Big Data Analytics: Fungsi dan Manfaatnya Bagi Cyber Security

Big data analytics adalah

Banyak orang yang menciptakan big data setiap harinya. Berdasarkan Statista, pembuatan big data hingga lima tahun ke depan akan mencapai 180 zettabyte. Meskipun pengelolaannya cukup sulit, namun big data memiliki banyak manfaat. Big data analytics adalah adalah salah satu cara untuk mendapatkan manfaat tersebut. 

Apa Itu Big Data Analytics?

Big data analytics adalah upaya penggalian informasi dengan menganalisis berbagai jenis data berukuran besar. Fungsinya untuk membantu memahami informasi yang ada dalam data. Selain itu, analisis big data juga membantu mengidentifikasi data penting untuk menghasilkan keputusan bisnis yang tepat.

Big data analytics adalah

Manfaat Analisis Big Data

Ada beberapa manfaat penerapan big data analytics di dalam suatu perusahaan. Beberapa diantaranya seperti:

Meningkatkan Efektivitas Perusahaan

Melalui big data analytics, perusahaan dapat mengenali, melacak, dan menggali informasi yang lebih spesifik tentang pelanggannya. Dengan begitu, pelayanan pelanggan dapat dilakukan dengan lebih efektif.

Memudahkan Pengembangan Produk

Manfaat lain dari big data analytics adalah untuk meminimalisir kegagalan pengembangan produk. Nantinya, big data akan memperjelas tindakan yang harus diambil perusahaan agar produk yang dikembangkan berkualitas, bernilai, dan sesuai kebutuhan pasar.

Meningkatkan Pelayanan Perusahaan

Melalui big data, perusahaan dapat mengembangkan produk maupun meningkatkan pengalaman pelanggan, sehingga mampu memperkuat hubungan dengan pelanggan. Untuk itu, penting bagi perusahaan memahami personalia pelanggan dan memberikan pelayan yang optimal.

Meningkatkan Keamanan Siber

Penggunaan big data analytics dalam keamanan siber perusahaan dapat memberikan analisis yang intensif terhadap kumpulan data. Tujuannya, untuk memberikan solusi keamanan komprehensif yang terbaik.

Penerapan Big Data Analytics dalam Cyber Security

Menggunakan big data dalam solusi keamanan siber merupakan cara untuk memastikan sistem keamanan Anda didukung oleh data yang kuat. Sangfor menggunakan analisis big data di beberapa solusi cyber security mereka, seperti:

Big Data Analytics dalam Network Detection and Response

Solusi Sangfor Cyber Command NDR menggunakan teknologi deteksi ancaman untuk mengidentifikasi dan merespons ancaman secara real-time. Hal tersebut dilakukan dengan bantuan teknologi AI  dan analisis perilaku yang memanfaatkan analisis big data dan global threat intelligence.

Big Data Analytics dalam Endpoint Detection and Response

Penerapan big data juga dimanfaatkan oleh Sangfor Endpoint Secure dalam bentuk indikator ransomware yang dikumpulkan dari 12 juta perangkat lebih yang menggunakan platform ini. Dengan tingkat akurasi deteksi sebesar 99,83%.

Big Data Analytics dalam Continuous Threat Detection

Continuous Threat Detection dan Cyber Guardian dari Sangfor berkolaborasi dengan analisis big data untuk menyediakan lingkungan pencarian ancaman yang proaktif dan lancar. Sehingga mampu mengamankan jaringan dari malware.

Optimalkan Cyber Security Dengan Big Data Analytics

Menggabungkan cyber security dan big data analytics adalah solusi komprehensif yang dapat meningkatkan keamanan di perusahaan Anda.  Sangfor merupakan salah satu penyedia solusi keamanan yang memanfaatkan big data untuk menyediakan solusi keamanan terbaik.

AMT IT Solutions sebagai Sangfor Official Partner dapat membantu Anda menyediakan solusi keamanan siber. Untuk konsultasi dan informasi selengkapnya, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.