuk mempelajari tools ini.

7. R

R ialah aplikasi olah data selanjutnya yang dapat menjadi pertimbangan Anda ketika akan mengolah data dalam jumlah besar. R dilengkapi dengan Library seperti ggplot2 dan dplyr yang diperuntukan untuk pengolahan data. Ggplot2 sendiri digunakan untuk membuat visualisasi data, sedangkan dplyr digunakan untuk mengelola data dalam bentuk tabular.

8. ATLAS.ti

ATLAS.ti merupakan tools yang peruntukan untuk menganalisis data kualitatif, sehingga memungkinkan penggunanya untuk melakukan tugas-tugas kompleks seperti analisis sentimen. Data yang digunakan umumnya berupa komentar di media sosial, wawancara, survei publik, dsb. Aplikasi ini, juga memiliki beberapa fitur termasuk word cloud, wordlist, sinonim, penyaringan kata sifat, kata benda, dan konjungsi.

9. Polymer Search

Aplikasi Polymer Search memiliki kemampuan analisis data penjualan dan pemasar dengan memanfaatkan Artificial Intelligence tanpa kode. Sehingga lebih mudah untuk dipelajari dan digunakan oleh tim data analisis. Anda hanya perlu mengunggah data ke Polymer Search, dan data tersebut akan dengan cepat menjadi interactive web application.

10. Akkio

Akkio ialah aplikasi yang menawarkan kemampuan olah data dengan memanfaatkan AI tanpa perlu melakukan coding. Aplikasi ini tidak hanya dapat membantu Anda memprediksi hasil, namun juga menyajikan peringkat akurasi tentang seberapa akurat model tersebut serta mendeteksi jika terdapat false positive.

Gunakan Aplikasi Terbaik Untuk Mengolah Data Anda

Aplikasi olah data dapat membantu Anda menganalisis data dengan lebih mudah. Selain itu, Anda juga dapat menerapkan strategi hingga manajemen bisnis berdasarkan data dengan lebih akurat.

Konsultasikan kebutuhan Anda bersama AMT IT Solutions sebagai partner dari Microsoft Office melalui marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.