LockBit Ransomware: Pengertian, Cara Kerja, dan Cara Mengatasinya

LockBit Ransomware adalah

Serangan LockBit Ransomware adalah salah satu jenis ransomware yang banyak menargetkan perusahaan besar. Meskipun memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk meminta sejumlah uang tebusan, namun LockBit memiliki cara kerja yang berbeda.

Simak penjelasan berikut ini untuk mewaspadai serangan LockBit Ransomware pada perusahaan Anda.

Apa Itu LockBit Ransomware?

Apa Itu LockBit Ransomware?

LockBit Ransomware adalah software berbahaya yang dirancang untuk memblokir akses pengguna ke sistem komputer. Dengan tujuan meminta uang tebusan atau imbalan yang menguntungkan pihak penyerang.

Ransomware jenis ini, secara otomatis akan menargetkan data berharga korban, kemudian menyebarkan infeksi dan mengenkripsi semua sistem komputer yang diakses di dalam jaringan yang sama. Umumnya serangan ini mengincar perusahaan besar dengan model serangan khusus.

Cara Kerja LockBit Ransomware

Cara kerja LockBit Ransomware adalah dengan menginfeksi data penting perusahaan untuk kemudian melakukan pemerasan. Hal ini dapat ditandai dengan munculnya gangguan operasional yang mengakibatkan penghentian fungsi secara tiba-tiba.

Berikut ini tahapan infeksi serangan LockBit:

Tahap 1: Eksploitasi

Penyerang akan melakukan phising atau serangan brute force untuk memecah kredensial akses dari jaringan dengan sistem keamanan yang lemah. Setelah berhasil masuk, ransomware akan mempersiapkan sistem melepaskan muatan enkripsinya ke setiap perangkat yang ada.

Tahap 2: Penyusupan

Pada tahap ini, LockBit melakukan persiapan dengan menonaktifkan program keamanan dan infrastruktur lainnya yang memungkinkan pemulihan sistem.

Tahap 3: Penyebaran

Ransomware mulai menyebar ke seluruh perangkat yang dapat dijangkaunya. Selanjutnya, bagian enkripsi akan menempatkan “lock” atau kunci ke semua sistem. Nantinya korban hanya dapat membuka kunci sistem mereka melalui kunci khusus yang dibuat oleh alat deskripsi milik LockBit.

Cara Mencegah LockBit Ransomware

Anda dapat mencegah LockBit Ransomware dengan meningkatkan keamanan sistem jaringan. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan:

1. Terapkan kata sandi yang kuat

Pastikan Anda memilih kata sandi yang lebih panjang, dengan variasi karakter, dan memperbaruinya secara berkala untuk mencegah pembobolan akun.

2. Gunakan otentikasi multi-faktor

Anda juga dapat menambahkan lapisan keamanan ketika log-in dengan otentikasi multi-faktor. Sertakan juga tindakan seperti biometrik atau pengautentikasi kunci USB fisik di semua sistem Anda jika memungkinkan.

3. Hapus akun pengguna yang lama tidak digunakan

Menghapus akun pengguna yang sudah lama tidak digunakan dapat menghapus potensi titik lemah dalam jaringan Anda. Untuk itu, Anda perlu memeriksanya secara berkala.

4. Pastikan konfigurasi sistem mengikuti prosedur keamanan

Tinjau kembali standar operasional perusahaan, agar tetap terkini dalam menghadapi ancaman terbaru di dunia maya.

5. Gunakan solusi keamanan siber komprehensif dari Sangfor

Sangfor Endpoint Secure menawarkan solusi keamanan untuk mendeteksi dan memblokir file ransomware di tingkat endpoint. Selain itu, Sangfor juga memanfaatkan berbagai teknik AI untuk mendeteksi dan mencegah serangan ransomware.

Cegah LockBit Ransomware dengan Sangfor Endpoint Secure

LockBit Ransomware adalah serangan berbahaya yang mengincar kelemahan sistem perusahaan. Untuk mencegahnya, Anda perlu menerapkan strategi pertahanan yang kuat mencakup perlindungan endpoint, jaringan, hingga gateway seperti yang ditawarkan oleh Sangfor.

AMT IT Solutions sebagai Sangfor Official Partner dapat membantu Anda menyediakan kebutuhan tersebut. Hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp untuk informasi selengkapnya.