Mengenal Combined Assurance dalam Manajemen Audit

Combined Assurance adalah

Perusahaan pada umumnya memiliki beberapa penjamin dalam manajemen audit keuangan. Mulai dari manajer, spesialis, internal auditor, eksternal auditor, hingga inspektur. Hal itu dilakukan untuk menjaga keamanan hasil audit agar dapat dipertanggungjawabkan.

Namun, bukan berarti hal tersebut tidak menimbulkan risiko sama sekali. Combined assurance adalah upaya yang dapat Anda lakukan untuk mencegah risiko yang akan datang.

Apa Itu Combined Assurance?

Combined assurance adalah pendekatan yang dilakukan untuk mengintegrasikan berbagai sumber daya dan fungsi dalam perusahaan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pandangan menyeluruh tentang risiko dan efektivitas pengendalian.

Jenis pendekatan ini melibatkan kolaborasi antara berbagai fungsi penjaminan. Seperti audit internal, manajemen risiko, kepatuhan, dan kontrol internal. Untuk memberikan keyakinan yang lebih kuat kepada manajemen dan dewan direksi mengenai keadaan risiko dan pengendalian dalam perusahaan.

Manfaat Combined Assurance

Combined Assurance

Beberapa manfaat dari penerapan pendekatan combined assurance adalah sebagai berikut:

  • Memberikan pemahaman yang lebih baik

Jenis pendekatan ini dapat membantu meningkatkan pemahaman manajemen dan dewan direksi tentang adanya risiko serta pentingnya pengendalian yang efektif.

  • Meningkatkan komunikasi

Model combined assurance mampu meningkatkan kualitas komunikasi dan kerja sama antar tim penjamin yang berbeda.

  • Mengoptimalkan penggunaan sumber daya

Selain itu, nantinya combined assurance akan menggunakan sumber daya penjaminan yang ada dengan lebih strategis dan efektif.

  • Menciptakan efisiensi

Model pendekatan ini dapat mengurangi adanya duplikasi dalam proses dengan mengkoordinasikan kegiatan penjaminan di setiap tim.

  • Memberikan pandangan komprehensif

Pendekatan ini akan memberikan pandangan menyeluruh tentang risiko dan kontrol yang dihadapi oleh perusahaan.

Perbedaan Combined Assurance dan Integrated Assurance

Adanya model combined assurance yang disempurnakan juga menjelaskan konsep integrated assurance yang sedikit mirip dengan combined assurance. Model integrated sendiri memperkenalkan konsep risiko terhadap nilai bisnis perusahaan. Sehingga mampu mengidentifikasi risiko utama yang mempengaruhi nilai bisnis tersebut.

Hal ini perlu dipantau dan dikelola menggunakan pendekatan manajemen risiko terpadu. Model combined assurance yang ditingkatkan menunjukkan bagaimana hal tersebut dapat dilakukan, dengan menggunakan  combined assurance dan integrated assurance secara bergantian.

Diligent: Solusi Manajemen Audit Perusahaan

Diligent merupakan penyedia perangkat lunak keamanan, manajemen risiko, kepatuhan, dan audit berbasis cloud. Diligent menawarkan solusi Diligent HighBond yang terintegrasi untuk memperkuat manajemen perusahaan.

AMT IT Solutions sebagai Diligent Official Partner dapat membantu Anda menyediakan kebutuhan perusahaan. Untuk konsultasi dan informasi selengkapnya, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.