Apa Itu Continuous Monitoring? Solusi Untuk Bisnis Berkelanjutan

Continuous monitoring adalah

Pemantauan berkelanjutan atau continuous monitoring adalah pendekatan yang dapat mendukung efektivitas proses bisnis. Melalui pemanfaatan otomatisasi, pendekatan ini diterapkan dalam berbagai solusi pemantauan. Seperti dalam solusi ACL Robotics dari Diligent. Lalu, apa itu continuous monitoring? Simak selengkapnya.

Apa Itu Continuous Monitoring?

Continuous monitoring adalah pendekatan atau program yang menggabungkan proses bisnis dan teknologi. Tujuannya untuk mendeteksi risiko dan masalah kepatuhan terkait dengan lingkungan keuangan atau operasional suatu perusahaan.

Dengan penggunaan otomatisasi, program continuous monitoring akan memberikan informasi penting pada manajemen untuk membuat keputusan yang efektif dan efisien bagi bisnis.

Continuous monitoring adalah

Keuntungan Continuous Monitoring

Tanpa adanya program pemantauan berkelanjutan yang tepat, perusahaan dapat rentan terhadap kerugian finansial. Untuk itu, continuous monitoring adalah program yang perlu dilakukan.

Sehingga para profesional di bidang tata kelola dapat mengakses data secara efisien, melakukan uji kontrol, dan melacak metrik secara real-time untuk mengelola risiko dengan lebih baik. Serta memberikan jaminan bahwa perusahaan mereka berjalan secara efektif.

Selain itu, dengan mengotomatiskan tugas yang berulang, maka nantinya tim Anda dapat meluangkan waktu dan sumber daya untuk melakukan pekerjaan yang lebih strategis.

Tim yang Terlibat Dalam Pemantauan Berkelanjutan

Ada beberapa tim yang terlibat untuk menjalankan pemantauan berkelanjutan. Beberapa di antaranya seperti:

  1. Auditor
  2. Profesional keuangan
  3. Profesional kepatuhan
  4. Profesional manajemen risiko
  5. Analis Penjaminan Mutu
  6. Analis keamanan

Panduan Penerapan Continuous Monitoring

Dalam menerapkan pemantauan berkelanjutan, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan seperti berikut ini:

Menyiapkan Pemantauan Berkelanjutan

Anda dapat mengoptimalkan cara kerja tata kelola dengan mengotomatisasikan proses bisnis yang memakan banyak waktu. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyiapkan solusi continuous monitoring yang dilakukan oleh ACL Robotics.

Membuat Script Otomatisasi

Dengan kondisi bisnis yang kerap berubah, perusahaan diharuskan untuk mengembangkan program continuous monitoring. Program ini, membutuhkan script untuk mengotomatiskan proses bisnis. Analytics dari Diligent dapat membantu Anda membuat script dengan lebih mudah.

Melakukan Analisis

Analisis data merupakan hal yang penting dilakukan untuk meminimalisir penipuan, mengoptimalkan efisiensi tim, dan mendukung pengambilan keputusan yang tepat. Anda dapat melakukan analisis data melalui Robot app yang masih merupakan bagian dari Analytics.

Memperbaiki dan Melaporkan Pengecualian

Agar proses bisnis perusahaan berjalan dengan efektif, perusahaan memerlukan kemampuan untuk mengotomatiskan remediasi dan pemantauan pengecualian. Serta menyajikan data yang dapat mendukung pengelolaan risiko dengan lebih baik.

Terapkan Continuous Monitoring Bersama Diligent

Continuous monitoring adalah program yang dapat mendukung efektivitas proses bisnis. Untuk memanfaatkan otomatisasi dalam continuous monitoring, Anda dapat menggunakan berbagai solusi yang ditawarkan oleh Diligent seperti ACL Robotics dan Analytics.

AMT IT Solutions sebagai Diligent Official Partner dapat membantu Anda menyediakan kebutuhan terkait pemantauan berkelanjutan. Untuk konsultasi dan informasi selengkapnya, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.