5 Kelebihan SD-WAN Untuk Optimalkan Jaringan Bisnis

Kelebihan SD-WAN

Software-Defined Wide Area Networking atau SD-WAN merupakan teknologi yang menawarkan peningkatan performa, fleksibilitas, dan penghematan biaya operasional.

Banyaknya keunggulan SD-WAN membuatnya menjadi pilihan bagi perusahaan dalam mengoptimalkan jaringan infrastruktur. Sangfor memaparkan beberapa kelebihan SD-WAN yang dirangkum melalui artikel di bawah ini.

1. Meningkatkan Kinerja Infrastruktur

keunggulan SD-WAN

Berbeda dengan arsitektur WAN tradisional, SD-WAN mampu meningkatkan kinerja dan konektivitas menggunakan perutean traffic yang cerdas. Dengan cara merutekan traffic di beberapa koneksi berdasarkan kondisi jaringan real-time, terutama dalam kasus latensi, kehilangan paket, dan jitter. Sehingga mampu memiliki koneksi WAN yang paling efisien untuk setiap aplikasi, serta memastikan konektivitas yang konsisten dan andal.

2. Menghemat Biaya

Kelebihan lainnya dari SD-WAN adalah mengurangi biaya operasional perusahaan secara signifikan. Dengan memanfaatkan akses internet lokal berbiaya rendah, menyediakan akses cloud langsung, dan mengurangi jumlah traffic melalui backbone WAN.

Pendekatan ini mengurangi ketergantungan pada sirkuit mahal, sehingga menghasilkan penghematan biaya yang signifikan sekaligus mempertahankan dan meningkatkan kinerja jaringan.

3. Meningkatkan Keamanan

Solusi SD-WAN pada umumnya menawarkan fitur keamanan untuk melindungi data dan mengamankan traffic saat melintasi jaringan. Termasuk enkripsi, firewall, deteksi intrusi dan ancaman.

Selain itu, hal tersebut memungkiinkan administrator menerapkan langkah-langkah keamanan yang konsisten di seluruh titik akhir jaringan. Serta mengurangi risiko pelanggaran dan memastikan kepatuhan terhadap persyaratan peraturan dan keamanan.

4. Meningkatkan Fleksibilitas dan Skalabilitas

Dengan SD-WAN, penambahan perangkat baru ke jaringan menjadi cepat tanpa memerlukan konfigurasi ulang yang rumit. Selain itu, SD-WAN memungkinkan bisnis untuk menggabungkan koneksi WAN jenis apa pun untuk memungkinkan mereka terhubung ke cloud dengan efektif.

5. Menyederhanakan Manajemen

Kelebihan SD-WAN selanjutnya memungkinkan penyederhanaan manajemen jaringan melalui orkestrasi dan otomatisasi terpusat. Sehingga menyederhanakan infrastruktur WAN menggunakan broadband untuk memindahkan aplikasi bisnis yang tidak penting, mengotomatiskan tugas pemantauan, dan mengelola lalu lintas melalui pengontrolan terpusat.

Manfaatkan Sangfor SD-WAN Untuk Jaringan yang Maksimal

Sangfor menawarkan manfaat SD-WAN termasuk keamanan yang terintegrasi, mengoptimalkan WAN, dan teknologi virtualisasi yang unggul. Hal ini dirancang untuk membangun jaringan akses terbaik untuk perusahaan.

AMT IT Solutions sebagai Sangfor Official Partner dapat membantu Anda menyediakan kebutuhan Sangfor dengan mudah. Untuk konsultasi dan informasi selengkapnya, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.