5 Tips Presentasi Keamanan yang Efektif Untuk CISO

Tips Presentasi Keamanan

Seorang CISO (Chief Information Security Officer) wajib menyampaikan informasi terkait risiko siber dan kondisi keamanan terkini kepada pimpinan perusahaan. Dengan begitu, perusahaan dapat menerapkan praktik keamanan siber yang baik.

Lalu, bagaimana cara menyampaikan informasi tersebut dengan tepat? Berikut ini tips presentasi keamanan yang efektif untuk seorang CISO.

1. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Tips Presentasi Keamanan

Kosakata dalam ilmu keamanan siber memiliki banyak akronim yang sulit dipahami oleh orang awam. Untuk itu, gunakanlah bahasa yang umum digunakan dan dipahami banyak orang. Dengan menjembatani kesenjangan bahasa, dewan direksi di perusahaan Anda dapat dengan mudah memahami permasalahan terkait risiko siber perusahaan.

2. Sampaikan Dampak yang Mungkin Terjadi

Dalam melakukan presentasi keamanan, CISO haruslah mampu menerjemahkan risiko terkait keamanan siber. Caranya adalah dengan memberikan pandangan yang berwawasan bisnis kepada dewan direksi. Hal ini dapat dimulai dengan menyampaikan dampak-dampak yang akan terjadi terkait keamanan siber perusahaan.

3. Berikan Alasan yang Masuk Akal

Tips presentasi keamanan yang efektif selanjutnya adalah dengan senantiasa memberikan alasan yang rasional kepada jajaran dewan direksi. Perlu diingat untuk selalu mengaitkan risiko siber dengan prioritas utama dalam agenda dewan direksi Anda. Seperti misalnya, kepatuhan terhadap peraturan dan apa yang sedang terjadi di bidang industri perusahaan Anda.

4. Bagikan Perspektif yang Jelas

Bersikaplah proaktif dan berterus terang dalam mempresentasikan keamanan siber perusahaan Anda. Berikan perspektif tentang apa yang menjadi perhatian, mengapa, dan apa yang dibutuhkan perusahaan dalam menerapkan strategi keamanan siber.

5. Kemukakan Kebutuhan Anda pada Dewan Direksi

Dewan direksi memiliki peran penting dalam upaya keamanan siber. Termasuk diantaranya berkomunikasi dengan para pemangku jabatan, mengajukan pertanyaan kepada manajemen, dan memperhatikan visi perusahaan. Namun seringkali banyak yang tidak menyadari hal ini, sehingga dibutuhkan bantuan dari CISO sebagai penyambung komunikasi.

Buat Presentasi Keamanan yang Efektif Bersama Diligent

Diligent menawarkan solusi IT Risk Management yang memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi, menilai, dan memperbaiki risiko internal melalui satu platform yang komprehensif.

AMT IT Solutions sebagai Diligent Official Partner dapat membantu Anda menyediakan kebutuhan terkait board management perusahaan. Untuk konsultasi dan informasi selengkapnya, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.