5 Strategi Continuous Monitoring Untuk Cegah Risiko Pihak Ketiga

Strategi continuous monitoring

Penggunaan solusi pihak ketiga dalam memenuhi kebutuhan perusahaan, tentunya perlu diiringi dengan pengawasan atau pemantauan untuk mencegah risiko maupun kerugian. Strategi continuous monitoring yang efektif dan inovatif dapat membantu Anda memaksimalkan pemantauan tersebut.

Berikut ini strategi yang disarankan oleh Diligent untuk memastikan upaya pemantauan risiko pihak ketiga berjalan dengan tepat.

1. Pilih Vendor yang Bersertifikat

Strategi Continuous Monitoring

Vendor yang bersertifikat menandakan bahwa vendor tersebut telah sesuai dengan kriteria yang ada serta dapat diandalkan untuk menyediakan solusi bagi perusahaan Anda. Sebaliknya, vendor yang tidak memiliki sertifikat yang layak tentunya dapat menimbulkan risiko. Untuk itu, pastikan Anda menanyakan sertifikat yang dimiliki oleh vendor sebelum memilihnya.

2. Lakukan Peninjauan Perpanjangan Kontrak

Lakukan peninjauan kembali kontrak bersama vendor sebelum Anda menandatangani perpanjangan kontrak. Hal ini merupakan salah satu bentuk strategi continuous monitoring yang perlu dilakukan agar kontrak yang disepakati masih relevan dengan kebutuhan perusahaan.

3. Terapkan Pengawasan Keuangan

Anda juga dapat melakukan pengawasan keuangan mulai dari melakukan verifikasi internal mengenai prosedur penagihan yang berlaku. Selain itu, tim keuangan juga harus tetap waspada dalam memperhatikan tanda bahaya atau masalah apapun yang mungkin timbul.

4. Kembangkan Berbagai Teknik Audit

Perusahaan harus memiliki berbagai teknik audit untuk melakukan peninjauan pihak ketiga secara berkala dan berkelanjutan. Selain itu, Anda juga dapat menjamin hak audit dalam kontrak tertulis dengan pihak ketiga untuk melaksanakan audit tersebut secara berkala.

5. Lakukan Tes dan Pembaruan

Perusahaan perlu menguji, mengevaluasi, dan memperbarui prosedur kerja secara berkala untuk mengatasi kelemahan yang mungkin timbul. Untuk itu, Anda dapat melakukan peninjauan dalam bentuk tes dan pembaruan untuk menjaga prosedur kerja yang tetap terjaga pada pihak ketiga.

Lakukan Strategi Continuous Monitoring Bersama Diligent

Menerapkan strategi continuous monitoring dapat membantu Anda mencegah risiko yang mungkin ditimbulkan dari penggunaan jasa pihak ketiga. Selain itu, Anda juga dapat menjaga kinerja yang dihasilkan menjadi tetap optimal.

AMT IT Solutions sebagai Diligent Official Partner dapat membantu Anda menyediakan kebutuhan manajemen audit yang optimal. Untuk konsultasi dan informasi selengkapnya, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.