Robotic Process Automation dalam Dunia Pendidikan

Dunia Pendidikan perlu mendapat perhatian khusus dalam metode pengajarannya. Hal ini harus segera dilakukan untuk mengejar ketertinggalan.

Pendidikan di seluruh dunia termasuk Indonesia sejak tahun 2000 atau pada abad ke-21 mulai banyak diskusi soal “new normal”. Ini artinya perubahan diperlukan dalam dunia pendidikan bahwa ke depan dunia akan berbeda dan akselerasi perkembangan tekonologi komunikasi dan informasi sangatlah cepat,” Kata Iwan Syahril, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada Webinar yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LPPKSPS).

Melalui perkembangan teknologi yang sangat cepat, sistem pendidikan di Indonesia sudah harus bertransformasi untuk dapat menerapkan teknologi masa kini. Sistem pendidikan kita membutuhkan software yang dapat digunakan untuk melakukan tugas-tugas harian, seperti kehadiran siswa, penjadwalan rapat, pengiriman surat, penilaian tugas, manajemen keuangan, dan lain sebagainya.

Menurut Iwan sendiri, dengan adanya pandemi Covid-19 ini memberikan pembelajaran tersendiri, yaitu mendorong pendidikan kita untuk mempercepat inovasi dengan menerapkan teknologi baru dalam dunia pendidikan.

Berbagai solusi harus cepat ditemukan, agar dunia pendidikan kita tidak jauh tertinggal. Solusi yang harus diterapkan dalam lembaga pendidikan adalah sistem automasi yang dapat membantu mengerjakan tugas harian, salah satunya dengan menggunakan teknologi Robotic Process Automation (RPA).

Teknologi ini akan membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas di dalam lembaga pendidikan, hasil yang diharapkan adalah proses belajar mengajar yang lebih praktis bagi para tenaga pendidik dan murid.

Hal ini sudah diterapkan oleh berbagai lembaga pendidikan modern di seluruh dunia, yang mana mereka telah memainkan teknologi RPA sebagai peran penting dalam melakukan proses kerja automasi. Dalam menerapkan teknologi ini, para tenaga pendidik diharapkan tidak perlu lagi memikirkan banyaknya tugas harian yang repetitif, sehingga mereka akan lebih terampil dalam mengerjakan tugas penting lainnya.

Dampak Teknologi dalam Dunia Pendidikan

Lembaga pendidikan memiliki lingkungan yang luas, mencakup guru, siswa, dan staff administrasi. Teknologi harus lebih mudah diadopsi untuk dimasukkan ke dalam sistem pendidikan. Contoh yang paling sederhana adalah, seperti sistem absensi dan penilaian yang ter-automasi untuk melengkapi proses belajar dan mengajar.

Lembaga pendidikan memerlukan sistem automasi yang mudah diakses dan terintegrasi dengan berbagai platform. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh AMT IT Solutions adalah Robotic Process Automation dari Gleematic. Berbagai manfaat yang ditawarkan oleh Glemaatic bagi lembaga pendidikan adalah:

  • Meminimalisir adanya kesalahan kecil dalam input data
  • Rekam jejak yang lengkap dalam setiap pembelian, sehingga memudahkan saat melakukan audit
  • Mengenali masalah dengan cepat, sehingga memudahkan dalam melakukan tata kelola
  • Meningkatkan produktivitas bagi tenaga pendidik dan staff, sehingga mereka dapat lebih fokus pada tugas lain yang lebih bernilai
  • Menciptakan interaksi dan komunikasi yang lebih baik antara pengajar, orang tua, dan siswa
  • Menurukan beban biaya, sehingga meningkatkan penghematan
  • Akses layanan yang terintegrasi dengan berbagai platform, sehingga memudahkan tenaga pendidik, staff, siswa, dan orang tua murid

Melalui Robotic Process Automation, AMT IT Solutions dan Gleematic dapat membantu lembaga pendidikan dalam beradaptasi di masa normal yang baru, sehingga proses belajar dan mengajar menjadi lebih praktis dan efisien. Dengan demikian, lingkungan sekolah menjadi lebih fokus dalam memberikan pendidikan yang interaktif dan komunikatif, serta berkualitas tinggi.

Related Post :