API Security: Solusi Keamanan API Untuk Cegah Serangan Siber

API Security

Application Programming Interface atau API dikembangkan untuk mengintegrasikan konten atau layanan dari pihak ketiga dengan mudah dan cepat. Fungsi tersebut membuat API rentan terhadap risiko cyber attack.

API security menjadi solusi keamanan untuk mencegah berbagai risiko seperti penyusupan, penyalahgunaan, serta penipuan yang sulit dideteksi dan dicegah oleh alat keamanan yang ada. Berikut ini penjelasan mengenai pentingnya keamanan API untuk bisnis Anda.

Apa Itu API Security?

API Security adalah

API security adalah upaya untuk mencegah atau mengurangi serangan terhadap API. Kondisi API yang rentan atau vulnerable dapat menjadi sasaran empuk bagi peretas untuk mendapatkan akses ke komputer maupun jaringan perusahaan.

Penerapan API security pada jaringan API perusahaan bertujuan untuk mencegah beberapa serangan. Seperti Man-in-The-Middle (MITM) Attack, Distributed Denial of Service (DDoS) Attack, serangan injeksi atau kontrol akses yang rusak, dsb.

Faktor Penyebab Kerentanan API

Sebelum mengetahui solusi API security apa yang tepat untuk mencegah serangan siber, Anda perlu memperhatikan beberapa faktor penyebab kerentanan keamanan API berikut ini:

Lingkungan API yang Terbuka

Struktur API dirancang terbuka untuk dapat menciptakan lingkungan yang dapat mengintegrasikan beberapa layanan. Para pengembangnya pun cenderung membangung API dengan struktur yang dapat diprediksi dan mengikuti arsitektur logis (seperti REST), sehingga memudahkan pelaku kejahatan untuk mengidentifikasi data tambahan yang mungkin telah terekspos.

Kurangnya Visibilitas

Berkurangnya visibilitas antar perusahaan dapat mempersulit pemantauan aktivitas API, terutama jika Anda tidak mengetahui keberadaan API tersebut. API sendiri sering kali dipublikasikan sebelum tim SecOps mengetahuinya, sehingga menciptakan ekosistem API bayangan atau zombie, serta kurangnya visibilitas menyeluruh terhadap lalu lintas API.

Meningkatnya Kompleksitas

Pengembangan API seringkali menciptakan kompleksitas yang tidak terkelola dan tidak aman. Termasuk menyulitkan layanan dalam melakukan penemuan, pengelolaan, serta pemantauan semua API secara konsisten. Sehingga menyebabkan peningkatan jumlah ancaman dan kerentanan.

Cara Meningkatkan Keamanan API

Sebelum menerapkan solusi API security terbaik bagi perusahaan, ada baiknya Anda mengupayakan beberapa hal berikut ini:

Memantau dan Melindungi Endpoint

Perlindungan endpoint dilakukan untuk mengidentifikasi perubahan integrasi aplikasi, mendeteksi komponen yang rentan, serta mencegah serangan melalui integrasi pihak ketiga.

Menerapkan Model Keamanan Positif

Anda dapat menerapkan model keamanan positif dengan mendukung spesifikasi OpenAPI dan API Swagger Imports, memvalidasi skema dan menegakkan kepatuhan protokol, serta secara otomatis mendasarkan pola lalu lintas normal dan mendeteksi perilaku anomali.

Menerapkan Prinsip Keamanan Zero-trust dan Risk-based

Prinsip ini dilakukan dengan membatasi metode yang tersedia, memeriksa muatan dan mencegah data yang tidak sah, serta menerapkan kontrol akses sekaligus otentikasi berbasis risiko sebagai objek dan fungsi.

Menyesuaikan Siklus Hidup Aplikasi yang Berubah

Anda dapat melakukannya dengan mencegah kesalahan konfigurasi keamanan di lingkungan yang heterogen, memitigasi penyalahgunaan yang dapat menyebabkan kompromi dan penolakan layanan, serta memulihkan ancaman secara konsisten di seluruh arsitektur cloud.

F5 Distributed Cloud Mampu Memberikan Perlindungan API

Untuk menciptakan solusi API security yang tepat, Anda perlu mengidentifikasi arsitektur API. Termasuk masalah dalam lingkungan API, menelusuri, menyelidiki, dan bertindak sesuai kebutuhan. Sehingga dapat mengurangi risiko ancaman apapun yang dapat memengaruhi keamanan API Anda.

F5 Distributed Cloud menyediakan solusi manajemen cloud yang dilengkapi dengan keamanan API untuk membantu mengurangi cyber attack. Dapatkan solusi tersebut melalui partner remi F5, AMT IT Solutions. Untuk konsultasi dan informasi selengkapnya, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.