Backup As A Services

Backup as a Service Sebagai Solusi Menyeluruh Perlindungan Data Anda

Bayangkan jika data bisnis Anda terinfeksi virus, server mengalami downtime, terkena imbas bencana yang tidak diharapkan, atau data terhapus seketika akibat kerusakan atau ketidaksengajaan. Agar terhindar dari hal yang tidak diharapkan tersebut, Anda perlu membackup data Anda. Sayangnya, proses backup data bagi sebagian orang dianggap merepotkan dan mahal sehingga mereka mengabaikan proses ini.

Saat ini Anda tidak perlu lagi khawatir! Kabar baiknya, sekarang sudah banyak perusahaan yang telah menyediakan layanan atau jasa backup data online secara menyeluruh atau yang juga dikenal dengan backup as a service. Dengan bantuan provider yang bereputasi, proses backup data dapat dilakukan secara teratur dan tersistem. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan dibahas serba-serbi backup as a service yang menjelaskan bahwa proses back up data tidak harus repot dan mahal.

Apa itu Backup as a Service?

Backup as a Service  (BaaS) adalah metode penyimpanan data in house (on premise) atau di luar lokasi (cloud) di mana file secara berkala dilempar provider ke penyimpanan data secara aman.

Sementara itu, tujuan backup data online sendiri adalah melindungi informasi, baik bisnis maupun personal, dari data loss akibat kesalahan pengguna, hacking, atau insiden lainnya. BaaS menghubungkan sistem ke hybrid, private, atau public cloud yang dikelola oleh pihak ketiga (provider). Dengan begini, beban tanggung jawab pemeliharaan dan pengelolaan data tim internal perusahaan selanjutnya akan dilimpahkan ke provider.

Bagaimana Cara Kerja Backup as a Service?

  • Dalam menerapkan backup as a service, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari mitra provider yang tepat dan sign up layanannya.
  • Selanjutnya, akan ada assessment berbentuk form yang akan diisi user seperti halnya preferensi penyimpanan data perusahaan untuk menentukan sistem on premise atau on cloud.
  • Beralih dari assessment, langkah berikutnya adalah monitoring backup system yang dilakukan oleh pihak provider.
  • Kemudian, provider akan mulai melakukan proses backup sesuai schedule yang telah disepakati. Di sinilah pentingnya bagi Anda memilih provider terpercaya dan bereputasi baik untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses backup.
  • Setelah selesai, pihak provider akan memberikan backup report terkait data apa saja yang telah berhasil di backup.

Sederhananya, alur kerja backup as a service dapat dilihat dalam gambar di bawah ini:

Backup As A Services

Mengapa Backup as a Service Penting Bagi Perusahaan?

Seperti yang telah diketahui, data merupakan elemen penting di suatu perusahaan. Faktanya, 60% perusahaan yang mengalami insiden data loss berakhir dan ditutup dalam kurun waktu enam bulan.

Data loss juga menjadi kekhawatiran utama pelanggan Software as a Service (SaaS) karena sampai saat ini kebijakan backup vendor SaaS tidak bisa menjamin proses restore data menyeluruh secara cepat. Seperti yang telah disinggung di atas, data bisa hilang akibat user error, peretasan, masalah sinkronisasi, atau bahkan malicious insiders.

Kabar baiknya, masalah data loss ini bisa dihindari perusahaan dengan menggabungkan layanan SaaS dan BaaS yang menyeluruh.

Manfaat Backup as a Service

Backup as a service menawarkan banyak manfaat, seperti:

  • Convenience : Kenyamanan yang ditawarkan Backup as a service tidak terbantahkan. Penting untuk diketahui bahwa BaaS merupakan layanan yang diotomatisasi. Setelah dipasang, informasi akan disimpan secara otomatis. Anda tidak perlu lagi menyimpan, memberi label, atau melacak informasi secara proaktif. Dengan menggunakan layanan BaaS, Anda bisa memanfaatkan waktu berharga Anda untuk mengerjakan tugas penting lainnya dengan fokus tanpa perlu takut mengalami data loss.
  • Safety : Dengan memanfaatkan layanan BaaS, Anda tak perlu lagi pusing memikirkan berbagai insiden mulai dari peretasan, bencana alam sampai user error yang mengancam data perusahaan maupun individual. Faktanya, data yang disimpan melalui layanan BaaS telah dienkripsi. Dengan begini berbagai resiko yang ditimbulkan data dapat diminimalisir.
  • Ease of recovery : Berkat adanya tingkat redundansi, data yang hilang atau tidak sengaja terhapus akibat user error dapat dengan mudah dipulihkan. Tingkat redundansi pada BaaS sendiri merupakan salinan data yang disimpan di banyak lokasi independen.

Perlu diketahui bahwa semakin banyak tingkat redundansi, semakin aman pula data yang terlindungi dari data loss. Jadi, jika seandainya Anda mengalami data loss, Anda masih memiliki banyak cadangan/salinan data yang bisa diakses.

  • Affordability : Menggunakan layanan BaaS pastinya lebih murah daripada biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli tape drive, server, atau elemen hardware dan software yang diperlukan untuk melakukan backup sendiri. Bagaimana tidak, Anda memerlukan storage sebagai tempat menyimpan cadangan data dan staf khusus IT yang bertanggung jawab mengelola dan menangani segala masalah yang muncul di sistem cadangan data.

Sedangkan dengan memanfaatkan layanan BaaS Anda hanya perlu membayar biaya tahunan yang sudah mencakup jasa backup,  pengelolaan, dan pemeliharaan.

Backup As A Services

Rekomendasi Layanan Backup as a Service di pasaran

Bagi Anda yang sangat sibuk dan tidak punya waktu untuk melakukan backup secara berkala, AMT IT Solutions hadir untuk membantu Anda! Dengan menggunakan layanan backup as a service dari AMT IT Solutions, urusan backup dan restore data Anda akan selalu dipantau dan ditangani oleh tim kami.

Melalui perjalanannya kurang lebih selama 22 tahun, tim AMT IT Solutions sudah dipercaya oleh berbagai customers sebagai perusahaan yang handal dan terbukti memiliki rekam jejak yang baik dalam bidang backup dan restore data. Sebagai mitra yang dapat Anda percaya, AMT IT Solutions akan memastikan proses backup data Anda berjalan lancar dan aman.