3 Cara Meningkatkan Keamanan Multi-Cloud Sektor Pemerintahan

Keamanan Multi-Cloud Sektor Pemerintahan

Infrastruktur IT pemerintahan tentunya membutuhkan keamanan terhadap ancaman yang terus berkembang. Namun, adanya sumber daya IT yang terbatas, serta tuntutan layanan modern menjadi tantangan keamanan tersendiri bagi mereka.

Meskipun terdapat layanan keamanan yang ditawarkan oleh penyedia cloud publik, namun perlu adanya strategi tambahan untuk keamanan multi-cloud sektor pemerintahan. Seperti dengan menyediakan kemampuan jaringan dan keamanan komprehensif dalam Secure Multi-cloud Networking Service (SMNS).

1. Mengenali Tantangan Jaringan Multi-Cloud

Keamanan Multi-Cloud Sektor Pemerintahan

Banyak perusahaan di sektor pemerintahan menghadapi tantangan pengelolaan multi-cloud. Termasuk pengoperasian alat yang sulit, prosedur yang rumit, begitu pula dalam hal pemecahan masalah dan penggunaan API.


Berdasarkan laporan Gartner, pada tahun 2025 akan ada lebih dari 75% pemerintahan yang menggunakan penyedia cloud hyperscale untuk mengoperasikan beban kerjanya. Hal ini tentunya akan meningkatkan resiko atau tantangan yang lazim terjadi.

2. Mengadopsi Keamanan Multi-Cloud yang Lebih Sederhana

Solusi keamanan manual yang rumit bukanlah solusi untuk menjaga keamanan IT infrastruktur di sektor pemerintahan. Adanya penerapan SMNS akan menyederhanakan keamanan. Salah satunya dengan menawarkan manajemen kebijakan keamanan terpusat di seluruh lingkungan yang terdistribusi.

Selain itu, adanya SMNS dapat menyederhanakan penggunaan filter reputasi API secara konsisten. Sama dengan contoh lainnya, yang memungkinkan peningkatan serta fokus secara terperinci pada keamanan aplikasi dan API di sektor pemerintahan.

3. Menerapkan Arsitektur Keamanan yang Mendalam Untuk Melindungi Aplikasi

Penerapan arsitektur keamanan multi-cloud secara berlapis sangatlah penting untuk memperkuat pertahanan, serta menjamin perlindungan yang komprehensif. Adanya arsitektur keamanan vertikal dengan kontrol pelengkap, seperti layanan keamanan DDoS layer 7, manajemen identitas dan aplikasi web, serta perlindungan API merupakan kunci pertahanan mendalam dan utama bagi perusahaan.

Selain itu, aspek penting dari arsitektur keamanan berlapis adalah penggabungan kebijakan keamanan yang konsisten di seluruh lingkungan IT. Sehingga dapat mengidentifikasi dan memulihkan ancaman yang paling berbahaya sekalipun.

Optimalkan Keamanan Multi-Cloud Bersama F5

Adanya Secure Multi-cloud Networking Service (SMNS) akan memudahkan tim IT untuk meningkatkan keamanan multi-cloud sektor pemerintahan, serta menyederhanakan kompleksitas keamanan yang ada. Sehingga mampu mengurangi risiko hilangnya data sensitif akibat ancaman keamanan.

AMT IT Solutions sebagai F5 Official Partner dapat membantu Anda menyediakan solusi keamanan yang ditawarkan oleh F5. Untuk konsultasi dan informasi selengkapnya, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.