Tren Tata Kelola Perusahaan Secara Global Tahun 2023

Tren Tata Kelola Perusahaan

Tata kelola perusahaan diciptakan untuk menjaga agar operasional bisnis di tiap perusahaan berjalan dengan transparan dan beretika. Tiap tahunnya, tren manajemen atau tata kelola perusahaan mengalami perubahan yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis di masa tersebut.

Lalu, bagaimana tren tata kelola perusahaan tahun 2023? Melalui laporan Diligent, berikut tren tata kelola perusahaan secara global sebagai wawasan bisnis yang dapat Anda kembangkan.

Kecerdasan Buatan akan Menghadirkan Tantangan Baru

Tren Tata Kelola Perusahaan

Pesatnya perkembangan Artificial Intelligence (AI) dalam operasional bisnis, pada akhirnya akan masuk ke dalam aktivitas pemangku kepentingan dalam menjalankan tata kelola perusahaan.

Transformasi tersebut tentunya akan menimbulkan risiko keamanan baru, sehingga membuat perusahaan perlu mengubah cara kerjanya dalam menjalankan bisnis. Untuk itu, ada baiknya Anda menggunakannya dengan cermat agar bisnis Anda tetap aman dan berkembang pesat.

Permasalahan Etika Akan Menjadi Fokus Utama

Teknologi baru dapat menimbulkan permasalahan etika baru. Misalnya, teknologi AI bersifat tidak mudah transparan dan bias, sehingga dapat mempersulit pengumpulan data serta pengambilan keputusan bagi dewan yang berupaya menawarkan visibilitas kepada pemegang sahamnya.

Untuk itu, anggota dewan perlu secara proaktif menangani permasalahan etika yang timbul dari teknologi, termasuk bagaimana mengatasi bias implisit dari banyak solusi perangkat lunak.

Dewan Memerlukan Sistem yang Efektif Untuk Berbagi Data

Dewan memiliki tanggung jawab yang besar terhadap aktivitas bisnis. Menggunakan struktur pelaporan tradisional tentu akan menyulitkan mereka dalam mengambil keputusan.

Namun demikian, seiring dengan perkembangan teknologi, tekanan ESG yang meningkat, serta keamanan siber yang dapat mengancam kinerja, maka dewan direksi dapat mencari cara untuk menyederhanakan dan memusatkan pelaporan.

Sementara itu, bagi dewan yang tidak memiliki cara efektif untuk mengumpulkan dan meninjau informasi penting, mungkin akan kehilangan keunggulan kompetitifnya. Bahkan akan gagal dalam mematuhi aturan pengungkapan dari lembaga pembuat peraturan yang ada di negaranya.

Perusahaan Perlu Membina dan Menarik Talenta Muda

Perusahaan harus mulai menyiapkan generasi muda untuk menggantikan karyawan yang memasuki masa pensiun. Anda dapat mulai mempertimbangkan keterampilan dan latar belakang para talenta muda, yang nantinya dapat membantu meraih kesuksesan bisnis di masa depan.

Beberapa keterampilan yang dibutuhkan perusahaan seperti pengetahuan tentang hukum, keamanan siber, keuangan, maupun data analitik. Semuanya adalah  keterampilan yang perlu dikembangkan oleh sebagian besar anggota dewan agar berhasil.

Siapkan Rancangan Tata Kelola Perusahaan Anda

Tren tata kelola perusahaan tentunya dapat berubah dengan cepat. Meskipun demikian, penting untuk memahami tren utama dalam manajemen perusahaan, untuk kemudian menerapkannya pada bisnis agar dapat berkembang dan bersaing.

Dengan adanya tata kelola yang terencana kana memungkinkan kolaborasi yang aman, dengan pembagian data yang lancar, serta pengawasan real-time terhadap isu-isu utama, mulai dari ESG hingga cyber security maupun isu-isu yang belum dihadapi.

Diligent sebagai vendor penyedia solusi manajemen perusahaan dapat membantu Anda merancang tata kelola dengan baik dan benar. Dapatkan solusi terbaik dari Diligent melalui mitra resminya di Indonesia, AMT IT Solutions. Hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp untuk informasi selengkapnya.