Pengendalian Operasional: Tujuan dan Kelebihannya bagi Bisnis

Pengendalian Operasional adalah

Dalam menjalankan operasional bisnis, tentunya Anda memerlukan perencanaan serta pengendalian yang matang demi kelancaran bisnis tersebut. Manajemen pengendalian operasional adalah salah satu kunci untuk mendukung jalannya operasional dengan lebih baik.

Oleh karena itu, ada baiknya bagi perusahaan untuk memahami dan mengambil peran dalam pengendalian operasional bisnisnya. Melalui artikel kali ini, akan dijelaskan mengenai pengertian pengendalian operasional, manfaat, serta rekomendasi software yang dapat Anda gunakan.

Apa Itu Pengendalian Operasional?

Pengendalian operasional adalah

Pengendalian Operasional adalah proses dalam bisnis yang dilakukan dengan menetapkan kemampuan tiap sumber daya yang digunakan. Hal tersebut bertujuan untuk memenuhi rencana, kemampuan produksi, serta melakukan perbaikan rencana operasional.

Adanya pengendalian operasional dilakukan agar aset bisnis dapat terlindungi dengan baik, sehingga laporan keuangan atau audit perusahaan dapat lebih akurat, dapat diandalkan, dan dapat dipercaya.

Selain itu, pengendalian operasional juga membantu bisnis agar tetap berjalan sesuai persyaratan undang-undang yang berlaku, baik bagi bisnis skala kecil, menengah, hingga besar.

Tujuan Pengendalian Operasional

Operational Control Management

Dalam pelaksanaannya, pengendalian operasional adalah proses yang mencakup lebih dari sekadar pembukuan. Namun, langkah ini mencakup lebih banyak operasional yang umumnya ada pada suatu bisnis untuk mencapai tujuan utama, seperti:

Memastikan bisnis berjalan lancar

Adanya kontrol terhadap suatu operasional bisnis memberikan Anda gambaran yang lebih akurat tentang kondisi operasional yang ada. Hal ini dapat membantu Anda memastikan bisnis berjalan dengan lancar.

Meningkatkan kepercayaan klien

Transparansi yang ada dalam operasional akan meningkatkan kepercayaan klien pada bisnis Anda. Tentunya dengan memberikan laporan yang terbuka dan terperinci akan memberikan kesan jika bisnis Anda berjalan dengan baik dan dapat diandalkan.

Mendukung layanan yang tepat waktu dan berkualitas

Adanya pengendalian operasional juga akan memberikan jaminan layanan yang tepat waktu dan berkualitas. Semua ini tentunya didukung oleh adanya gambaran jelas tentang bisnis yang berjalan lancar.

Memastikan persediaan stok

Tujuan lain dari perlunya pengendalian operasional adalah karena hal tersebut dapat memberikan informasi stok produksi yang lebih mudah. Sehingga, Anda dapat memastikan persediaan stok sesuai dengan kebutuhan.

Diligent Operational Control Management

Diligent Operational Controls Management

Ada banyak software pengendalian operasional yang dapat membantu Anda menerapkan sistem kontrol secara otomatis dan lebih mudah. Namun sebelum memilihnya, Anda harus memastikan setiap fitur yang ada di dalamnya sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan.

Diligent Operational Controls Management adalah solusi pengendalian operasional yang memberikan kemudahan sekaligus  perlindungan dari ancaman keamanan. Software ini juga secara konsisten terus memantau dan melakukan uji kontrol terhadap operasional, serta memberikan jaminan independen dan real-time terhadap manajemen risiko di setiap tingkat bisnis.

Kelebihan Diligent Operational Control Management

Berikut tiga faktor kelebihan Diligent Operational Control Management yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih software pengendalian operasional.

Menghemat waktu dan mengurangi risiko kesalahan

Diligent dilengkapi dengan kerangka kontrol yang akurat. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan tata kelola yang jelas dan efektif, lengkap dengan solusi yang dirancang khusus untuk bisnis lini pertama.

Dengan Diligent, Anda juga dapat mengurangi jumlah tugas administratif yang dilakukan tim Anda secara konvensional. Hal ini tentunya didukung dengan standar kerangka kerja serta atribut data yang akurat, serta konfigurasi yang sederhana.

Pemantauan kontrol yang otomatis dan berkelanjutan

Anda dapat meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan serta mengurangi risiko kegagalan kontrol menggunakan data operasional organisasi seutuhnya. Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan efektivitas kontrol internal dengan fitur yang lebih modern, minim kesalahan, dan otomatisasi secara berkelanjutan.

Lakukan Pengendalian Operasional Dengan Diligent

Tujuan pengendalian operasional adalah untuk memastikan bisnis berjalan dengan lancar sesuai dengan perencanaan dan target yang ada. Dengan Diligent Operational Control Management, Anda dapat mengubah proses kontrol operasional konvensional menjadi lebih mudah dengan otomatisasi dan berbagai fitur unggulan lainnya.

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Diligent Indonesia menyediakan solusi software pengendalian operasional yang sesuai untuk kebutuhan perusahaan Anda. Untuk informasi selengkapnya, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.