Apa Itu CDN? Mengenal Content Delivery Network dan Fungsinya

CDN adalah

Jika Anda ingin mengembangkan website atau aplikasi, tentunya tidak akan terlepas dari CDN. Content Delivery Network atau CDN adalah solusi yang dapat mempermudah Anda melakukan pembuatan web application.

Dengan memanfaatkan CDN, maka aplikasi website yang Anda kembangkan akan  memiliki performa yang lebih baik, dan secara tidak langsung akan meningkatkan user experience atau pengalaman penggunanya. Untuk itu, Anda perlu memahami apa itu CDN sebelum mengembangkan suatu website.

Apa Itu CDN?

Apa Itu CDN?

Content Delivery Network atau CDN adalah serangkaian server global yang terletak di beberapa data center yang tersebar di dunia. Server CDN berfungsi untuk melakukan pengiriman konten dari server menuju suatu website.

Jaringan CDN disebut juga sebagai Jaringan Distribusi Konten. Dengan adanya CDN, pengiriman konten website dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tidak terpaut oleh jarak lokasi yang jauh.

Cara Kerja CDN

CDN adalah server yang terhubung secara bersamaan untuk mengirimkan konten dengan lebih mudah dan cepat dengan mengandalkan teknologi cache. Nantinya, website yang memanfaatkan CDN akan menggunakan name server yang sudah disediakan oleh CDN.

Nantinya, pengunjung pada kunjungan pertama akan meminta akses ke suatu website. Kemudian CDN akan mengunduh static content seperti JavaScript, CSS, atau gambar ke server untuk dikirimkan ke pengunjung melalui browser.

Lalu pada kunjungan kedua, pengunjung akan mengambil konten yang sudah dilakukan cache oleh CDN. Sehingga, server hosting hanya perlu melengkapi kontennya saja. Dengan begitu, waktu pengiriman juga akan semakin cepat karena pengambilan file dilakukan dari server yang dekat dengan pengunjung.

Fungsi Content Delivery Network

Adanya CDN adalah upaya untuk memberikan performa web application terbaik bagi para penggunanya. Di bawah beberapa manfaat CDN:

Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Pemanfaatan CDN akan memberikan Anda kemudahan dalam mentransfer konten website yang berujung pada kecepatan loading website. Hal ini tentunya akan meningkatkan pengalaman pelanggan menjadi lebih baik lagi.

Memudahkan Akses Pelanggan

Performa yang baik tentunya juga akan mempengaruhi akses penggunanya. Dengan CDN, aset pada website seperti gambar, video, thumbnail, dan lain sebagainya akan dengan mudah ditampilkan sehingga pengguna menjadi lebih mudah untuk mengaksesnya.

Mempercepat Loading Time

Manfaat lain dari penggunaan CDN adalah meningkatnya kecepatan loading time dari suatu web app. Hal ini terjadi karena proses transfer data tidak perlu lagi melewati beberapa routing server sehingga menghemat lebih banyak waktu.

Mencegah Serangan DDoS

Content Delivery Network juga dapat melindungi aplikasi web Anda dari serangan siber seperti DDoS Attack. Hal ini terjadi karena pada umumnya, DDoS hanya dapat menyerang satu lokasi server. Jika Anda menggunakan CDN, tentunya konten Anda akan menyebar ke berbagai lokasi, sehingga risiko serangan DDoS akan menurun drastis.

Mengurangi Risiko Traffic Spike

Istilah traffic spike diartikan sebagai lonjakan pengunjung website yang menyebabkan turunnya performa website, sehingga pengunjung tidak dapat mengunjungi website. Penggunaan CDN dapat mencegah terjadinya traffic spike dengan menyebarkan akses pengunjung ke lokasi server terdekat.

Gunakan CDN Untuk Tingkatkan Performa Web Application

Penggunaan CDN berperan penting dalam pengembangan web application. Selain beberapa manfaat yang sudah disebutkan di atas, Anda juga dapat memaksimalkan manfaat CDN dengan menggunakannya bersama solusi terintegrasi seperti F5 Managed Security.

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi F5 Indonesia menyediakan berbagai solusi F5 yang dapat mendukung keamanan web application Anda. Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.