F5 NGINX Dukung Zero Trust Security Untuk Aplikasi Kubernetes

Zero Trust Security

Serangan siber berkembang pesat dan tidak jarang menciptakan kerugian besar bagi korbannya. Menerapkan model keamanan tradisional saja tidaklah cukup untuk mencegah serangan tersebut.

Diperlukan model keamanan terbaru seperti Zero Trust yang dapat melindungi Anda dari ancaman eksternal dan internal di lingkungan Kubernetes lokal, hybrid, dan multi-cloud.

Untuk itu, NGINX membantu Anda mengadopsi model keamanan Zero Trust agar dapat meningkatkan keamanan aplikasi Kubernetes. Solusi ini juga mampu mencegah insiden keamanan yang dapat merusak perusahaan secara permanen.

Fitur Zero Trust Security

NGINX membantu perusahaan menerapkan keamanan Zero Trust yang komprehensif untuk aplikasi Kubernetes. Hal tersebut, tentunya tidak terlepas dari pemanfaatan teknologi asli Kubernetes, termasuk Ingress Controller dan Service Mesh.

Beberapa fitur  Zero Trust untuk meningkatkan keamanan aplikasi Kubernetes Anda adalah sebagai berikut:

1. Otentikasi dan Otorisasi

Anda dapat mengelola identitas pengguna, aplikasi, maupun layanan dan mengizinkan mereka untuk melakukan tindakan di seluruh cluster Kubernetes dengan HTTP Basic

Authentication, JSON Web Tokens (JWTs), serta OpenID Connect melalui integrasi dengan Identity Providers (IdPs) seperti Okta dan Azure Active Directory (AD).

2. Enkripsi dan Integritas Data

Autentikasi dan enkripsi adalah salah satu upaya untuk mengamankan komunikasi di manapun komunikasi berlangsung. Untuk melakukannya, Anda dapat memastikan validitas data, kerahasiaan, dan integritas data melalui TLS passthrough, SSL/TLS termination, dan mTLS.

3. Kontrol Akses dan Kebijakan

Adanya kontrol akses dan kebijakan memungkinkan Anda untuk menyelaraskan kebutuhan keamanan perusahaan dengan mudah. Selain itu, Anda juga dapat  mengaktifkan layanan mandiri dan tata kelola di seluruh tim multi-penyewa melalui Role-Based Access Control (RBAC) dan Custom Resource Definitions (CRDs).

4. Pemantauan dan Observabilitas

Pemantauan dan observasi akan memberikan Anda gambaran atau wawasan yang dapat ditindaklanjuti mengenai kondisi keamanan aplikasi, API, dan infrastruktur. Melalui integrasi bawaan dengan tools yang sering digunakan, termasuk OpenTelemetry, Grafana, Prometheus, dan Jaeger.

5. Perlindungan WAF dan DDoS

Anda dapat melindungi aplikasi dari 10 serangan teratas dalam OWASP dan Layer 7 DoS tanpa harus memperlambat kecepatan rilis dan kinerja, dengan perlindungan WAF dan DDoS.

Kelebihan F5 NGINX Untuk Zero Trust Security

F5 NGINX

Setelah mengetahui fitur dan kelebihan dari Zero Trust Security, berikut ini beberapa faktor mengapa F5 NGINX merupakan solusi yang tepat untuk menerapkan keamanan Zero Trust dalam Kubernetes.

1. Wawasan yang dapat ditindaklanjuti

F5 NGINX memungkinkan Anda untuk melakukan deteksi dan mitigasi ancaman keamanan siber, sebelum hal tersebut menyebabkan kerugian bagi perusahaan dan pelanggan Anda.

2. Penerapan yang fleksibel

Tingkatkan produktivitas saat melakukan pengembangan, dengan mengotomatiskan tugas yang berulang. Dengan begitu, Anda juga akan meningkatkan fleksibilitasnya.

3. Perlindungan berskala besar

Bersama F5 NGINX, Anda juga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan yang berada di bawah beban kerja yang cukup tinggi. Tentunya, tanpa perlu mengurangi keamanan.

Gunakan F5 NGINX Untuk Dukung Zero Trust Security

F5 NGINX memberikan kemudahan penerapan Zero Trust Security serta melindungi aplikasi Kubernetes Anda. Beberapa upaya yang dilakukan seperti:

  1. Mencegah aktivitas ilegal melalui autentikasi konstan, validasi identitas, dan deteksi anomali perilaku;
  2. Minimalkan permukaan serangan melalui kebijakan dengan hak istimewa terkecil, kontrol akses terperinci, dan end-to-end encryption;
  3. Menyederhanakan pengiriman aplikasi secara aman dari kode ke pelanggan dengan WAF yang terintegrasi dan pertahanan DoS tingkat aplikasi;
  4. Menyederhanakan aplikasi self-service di seluruh tim pengembangan multi-penyewa tanpa mengorbankan keamanan.

Tertarik menggunakan solusi F5 NGINX? AMT IT Solutions sebagai mitra F5 di Indonesia menyediakan berbagai kebutuhan solusi IT bagi perusahaan Anda. Untuk konsultasi dan informasi selengkapnya, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.