Manfaatkan Multi Cloud Untuk Tingkatkan Performa Bisnis

Apa itu Multicloud

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini cloud computing semakin populer dan berkembang cepat sebab sudah banyak diaplikasikan dalam dunia bisnis untuk memenuhi kebutuhan. Apabila Anda sudah familiar dengan istilah cloud, maka Anda tak akan asing dengan istilah multi-cloud.

Apa yang dimaksud dengan multi cloud? Dalam artikel ini AMT IT Solutions akan bahas mengenai manfaat multi-cloud dan alasan mengapa layanan ini penting untuk meningkatkan kinerja bisnis Anda.

Platform as a services

Apa itu multi cloud?

Istilah multi cloud merujuk pada strategi infrastruktur data, di mana satu perusahaan atau organisasi menerapkan dua atau lebih layanan cloud. Sebagai contoh, infrastruktur perusahaan bisa menerapkan satu cloud publik yang dikombinasikan dengan cloud publik lain dan cloud pribadi.

Multi cloud mengkombinasikan layanan untuk meningkatkan fleksibilitas pemakaian dan ketersediaan dari aplikasi dan layanan yang beraneka ragam seperti penerapan Software as a Services (SaaS), Cloud as a Services (CaaS), Infrastructure as a Services (Iaas), dan Platform as a Services (PaaS)

Mengapa bisnis perlu menggunakan multi cloud?

Multi Cloud menawarkan kecakapan untuk menyesuaikan solusi terhadap segala kebutuhan bisnis dan organisasi, mengkombinasikan skalabilitas dan fleksibilitas dari sejumlah layanan cloud publik dengan skala ekonomi terprediksi yang bisa disediakan oleh cloud pribadi.

Layanan multi cloud memungkinkan bisnis bisa tetap fleksibel dengan arsitektur TI mereka sambil menyesuaikannya dengan kebutuhan. Selain itu, multi cloud bisa membantu organisasi mengurangi Biaya Kepemilikan dari infrastruktur TI dengan mengkombinasikan cloud pribadi dan cloud publik yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Apa itu Multicloud Platform

Manfaat multi cloud bagi bisnis

Fitur dan Layanan: Cloud publik menawarkan beragam katalog layanan meliputi aplikasi, komputasi, dan sumber daya pemantauan. Multi Cloud memberikan perusahaan alternatif untuk memilih layanan dan fitur tertentu yang diperlukan di antara penyedia cloud, dan beralih ke penyedia cloud baru ketika fitur baru ditambahkan untuk mengoptimalkan aplikasi atau layanan yang dijalankan.

Fleksibel: Menerapkan strategi dua atau lebih layanan cloud computing, bisa berupa Software as a Service (SaaS), Platform as a Service ataupun Infrastructure as a Service. Kombinasi layanan tersebut memungkinkan perusahaan merasakan berbagai jenis layanan untuk mempercepat bisnis, mulai dari compute, storage, network, security & database, serta solusi layanan SaaS yang dapat diakses kapan dan di mana saja.

Skalabilitas: Dengan menerapkan multi cloud, layanan berbasis cloud yang berbeda memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan dengan teknologi yang mereka gunakan. Perusahaan selanjutnya bisa menyediakan layanan berdasarkan permintaan sesuai keperluan.

Biaya: Bermigrasi ke multicloud akan mengurangi TCO perusahaan, hal ini karena adanya kombinasi solusi yang diciptakan. Perusahaan mempunyai fleksibilitas untuk menegosiasikan kesepakatan yang lebih kompetitif dengan penyedia cloud yang mengelola multi cloud mereka, yang dapat menghasilkan penghematan.

Redundansi: Multi cloud memastikan akses ke data untuk beragam kebutuhan perusahaan serta memberikan jaminan terhadap gangguan ketersediaan.

Melalui analisa dari tim AMT IT Solutions, multi cloud bisa menjadi solusi terbaik bagi pemilik bisnis untuk melihat dan mengontrol seluruh data yang tersimpan secara maksimal. Satu hal yang tidak kalah penting adalah pilihlah layanan multi cloud yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan dari perusahaan anda.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan layanan multi cloud dari F5 dari AMT IT Solutions. Sebagai penyedia layanan multi cloud F5 memiliki beberapa keunggulan seperti fleksibilitas tinggi, visibilitas yang lebih efisien, dan telah dilengkapi dengan sistem keamanan.

Dengan kemampuannya, layanan multi cloud F5 bisa menjadi pilihan solusi IT unggulan yang dapat dimanfaatkan perusahaan Anda untuk penyimpanan data yang lebih baik.