10 Cara Mencegah Ransomware Bersama Solusi Sangfor

Cara Mencegah Ransomware

Serangan Ransomware seringkali menimpa pelaku bisnis dengan kerugian yang cukup tinggi. Untuk mencegah hal tersebut, ada baiknya perusahaan membekali karyawan dengan wawasan mengenai cara mencegah Ransomware.

Ransomware sendiri adalah jenis serangan malicious software atau malware yang dikirim peretas untuk mengenkripsi suatu file, sistem, dan data penting. Kemudian, peretas akan memanfaatkan kondisi tersebut untuk meminta uang tebusan agar data  yang diretas dapat diamankan.

Meningkatnya cybercrime di ranah bisnis, membuat Sangfor mengembangkan inovasi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Berikut tips mencegah Ransomware dari Sangfor.

1. Jangan Membayar Tebusan

Tips Mencegah Ransomware

Cara mencegah Ransomware yang pertama adalah dengan tidak membayar tebusan. Meskipun peretas menjanjikan akan mengembalikan file yang telah diretas, namun tidak ada jaminan jika peretas akan menepati janjinya. Lalu, membayar uang tebusan juga akan membuat serangan dianggap berhasil di mata peretas, sehingga mendorong mereka untuk melakukan serangan berikutnya di kemudian hari.

2. Melakukan Pelatihan Karyawan

Kelalaian karyawan adalah salah satu faktor terjadinya serangan Ransomware. Untuk itu, Anda perlu memberikan pelatihan tentang pentingnya kesadaran keamanan siber pada karyawan Anda. Pelatihan yang dapat Anda lakukan seperti tips membuat sandi yang aman, penggunaan VPN, cara mengidentifikasi lampiran file yang mencurigakan, pemahaman serangan phising, dsb.

3. Mencadangkan Data Secara Rutin

Pencadangan data atau back-up data adalah inti dari strategi perlindungan terhadap Ransomware. Dengan mencadangkan data-data penting perusahaan secara rutin, maka kerugian kehilangan data jika terjadi Ransomware akan dapat diminimalisir. Anda dapat mencadangkan data di cloud storage maupun pada data center eksternal.

4. Selalu Perbarui Sistem dan Perangkat Lunak

Sistem dan software yang tidak diperbarui tidak akan memberikan keamanan maksimal terhadap berbagai serangan siber seperti Ransomware. Untuk itu, cara mencegah Ransomware selanjutnya adalah dengan selalu memperbarui sistem dan perangkat lunak yang Anda gunakan.

5. Memanfaatkan Segmentasi Jaringan

Segmentasi jaringan merupakan teknik yang digunakan oleh spesialis IT untuk mencegah penyebaran malware. Jika salah satu jaringan Anda terinfeksi, maka dapat dengan mudah dilakukan isolasi agar malware tersebut tidak menyebar ke jaringan lainnya.

6. Meningkatkan Keamanan dengan Endpoint Security

Endpoint security adalah perangkat yang dapat Anda gunakan untuk melindungi endpoint device (laptop, smartphone, printer, dsb) dari serangan siber. Hal ini dikarenakan endpoint perusahaan memiliki banyak titik akhir yang terhubung ke server. Sehingga menjadi incaran peretas untuk memasukkan Ransomware ke dalamnya.

Sangfor Endpoint Secure adalah salah satu tools keamanan yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan keamanan di titik akhir.

7. Menerapkan Kebijakan Akses Kontrol

Kebijakan akses kontrol merupakan praktik keamanan terbaik. Dengan hanya memberikan akses kepada mereka yang membutuhkan, akan mencegah risiko yang diakibatkan oleh kelalaian karyawan. Pastikan akses kontrol diberikan kepada karyawan yang tepat dan tidak membahayakan sistem keamanan perusahaan.

8. Mengintegrasikan Solusi Keamanan Email

Serangan Ransomware seringkali menyebar melalui email phising. Untuk itu, solusi keamanan email adalah tips yang efektif untuk mencegahnya. Anda memerlukan solusi gateway email yang aman serta dapat membantu Anda untuk memindai, menganalisis, dan menandai email atau lampiran yang berpotensi berbahaya.

9. Menjalankan Tes Keamanan Reguler

Melakukan tes keamanan secara berkala akan membantu Anda menemukan kelemahan dalam arsitektur perusahaan. Sehingga, Anda dapat dengan cepat memperbaikinya sebelum peretas memulai aksinya. Teknik pengujian keamanan seperti sandboxing, dapat melindungi bisnis dari Ransomware.

10. Gunakan Solusi Anti-Ransomware

Sangfor menawarkan solusi anti-Ransomware dalam paket lengkap. Setidaknya, ada 4 langkah mencegah Ransomware dari Sangfor, yaitu pendeteksian dan pemblokiran server masuk dan keluar dengan menggunakan solusi Sangfor NGAF. Langkah selanjutnya, mencegah eksploitasi lebih lanjut dengan solusi Sangfor Endpoint Secure. Kemudian, memblokir propagasi dengan kedua solusi tersebut.

Lindungi Data Anda Dari Ransomware Bersama Sangfor

Serangan Ransomware dapat terjadi karena kelalaian karyawan, penggunaan kata sandi yang lemah, serta manajemen akses yang buruk. Sangfor menjabarkan 10 cara mencegah Ransomware yang dapat Anda lakukan untuk melindungi data perusahaan.

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Sangfor menyediakan solusi Sangfor untuk mencegah serangan Ransomware pada perusahaan Anda. Untuk konsultasi dan informasi selengkapnya, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.