Pentingnya Cyber Security Dalam Bisnis Startup di Indonesia

Seiring meluasnya jangkauan internet, pentingnya cyber security menjadi salah satu concern dan prioritas dalam berbagai bisnis. Tak terkecuali Startup, salah satu bisnis yang tengah booming di era digital. Sayangnya, saat ini masih banyak startup yang gagal membangun keamanan data perusahaannya sejak awal.

Menurut hasil penelitian Forrester 80% dari total perusahaan yang diwawancarai mengaku sempat mengalami pelanggaran keamanan di tahun 2019. Selanjutnya 54% perusahaan mengaku mengalami serangan siber dari kliennya dan 38% lainnya mengaku kehilangan bisnis karena hancurnya reputasi akibat masalah kerentanan keamanan.

Survei lainnya yang dilakukan ISACA, organisasi asal Amerika yang bergerak di bidang tata kelola teknologi informasi, menemukan bahwa tingkat serangan siber terhadap perusahaan masih akan terus tinggi.

Oleh karena itu, di era digital ini startup selaku perusahaan muda dituntut untuk tidak hanya berfokus pada penjualan ataupun hubungan pelanggan namun juga cyber security perusahaan. Jangan sampai menjadi korban kejahatan siber, berikut kami jabarkan pentingnya cyber security bagi perusahaan khususnya startup.

Terhindar Dari Kerugian Keuangan dan Reputasi

Tidak dapat dipungkiri, perusahaan akan kehilangan pangsa pasar dan kepercayaan konsumen maupun klien jika mengalami serangan siber. Kerugian dari segi materi dan reputasi bisa menjadi sangat besar tergantung dari sejauh dan sebesar apa dampak serangan ini.

database security

Memberikan Jaminan Keamanan Data Pelanggan

Cyber Security memberikan jaminan kepada klien, konsumen dan mitra karena seandainya terjadi serangan bisa ditangani dengan cepat dan tepat. Faktanya, di beberapa industri tertentu perusahaan memang dituntut untuk memenuhi persyaratan keamanan dan privasi data penggunanya.

hacker

Terlindungi Dari Ancaman Pihak Terdekat

Sering kali terlupakan, padahal serangan yang datangnya dari pihak terdekat kerap terjadi. Mulai dari karyawan atau klien yang tidak puas hingga kasus penyalahgunaan yang sangat mungkin membahayakan data perusahaan.

Cyber Security

Terhindar Dari Banyak Jenis Serangan Siber

  • Denial-of-service

Serangan yang memanipulasi sistem, jaringan ataupun aplikasi hingga menyebabkan kinerjanya menjadi sangat berat. Ketika sistem perusahaan sudah terkena serangan ini, biasanya pelaku akan menuntut uang tebusan atau memeras perusahaan jika ingin kondisinya kembali seperti semula

  • Malware dan Virus

Sering kali disusupkan melalui email dan website mencurigakan, serangan ini kerap menyerang privasi pelanggan karena bisa menyembunyikan, merusak atau bahkan menghapus data mereka.

  • Botnets

Merupakan kependekan dari robot network (robot jaringan), botnet biasanya menyerang komputer yang terhubung ke jaringan tersentral. Mereka yang menjadi korban dari botnet biasanya disebut zombie lantaran keberadaannya sudah berada di bawah kendali peretas. Dibuat dengan tujuan mencuri data, botnet akan terus meningkatkan kemampuan enkripsinya sehingga kian sulit dideteksi.

  • Scareware

Memiliki nama lain “peringatan keamanan palsu”, scareware sering digunakan penjahat siber untuk mengecoh pengguna karena bentuknya seperti pop-up peringatan dari sistem. Saat sudah terjebak, pengguna akan diarahkan untuk memuluskan aksi penipuan pelaku.

Mengingat kompleksitas sistem informasi dan kompromi keamanan yang bisa menjadi imbasnya tentu perusahaan perlu menyerahkan urusan cyber security ini kepada ahlinya. Telah berpengalaman di industri IT selama puluhan tahun AMT IT Solution layak menjadi mitra pilihan Anda. Didukung banyak mitra kelas internasional, AMT IT Solution menyediakan berbagai solusi  Cyber Security yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda seperti Aruba Zero Trust Security salah satunya

Aruba Zero Trust Security sendiri merupakan kerangka kerja keamanan terintegrasi untuk jaringan yang memberikan visibilitas dan kontrol jaringan kepada pengguna maupun perangkat dan bisa terhubung dari mana saja. Dengan Aruba access point, jutaan pengguna, perangkat dan data perusahaan Anda dijamin perlindungannya.

Bersama Aruba, AMT IT Solution menyediakan solusi Aruba Zero Trust Security sebagai jawaban atas kebutuhan banyak perusahaan di luar sana terhadap ancaman serangan siber yang terus mengintai.