Kelebihan Automasi Untuk Audit yang Lebih Akurat

Kelebihan automasi

Robotic Process Automation (RPA) memanfaatkan automasi untuk membantu tim audit mengelola manajemen risiko secara langsung. Selain itu, RPA juga dapat menghilangkan proses audit berulang dan menyederhanakannya.

Adanya kelebihan automasi tersebut, dapat membantu Anda menyelesaikan tugas lebih cepat dan meningkatkan efisiensi. Berikut ini keunggulan lain yang ditawarkan RPA pada proses audit perusahaan.

Kelebihan Automasi Untuk Audit

kelebihan automasi

Berikut adalah beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan dengan memanfaatkan automasi dalam proses audit:

Meningkatan Risk Intelligence

Automasi dapat menyediakan data yang mendalam dengan input seminimal mungkin. Teknologi ini dapat memberikan wawasan yang lebih komprehensif, mengenai risiko-risiko utama di seluruh tingkat perusahaan.

Memaksimalkan Efisiensi

Mengotomatiskan proses audit yang berulang akan memungkinkan Anda mendapatkan hasil analisis penting, dalam waktu yang singkat.

Meningkatkan Kualitas Data

Automasi dalam analisis robotik akan mengurangi pekerjaan manual, sehingga mengurangi risiko kesalahan manusia. Selain itu, juga membantu meningkatkan kualitas dan akurasi data secara keseluruhan.

Menghemat Biaya

Kelebihan lainnya dari automasi yaitu mengurangi waktu operasional dan kapasitas tim yang diperlukan untuk audit.

Melakukan Pemantauan Berkelanjutan

Teknologi automasi memungkinkan Anda untuk melakukan pengawasan sepanjang waktu di seluruh lingkungan perusahaan. Serta secara otomatis memperingati pengambilan keputusan jika ada anomali yang terdeteksi.

Cara Automasi Meningkatkan Proses Audit

Solusi audit yang mengadopsi automasi akan memiliki beberapa kemampuan untuk meningkatkan proses auditnya, seperti:

Analisis Akses Kontrol

Adanya analisis akses kontrol dapat membantu Anda memantau sekaligus menerapkan peraturan akses, baik secara langsung maupun melalui jaringan digital. Solusi robotik dapat memenuhi persyaratan peraturan akses, seperti mengidentifikasi pengguna aktif yang sudah tidak bekerja. Selain itu, dapat juga mengidentifikasi semua akun dengan akses dan menandai aktivitas sistem yang tidak biasa.

Analisis Seleksi Sanksi

Teknologi automasi dapat membandingkan kumpulan data pelanggan, dengan daftar yang dikecualikan atau diberi sanksi. Kemampuan utamanya mencakup pencocokan nama yang kabur, pencocokan National Provider Identifier (NPI), dan pencocokan alamat antara kumpulan data master dan daftar yang diberi sanksi atau dikecualikan.

Analisis Jaminan

Kelebihan automasi lainnya yaitu teknologi ini dapat melakukan pengotomatisan proses jaminan, untuk membantu memantau kumpulan data transaksi pelanggan. Kemampuan ini mencakup identifikasi adanya duplikat pelanggan, menandai catatan pelanggan yang tidak teratur, serta mengidentifikasi kesalahan atau informasi yang hilang dalam transaksi.

Analisis Pembayaran Tidak Tepat dan Potensi Penipuan

Operasional perusahaan sangatlah rentan terhadap kesalahan manusia maupun sistem. Baik itu berupa penipuan maupun kesalahan kontrol. Adanya analisis utang usaha dapat menandai adanya duplikasi faktur, mendeteksi informasi yang hilang, mengidentifikasi biaya yang melebihi tingkat persetujuan, serta kesalahan dan kelalaian lainnya.

Jalankan Audit Dengan ACL Analytics

Segala kelebihan automasi bisa Anda dapatkan menggunakan ACL Analytics dari Diligent. Solusi ini menawarkan fitur yang dirancang khusus untuk profesional audit, risiko, dan kepatuhan.

Selain itu, ACL Analytics juga menyediakan analisis data tingkat lanjut, alur kerja otomatis, serta kemampuan dasbor dan pelaporan yang lancar. Membuat proses audit menjadi lebih mudah dan cepat.

Dapatkan solusi Diligent melalui AMT IT Solutions sebagai mitra resminya di  Indonesia. Hubungi marketing@amt-ti.com atau klik ikon WhatsApp untuk konsultasi dan informasi selengkapnya.