Inilah 5 Sosok Kartini Muda Indonesia Di Bidang Teknologi!

Dunia teknologi  biasanya identik dengan dunia laki-laki. Laki-laki dianggap mempunyai kecakapan yang lebih handal dan logika yang lebih tajam dibanding dengan perempuan. Tidak jarang perempuan cenderung dipandang sebelah mata, hanya karena laki-laki  dianggap lebih kompeten pada bidang ini.  Namun, bukan berarti perempuan tidak mempunyai peluang untuk sukses di bidang teknologi.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, berikut AMT IT Solutions suguhkan 5 sosok kartini muda yang mewarnai industri teknologi Indonesia maupun dunia.

Hanifa Ambadar, CEO Female Daily Network

Hanifa merintis Female Daily berkat hobinya di dunia blogging. Female Daily Network (FDN) sendiri adalah startup portal, dan komunitas online yang diperuntukkan untuk wanita dengan fokus dunia fashion serta kecantikan.

Sekarang, Female Daily sudah mempunyai lebih dari 180.000 member teregistrasi dengan jumlah member aktif mencapai 1,5 juta pengunjung setiap bulannya yang dikelola oleh 26 pegawai tetapnya.

Berkat kerja kerasnya dalam mengembangkan Female Daily, Hanfia masuk dalam 100 Digital Entrepreneurs 2012 SWA Magazine, SWA Magazine Young and Cool Entrepreneurs 2013, serta masuk sebagai finalis dalam Ernest & Young (EY) Entrepreneurial Winning Woman 2014.

Sosok Kartini Teknologi

Rini Sugianto, Animator Kelas Dunia

Rini Sugianto merupakan sosok dibalik film ‘Ted 2’, ‘The Hobbit : An Unexpected Journey’, ‘The Desolation of Smaug’, atau ‘The Adventure of Tintin’. Berkecimpung di Industrial Light and Magic, Rini berperan sebagai animator dengan andil paling besar di film TinTin. Tak tanggung-tanggung, dia mengerjakan 70 slot di film tersebut. Memiliki Rini Sugianto tentu menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi dunia animasi Indonesia.

Perempuan Indonesia Kartini

Amanda Surya, Lead Technical Program Manager di Google Assistant

Di kantor pusat Google, ada sosok Kartini Indonesia yang punya peran penting di sana. Dialah Amanda Surya.

Karir Amanda dimulai sejak 2006. Saat itu, ia menjadi API Engineer, Manager Developer Relations dan Head Developer Relations untuk YouTube dan Google Wallet, sebelum akhirnya menjabat sebagai Lead Technical Program Manager Google Assistant.

Pada tahun 2014-2018, Amanda sempat pindah ke Nest yang merupakan anak usaha Google dan menjabat sebagai Head of Engineering Program Management. Namun, mulai dari Januari 2018, ia mulai mengurusi Google Assistant dan bertindak sebagai Lead Technical Program Manager.

Alamanda Shantika Santoso, Founder sekaligus Presiden Direktur Binar Academy

Alamanda merupakan eks Vice President of Product di Go-Jek. Namun, sekarang ia lebih memilih untuk merintis sekolah koding Binar Academy dengan konsep akademi di mana anak-anak dapat belajar seputar coding tanpa dipungut biaya.

Binar Academy sendiri merupakan sebuah platform yang memfasilitasi perkembangan teknisi teknologi masa depan Indonesia lewat sekolah koding secara cuma-cuma. Tujuannya tentu untuk meningkatkan perkembangan programmer di Indonesia.

Setahun beroperasi, Binar Academy sukses meluluskan 400 murid, dimana sekitar 70 orang sukses berkarir di korporasi dan startup yang bekerja sama dengan Binar Academy.

Sosok Kartini Teknologi

Monica Carolina, Pendiri dan CEO NixiaGamer

Monica Carolina mendobrak dogma dunia game yang lekat dengan kaum Adam dengan menciptakan tim gamer perempuan bernama “NXA Ladies”.

Tak hanya NXA Ladies, Nixia juga mendirikan website yang mereview game dan konsol bertajuk \”NixiaGamer\” pada 2011 silam. Nixia ingin menunjukkan bahwa kaum perempuan dapat sejago laki-laki di ranah game. Pasalnya, menurut Monica kebanyakan gamer laki-laki menganggap wanita yang bermain game tak kompeten.

Berkat kemampuannya, sejak mengawali karier sebagai gamer pada 2008 silam, Nixia sering kali memenangi turnamen game berskala nasional ataupun internasional.

Itu tadi kelima sosok kartini tangguh yang berhasil mewarnai industri teknologi di Indonesia versi AMT IT Solutions.  AMT yakin kedepannya akan ada lebih banyak kartini yang berprofesi di bidang teknologi yang sering disebut sebagai dunia para lelaki. Biar makin “melek” teknologi, yuk kunjungi website kami di amt-it.com untuk tau berbagai teknologi terkini di dunia bisnis selengkapnya.