Pengertian RPA (Robotic Process Automation), Manfaat, dan Contohnya

Robotic Process Automation (RPA)

Robotic Process Automation atau RPA adalah salah satu contoh penerapan teknologi robotik untuk mempermudah pekerjaan manusia. Inovasi ini, dapat menggantikan pekerjaan ringan dan berulang secara otomatis.

Namun, tahukah Anda apa itu RPA dan bagaimana cara software robotic tersebut bekerja? Melalui artikel kali ini, pahami lebih dalam pengertian, manfaat, dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

Apa Itu RPA?

Robotic Process Automation atau RPA adalah teknologi perangkat lunak untuk membangun, menyebarkan, dan mengelola software robotic agar dapat meniru tindakan manusia.

Software ini, dapat melakukan tindakan ringan yang dilakukan manusia saat berinteraksi dengan sistem maupun perangkat lunak digital. Seperti misalnya, melakukan navigasi sistem, mengidentifikasi data, hingga berbagai pekerjaan ringan lainnya yang dilakukan secara berulang.

Dalam penerapannya, RPA umumnya dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan bisnis sederhana secara otomatis. Software tersebut dapat bekerja dengan lebih cepat, konsisten, dan minim kesalahan jika dibandingkan dengan tenaga manusia.

Manfaat RPA

Dengan kemampuannya dalam meniru pekerjaan manusia, RPA adalah software yang memiliki beragam manfaat bagi pengelolaan bisnis perusahaan. Beberapa diantaranya seperti:

1. Mempercepat transformasi digital

Manfaat RPA

RPA merupakan hasil dari kecanggihan teknologi inovasi. Dengan menerapkan RPA dalam sistem kerja, Anda akan mempercepat transformasi digital di lingkungan perusahaan. Menjadikan perusahaan Anda lebih cepat beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi.

2. Menghemat biaya operasional

Cara kerja RPA yang cepat dan tepat akan membantu Anda menghemat lebih banyak biaya operasional. Ke depannya, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya pemeliharaan agar software robotic tersebut dapat terus bekerja secara maksimal.

3. Meningkatkan produktivitas

Manfaat lain dari RPA adalah meningkatkan produktivitas di perusahaan Anda. Software ini dirancang agar dapat bekerja dengan gesit dan tentunya dengan kemampuan menanggung beban kerja yang lebih besar.

Dengan begitu, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu pekerjaan jadi lebih cepat dengan lebih banyak hasil yang didapatkan.

4. Meningkatkan akurasi hasil

Perbedaan paling penting antara Robotic Process Automation dengan tenaga tradisional adalah dalam hal akurasi hasil. RPA sudah dirancang dengan algoritma tertentu sehingga dapat meminimalisir kesalahan dalam bekerja.

5. Mempermudah pekerjaan karyawan

Dengan software robotic, pekerjaan sederhana dan berulang yang sebelumnya dikerjakan oleh karyawan akan dapat diambil alih. Dengan begitu, karyawan Anda dapat melakukan pekerjaan lain yang lebih penting.

Contoh Penerapan RPA

Contoh Penerapan RPA

Setelah membahas mengenai apa itu RPA hingga manfaatnya bagi bisnis, saatnya Anda mengetahui contoh penerapan software robotic ini dalam bisnis.

Operasional bisnis

  1. Pembaruan data
    Beberapa divisi seringkali melakukan pembaruan data, seperti data customer dan lain sebagainya. Dengan RPA, Anda dapat melakukan pembaruan data secara otomatis.

  2. Validasi data
    Selain melakukan pembaruan otomatis, RPA juga dapat melakukan validasi data sehingga memungkinkan Anda terhindar dari fraud.

  3. Ekstraksi data, pemindaian dokumen, dll
    RPA adalah teknologi robotik yang dilengkapi dengan machine learning yang dapat membaca dokumen. Sehingga, dapat melakukan pekerjaan seperti mengekstrasi data hingga memindai dokumen.

Pemasaran dan penjualan

  1. Lead nurturing
    Lead dapat datang dari berbagai platform seperti LinkedIn, formulir pengumpulan, vendor, dsb. RPA dapat mempermudah Anda mendapatkan lead dengan lebih mudah.

  2. Membuat dan mengirim faktur
    Kelebihan lain dari RPA adalah dapat memperbarui catatan akuntansi, menyiapkan, maupun mengirimkan faktur dari akun email yang tepat.

  3. Memperbarui CRM
    Selain dapat memperbarui data pelanggan secara otomatis, RPA juga dapat memperbarui data CRM untuk membantu sales bekerja lebih efisien.

Customer Service

  1. Melakukan diagnosa awal
    Software robotik dapat mengotomatiskan berbagai tugas administrasi sistem yang kompleks di sekitar aplikasi dan infrastruktur IT, seperti melakukan diagnosis reguler di tahap awal.

  2. Melakukan perbaikan kesalahan
    RPA dengan chat-enable dapat diprogram untuk mengarahkan pelanggan melakukan perbaikan ringan yang dapat dilakukan sendiri seperti troubleshooting

Teknologi

  1. Instalasi software
    RPA dapat mengaktifkan instalasi satu klik dari sistem yang kompleks dengan komponen yang saling terintegrasi.

  2. Testing otomatis
    Teknologi Robotic Process Automation dapat berkembang menjadi testing tool yang dapat mengikuti perilaku pengguna atau user. Dengan begitu, proses testing dapat dilakukan secara otomatis dan lebih cepat.

  3. Mengoperasikan tools
    Software robotic dapat melakukan pengoperasian tools secara otomatis baik untuk pelanggan maupun karyawan.

Keuangan

  1. Perencanaan keuangan
    Perencanaan keuangan merupakan proses rutin yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Proses tersebut dapat diotomatiskan sebagian menggunakan RPA.

  2. Pemrosesan rekening koran
    Anda juga dapat melakukan pembandingan rekening koran satu dan yang lainnya lebih cepat dengan bantuan RPA.

Tertarik Menggunakan Teknologi RPA?

ACL Robotics

Robotic Process Automation atau RPA adalah software robotic yang memiliki banyak kegunaan untuk bisnis. Dengan RPA, Anda dapat melakukan pekerjaan sederhana dengan lebih ringan bahkan secara otomatis.

Galvanize, yang saat ini berkembang sebagai Diligent, memiliki solusi Robotic Process Automation terbaik yang akan membantu bisnis Anda bekerja dengan lebih efektif. Jika Anda membutuhkan software robotic ini, AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Diligent menawarkan solusi ACL Robotics sebagai solusi untuk tingkatkan produktivitas perusahaan Anda.