Kelola Arsitektur Multi-Cloud Bersama F5 Distributed Cloud

Arsitektur Multi-Cloud

Transformasi digital membuat beberapa perusahaan melakukan transmigrasi pada data center on-premise menuju cloud computing. Meskipun memiliki fleksibilitas yang tinggi, pengelolaan arsitektur multi-cloud dapat menjadi sangat kompleks.

Dengan manajemen yang kompleks, tentunya tim IT Anda mengalami beberapa kesulitan yang secara tidak langsung juga akan berpengaruh pada perusahaan. Sebagai solusi, Anda dapat memanfaatkan F5 Distributed Cloud untuk mempermudah manajemen cloud computing.

Keuntungan F5 Distributed Cloud

Keuntungan Multi-Cloud

Berikut keuntungan dari menggunakan solusi Distributed Cloud pada arsitektur multi-cloud:

1. Menyederhanakan Operasional Multi-Cloud

F5 dapat mengupayakan pengembangan aplikasi diantara beberapa Cloud service provider (CSP) yang Anda gunakan. Serta mempertahankan kebijakan umum maupun prosedur operasional dengan menerapkan platform manajemen berbasis SaaS.

2. Memaksimalkan Keamanan

Adanya software Distributed Cloud akan menyederhanakan lingkungan multi-cloud Anda melalui tumpukan infrastruktur umum, kebijakan, serta operasional yang disampaikan melalui model SaaS.

3. Memberikan Manfaat Penuh Diantara Cloud Market Lain

Membantu Anda memaksimalkan keuntungan dari setiap CSP, termasuk memenuhi kebutuhan dalam menjalankan aturan, dan meminimalkan berbagai beban operasional CSP.

Studi Kasus

F5 Distributed Cloud memiliki studi kasus dalam menangani permasalahan arsitektur multi-cloud. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

Mengamankan Gateway Kubernetes

Melalui solusi yang ditawarkannya, F5 mampu menyederhanakan keamanan dan konektivitas dalam penerapan Kubernetes. Baik di beberapa cluster, lokasi cloud, hingga dari segi penyedia cloud.

Dalam kasus ini, solusi Distributed Cloud berfungsi sebagai gateway Kubernetes terintegrasi yang menyediakan otoritas identitas, load balancing, dan perutean API. Serta secara otomatis membantu menemukan layanan yang sesuai dan menyediakan pemeriksaan kelayakan infrastruktur, serta menyederhanakan operasional berbasis SaaS dalam pengamatan real-time.

Konsolidasi Layanan Aplikasi dan Jaringan

Solusi F5 dapat mengkonsolidasikan aplikasi baik tradisional maupun modern, yang digunakan di setiap pengembangan cloud. Terdapat pula F5 Distributed Cloud Mesh yang menyediakan serangkaian layanan konektivitas dan keamanan komprehensif pada satu platform berbasis SaaS.

Anda dapat memanfaatkannya pada situs cloud untuk menyediakan perutean maupun VPN yang konsisten, keamanan masuk dan penegakan kebijakan, serta pemfilteran dan kepatuhan.

Multi-Cluster Mesh yang Aman

Terdapat multi-cluster mesh yang aman untuk menggabungkan aplikasi tradisional dan modern di seluruh situs cloud dan CSP yang berbeda. Selain itu juga menyediakan solusi end-to-end melalui penemuan layanan, keamanan berbasis identitas, jaringan, dan gateway API yang diterapkan di setiap situs cloud yang dipadukan dengan infrastruktur global F5 dan backbone pribadi berkecepatan tinggi.

Manajemen Aplikasi Multi-Cloud

Anda dapat menyederhanakan DevOps/SecOps untuk aplikasi yang didistribusikan di beberapa cloud. Dengan adanya manajemen terpusat Distributed  Cloud App Stack, identitas dan kebijakan, serta menggabungkan kemampuan observasi melalui satu antarmuka Kubernetes tervirtualisasi yang mencakup volume besar klaster fisik terdistribusi. Kemampuan utama tersebut meliputi portabilitas multi-cloud, penyediaan heterogen, dan pemantauan elastisitas beban kerja.

Tentang F5 Distributed Cloud

Layanan F5 Distributed Cloud merupakan software keamanan serta layanan manajemen aplikasi berbasis SaaS. Inovasi ini berfungsi untuk mengembangkan aplikasi di antara arsitektur multi-cloud, on-premise, maupun lokasi tepi.

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi F5 di Indonesia dapat membantu Anda menyediakan solusi Distributed Cloud dengan mudah. Hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut.