Apa Itu Script? Ini Fungsinya dalam Aplikasi Analytics Diligent

Script adalah

Script adalah serangkaian perintah yang digunakan dalam aplikasi Analytics. Bagi pengguna Analytics, kemampuan scripting tentunya dibutuhkan untuk mempermudah analisis data. Sebelum melakukannya, Anda perlu memahami apa itu script serta fungsinya dalam menggunakan aplikasi Analytics Diligent. Berikut ini penjelasannya.

Apa Itu Script?

Apa Itu Script?

Dalam aplikasi Analytics, script adalah serangkaian perintah yang dijalankan secara berurutan dan digunakan untuk mengotomatiskan pekerjaan dalam Analytics. Selain itu, script juga dapat membuat perintah apapun yang akan dijalankan di dalam Analytics.

Fungsi Penggunaan Script

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan script. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Mengotomatiskan Proses

Manfaat utama penggunaan script adalah untuk mengotomatiskan proses analisis data. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi melakukan pekerjaan secara manual dan berulang. Selain itu, melakukan proses secara otomatis menggunakan script juga akan menyederhanakan proses tersebut. Sehingga Anda dapat menghemat lebih banyak waktu.

Menjadwalkan Proses

Dengan memahami script, Anda dapat membuat script penjadwalan yang seringkali penting untuk menangani kumpulan data besar. Jika Anda menggunakan Robots, Anda dapat menjalankan script sesuai jadwal, bahkan di luar jam kerja. Anda juga dapat menjadwalkan satu script atau rangkaian script untuk dijalankan pada tanggal dan waktu tertentu.

Meningkatkan Akurasi

Fungsi lain script adalah untuk meningkatkan akurasi. Melakukan analisis data yang kompleks tentunya akan rentan terhadap kesalahan manusia ketika analis tersebut dilakukan secara manual.

Dengan menggunakan script, Anda dapat memastikan konsistensi dan presisi proses analisis. Selain itu, Anda juga dapat meyakini jika instruksi yang sama akan dijalankan dengan urutan yang sama setiap kali script yang sama dijalankan.

Mengurangi Kompleksitas

Script dapat memproses struktur file yang rumit dan membuat perhitungan yang rumit pada bidang data. Untuk itu, terkadang analisis yang lebih kompleks hanya dapat dilakukan dengan script. Misalnya, pada program pemantauan berkelanjutan yang seringkali memerlukan script untuk mengotomatiskan prosesnya.

Membagikan Analisis

Perlu diketahui jika script bersifat portabel dan dapat dibagikan. Script yang Anda buat dapat dikirimkan ke pengguna lain, tersedia di lokasi jaringan, dan disalin di antara proyek Analytics Diligent.

Mengizinkan Interaksi Pengguna

Script dapat dirancang untuk meminta masukan dari pengguna, memungkinkan pengguna menjalankannya pada tabel dan bidang yang dapat mereka namai menggunakan kriteria masukan yang diinginkan.

Menangkap Dokumentasi

Script pada aplikasi Analytics merupakan sumber dokumentasi yang baik untuk tinjauan audit, dan dapat digunakan sebagai bagian dari jejak audit. Dengan membuat script, Anda telah mendokumentasikan proses pembuatan hasil tes analitik yang dengan mudah dapat merujuknya di masa mendatang. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan komentar pada script untuk melengkapi dokumentasi lebih lanjut.

Pahami Script Untuk Memudahkan Anda Menggunakan Analytics Diligent

Agar dapat menggunakan Analytics Diligent dengan mudah, maka script adalah hal yang perlu Anda pahami. Sehingga, proses analisis data dapat dilakukan secara otomatis dan waktu yang lebih cepat.

Jika Anda membutuhkan aplikasi Analytics, AMT IT Solutions dapat membantu Anda menyediakan berbagai solusi Diligent  untuk memenuhi kebutuhan analisis perusahaan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.