3 Mitos Pemantauan Berkelanjutan yang Perlu Anda Perhatikan

Mitos Pemantauan Berkelanjutan

Pemantauan berkelanjutan atau Continuous Control Monitoring (CCM) memberikan keamanan tambahan dalam setiap proses audit perusahaan. Namun, seringkali auditor ragu untuk menggunakannya karena merasa sistem ERP yang digunakan sudah cukup baik.

Untuk itu, ada beberapa mitos pemantauan berkelanjutan yang tidak seharusnya dipercaya, seperti:

Automasi Bawaan dari ERP Sudah Cukup Melindungi

Mitos Pemantauan Berkelanjutan

Kebanyakan ERP memang sudah memiliki teknologi automasi bawaan. Namun, teknologi tersebut tidak diperuntukan untuk mendeteksi dan mencegah adanya penipuan. Setidaknya, ada beberapa risiko dari ERP itu sendiri:

Risiko penggunaan automasi bawaan:

  1. Adanya kontrol yang terlewat dari implementasi awal;
  2. Terdapat beberapa kelemahan ERP yang tersembunyi;
  3. Adanya kesalahan entri data yang tidak tertangkap oleh sistem kontrol;
  4. Sistem ERP yang merupakan bagian dari penerapan layanan bersama, kemungkinan besar tidak mempertimbangkan kebijakan perusahaan.

Biaya yang Tinggi dan Operasional yang Sulit

Banyak yang menganggap jika Continuous Control Monitoring (CCM) merupakan strategi yang tidak praktis. Hal ini disebabkan karena beberapa orang mungkin belum memahami cara menerapkan CCM di lingkungan mereka yang kompleks.

Untuk menghasilkan implementasi yang sukses, Anda dapat memulainya dengan melakukan pendekatan yang menunjukkan nilai dengan cepat.

Menganggap Pemantauan Hanyalah Tugas Auditor

Seringkali terdapat ketergantungan yang cukup besar pada auditor. Namun perlu diingat, peran mereka adalah memberikan jaminan independen bahwa pengendalian berjalan dengan baik, bukan bertanggung jawab atas penciptaan dan pengelolaan pengendalian.

CCM sendiri bukan tentang keberadaan pengoperasioan pengendalian yang efektif, melainkan tentang pengelolaan risiko. Dengan adanya pemantauan berkelanjutan, pengecualian yang tidak ditemukan melalui analisis biasa akan ditemukan.

Gunakan Pemantauan Berkelanjutan Dengan Tepat

Tiga mitos pemantauan berkelanjutan yang disebutkan di atas berisi beberapa ketidakakuratan mengenai CCM. Padahal, dengan pendekatan dan teknologi yang tepat, CCM dapat memberikan banyak manfaat bagi perusahaan.

Diligent menyediakan kebutuhan akan pemantauan berkelanjutan dalam proses audit. Sebagai mitra resmi Diligent, AMT IT Solutions dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk konsultasi dan informasi selengkapnya, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.