Apa Itu CISO? Ini Peran CISO Dalam Implementasi ISO 27001

CISO adalah

Chief Information Security Officer atau CISO adalah pemegang kunci atas pengelolaan keamanan informasi di perusahaan. Terlebih, jika perusahaan tersebut telah mengadopsi teknologi dalam proses bisnisnya. Lalu, apa saja peran yang ditanggung oleh seorang CISO? Berikut ini penjelasannya.

Apa Itu CISO?

Chief Information Security Officer atau yang disingkat CISO adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk mengawasi, mengelola, serta meningkatkan keamanan informasi perusahaan.

Peran utama seorang CISO yaitu membangun strategi keamanan, mengawasi kepatuhan terhadap peraturan, termasuk menangani insiden keamanan. CISO merupakan garda terdepan dalam melindungi sistem, jaringan, dan data sensitif perusahaan dari serangan siber.

CISO adalah

Peran CISO dalam Implementasi Standar ISO 27001

Standar ISO 27001 merupakan kerangka kerja global yang diakui untuk mengelola keamanan informasi. Berikut ini beberapa peran CISO dalam kaitannya dengan ISO 27001.

Mendukung Pemantauan dan Audit

Seorang CISO bertanggung jawab atas pemantauan berkelanjutan dan audit keamanan informasi. Hal ini dilakukan untuk memastikan kepatuhan dengan standar ISO 27001.

Mengembangkan Kebijakan

CISO memiliki peran dalam mengembangkan kebijakan keamanan informasi sesuai dengan persyaratan ISO 27001. Termasuk menentukan strategi perlindungan data dan upaya pencegahan risiko.

Menerapkan Kontrol

Peran lain CISO adalah memimpin upaya pengimplementasian kontrol keamanan yang dibutuhkan sesuai dengan standar ISO 27001. Hal ini termasuk mengatur sistem pengamanan, enkripsi, dan manajemen akses.

Menciptakan Kesadaran dan Pelatihan

CISO juga berperan dalam mengawasi program pelatihan dan kesadaran keamanan untuk karyawan. Dengan begitu, Anda dapat memastikan setiap karyawan memahami dan mematuhi kebijakan yang berlaku.

Manfaat Integrasi CISO dalam ISO 27001

Peran CISO dalam implementasi standar ISO 27001 memberikan beberapa manfaat bagi bisnis, seperti:

1. Regulasi yang Terpenuhi

CISO yang senantiasa mengintegrasikan perannya dalam implementasi standar ISO, tentunya akan memudahkan perusahaan dalam memenuhi regulasi yang ada.

2. Respons yang Cepat

Adanya CISO yang mendukung implementasi ISO akan membuat respons kejadian insiden keamanan di perusahaan menjadi lebih cepat.

3. Reputasi yang Meningkat

Perusahaan yang menerapkan ISO 27001 dengan CISO yang kompeten tentunya akan meningkatkan reputasinya baik di mata klien maupun mitra bisnis.

Wujudkan CISO yang Kompeten Bersama Diligent

Peran utama CISO adalah mendukung pemantauan dan audit perusahaan untuk mempermudah implementasi standar ISO 27001. Anda dapat menggunakan solusi Manajemen Risiko Pihak Ketiga dari Diligent untuk mempermudah integrasi antara CISO dan implementasinya dalam standar ISO.

AMT IT Solutions sebagai Diligent Official Partner dapat membantu Anda menyediakan solusi berkaitan dengan kebutuhan tersebut. Untuk konsultasi dan informasi selengkapnya, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.