5 Manfaat Machine Learning dalam Cyber Security

Manfaat Machine Learning

Saat ini ada banyak solusi cyber security yang memanfaatkan machine learning untuk meningkatkan perlindungannya. Hal ini tentunya diperlukan mengingat serangan siber yang semakin canggih di tengah pesatnya perkembangan teknologi.

Berikut ini manfaat machine learning dalam cyber security beserta tantangannya yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Machine Learning

Manfaat Machine Learning

Machine learning atau ML memiliki peran penting dalam perkembangan teknologi, termasuk dalam mengoptimalkan performa keamanan siber. Beberapa manfaat ML seperti:

1. Mempercepat Analisis Data

Baik firewall hingga traffic jaringan tentunya membutuhkan banyak data untuk membuatnya bekerja. Manfaat machine learning yaitu dapat memilah data jauh lebih cepat dari manusia. Sehingga mampu mengidentifikasi pola dan anomali yang mungkin mengindikasikan potensi serangan dengan lebih cepat.

2. Efisiensi Otomatis

Ada banyak tugas cyber security yang berulang dan memakan waktu, seperti menganalisis berkas log atau menyaring kesalahan positif dari peringatan. Machine learning dapat mengotomatiskan tugas-tugas ini, sehingga analisis keamanan dapat lebih fokus pada hal-hal yang lebih strategis.

3. Meningkatkan Akurasi

Sistem pembelajaran mesin tentunya akan terus  belajar dari data baru, meningkatkan akurasinya dari waktu ke waktu. Hal ini tentunya akan mengurangi jumlah positif palsu di mana teknologi pendeteksi salah mengidentifikasi aktivitas yang tidak berbahaya sebagai ancaman. Serta negatif palsu di mana teknologi pendeteksi gagal mengidentifikasi ancaman yang sebenarnya.

4. Membantu Menentukan Prioritas

Banyaknya potensi ancaman dapat membuat analis keamanan kesulitan dalam menentukan mana yang perlu difokuskan terlebih dahulu. Manfaat machine learning lainnya yaitu dapat membantu memprioritaskan peringatan dengan mengidentifikasi ancaman dan tingkat keparahannya, serta kemungkinannya sebagai serangan nyata.

Pilihan Solusi Machine Learning Sangfor

Sangfor menyediakan berbagai pilihan solusi machine learning untuk melindungi infrastruktur IT Anda dari ancaman siber, seperti:

1. Sangfor Neural-X

Neural-X merupakan platform intelijen ancaman yang memanfaatkan pembelajaran mendalam untuk  mengidentifikasi dan menggagalkan ancaman siber seperti botnet. Neural-X menganalisis traffic jaringan dan menggunakan pengenalan visual untuk mendeteksi aktivitas berbahaya.

2. Sangfor Cyber Command

Solusi Sangfor Cyber Command menggunakan berbagai model AI untuk memeriksa traffic jaringan dan perilaku pengguna. Dengan melakukan analisis data besar, solusi ini dapat mengungkap ancaman tersembunyi sekalipun.

3. Engine Zero

Engine Zero merupakan mesin pendeteksi malware yang memanfaatkan kombinasi teknologi kecerdasan buatan untuk mendeteksi berbagai jenis malware, baik yang dikenal maupun tidak. Mesin ini juga memanfaatkan machine learning untuk terus belajar dan beradaptasi dengan ancaman baru.

Pilih Solusi Machine Learning Terbaik Untuk Bisnis Anda

Ada banyak manfaat penggunaan machine learning dalam cyber security. Sangfor sebagai penyedia solusi keamanan siber juga menyediakan berbagai solusi berbasis machine learning untuk melindungi jaringan Anda dari ancaman.

AMT IT Solutions sebagai Sangfor Official Partner dapat membantu Anda menyediakan solusi keamanan siber terbaik berbasis machine learning. Untuk konsultasi dan promo menarik, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.