Panduan Memilih WAAP yang Tepat Untuk Perlindungan API

Panduan Memilih WAAP

Perusahaan yang mengadopsi teknologi web app dan API perlu memberikan perlindungan maksimal pada infrastruktur cloud miliknya. Penggunaan WAAP atau Web App and API Protection merupakan langkah yang tepat untuk memulainya. 

Anda dapat mengikuti panduan memilih WAAP dari F5 untuk memaksimalkan perlindungan. Sekaligus meminimalisir adanya gesekan, penyetelan manual, dan perbaikan yang memakan waktu lama. Sehingga nantinya, Anda dapat mengoptimalkan pelayanan bisnis kepada pelanggan.

Apa Itu WAAP?

Private Cloud dan Public Cloud

Web App and API Protection atau WAAP adalah solusi keamanan untuk membantu mengelola kompleksitas keamanan infrastruktur cloud. Selain itu, penggunaan WAAP juga akan meningkatkan keamanan web app dan API  sehingga memberikan kesulitan bagi hacker untuk melancarkan serangan.

Faktor Keunggulan WAAP

Bagi perusahaan yang mengedepankan pengalaman digital, WAAP merupakan solusi yang perlu diterapkan. Berikut panduan memilih WAAP dilihat dari dua faktor keunggulannya:

Visibilitas

WAAP memberikan visibilitas keamanan dalam infrastruktur cloud, termasuk:

  1. Deployment
    WAAP memberikan keamanan yang efektif, mudah dioperasikan dan diterapkan secara konsisten di seluruh arsitektur cloud.

  2. Policy Tuning
    Keamanan uang beradaptasi pada aplikasi dan serangan yang terus berkembang, mengurangi risiko penyusupan dan penyalahgunaan.

Pelaksanaan

Dalam pelaksanaannya, WAAP memiliki 3 keunggulan:

  1. Discovery
    Menemukan API dinamis dengan deteksi anomali dan analisis perilaku untuk melindungi dari risiko yang tidak diinginkan.

  2. Authentication
    Telemetri yang akurat dan tahan lama dengan AI yang terlatih, sehingga mampu meniadakan kerumitan tantangan keamanan.

  3. Remediation
    Adanya penekanan positif palsu otomatis serta korelasi wawasan antar vektor ancaman, meminimalkan beban operasional dan memungkinkan InfoSec untuk fokus pada respons risiko dan insiden.

Panduan Memilih WAAP yang Tepat

Berikut poin-poin yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan WAAP terbaik bagi infrastruktur cloud Anda:

Keamanan yang Efektif

WAAP yang tepat untuk perusahaan Anda haruslah dapat mempertahankan ketahanan, meminimalisir hambatan dan kesalahan positif melalui mitigasi secara real-time, analisis retrospektif, serta keamanan yang adaptif.

Mudah Dioperasikan

WAAP terbaik dapat memberikan penerapan layanan yang mandiri dengan operasional yang  sederhana. Serta memberikan perlindungan otomatis dan pelaporan interaktif.

Platform Terdistribusi

WAAP yang optimal tentunya akan memiliki platform terdistribusi yang mampu memberikan visibilitas dan penegakan kebijakan yang konsisten di semua arsitektur cloud.

Perlindungan Infrastruktur

WAAP terbaik juga akan menyertakan pertahanan komprehensif dalam komponen arsitektur yang dapat diandalkan oleh web application dan API Anda.

Gunakan WAAP Terbaik Bersama F5

Solusi WAAP terbaik akan menyediakan visibilitas universal dan peraturan yang konsisten di semua jenis infrastruktur. Anda dapat memperhatikan panduan memilih WAAP yang tepat, sehingga bisnis Anda dapat terlindungi dari risiko keamanan dan manajemen guna mendukung inovasi digital.

Layanan F5 Distributed Cloud menyediakan faktor pendukung yang Anda butuhkan untuk melindungi web app dan API. Tertarik menggunakan solusi dari F5? AMT IT Solutions sebagai mitra resmi F5 di Indonesia dapat membantu menyediakan produk F5 untuk melindungi bisnis Anda. Hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp untuk informasi lebih lanjut.