WiFi: Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya

WiFi adalah

Pesatnya perkembangan teknologi digital membuat kebutuhan akan jaringan internet semakin meningkat. WiFi adalah salah satu teknologi yang banyak digunakan oleh berbagai perusahaan untuk memenuhi kebutuhan akses internet karyawannya.

Lalu, apa itu WiFi dan bagaimana cara kerjanya? Simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu WiFi?

WiFi adalah

WiFi adalah teknologi jaringan nirkabel yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan akses internet nirkabel berkecepatan tinggi. Istilah WiFi digunakan untuk menyebutkan wireless LAN (Local Area Network) berdasarkan standar protokol jaringan 802.11 IEEE.

Standar protokol 802.11 IEEE sendiri, merupakan protokol yang memungkinkan komunikasi dengan perangkat nirkabel atau wireless. Termasuk wireless router dan wireless access point (WAP).

Cara Kerja WiFi

WiFi bekerja dengan cara memancarkan gelombang radio dalam berbagai frekuensi untuk menyediakan koneksi internet nirkabel. Untuk menangkap koneksi internet tersebut, dibutuhkan perangkat yang dapat mengatur jaringan internet seperti router.

Ketika suatu perangkat ingin terhubung ke jaringan WiFi, maka perangkat tersebut akan mengirimkan pesan permintaan yang dapat memindai jaringan terdekat yang tersedia. Kemudian permintaan tersebut akan direspons oleh router dengan mengirimkan pesan yang berisi nama jaringan (SSID), jenis enkripsi (jika ada), dan kekuatan sinyal (RSSI).

Setelah menerima sinyal dari router, perangkat akan diminta untuk mengirimkan permintaan autentikasi (seperti kata sandi WiFi). Selanjutnya, router akan melakukan verifikasi dan memberinya alamat IP agar dapat terhubung ke jaringan internet.

Fungsi WiFi Untuk Perusahaan

Penggunaan WiFi di ruang lingkup perusahaan memiliki banyak manfaat. Berikut ini beberapa fungsi WiFi untuk bisnis Anda:

Meningkatkan Produktivitas

Penggunaan WiFi di area kantor akan membuat manajemen menjadi lebih terpusat. Sehingga Anda dapat lebih mudah mengontrol kinerja karyawan dan meningkatkan produktivitasnya.

Memudahkan Kolaborasi

Fungsi lain dari WiFi adalah memudahkan kolaborasi antar karyawan, terlepas dari perbedaan lokasi mereka. Dengan menggunakan WiFi, tentunya Anda berada di jaringan yang sama sehingga memudahkan untuk berbagi data.

Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Jika bisnis Anda berhadapan langsung dengan pelanggan, menyediakan WiFi gratis dapat meningkatkan kepuasan terhadap pelanggan. Misalnya, bisnis yang bergerak di bidang ritel dapat menawarkan akses WiFi kepada pembeli. Sehingga memudahkan mereka untuk membaca ulasan produk.

Memudahkan Mobilitas

Menyediakan WiFi akan memudahkan mobilitas karyawan, baik bagi yang ingin menghadiri rapat online, atau bekerja dari lokasi yang berbeda tanpa kehilangan konektivitas internet.

Perluas Jaringan WiFi Anda Dengan Aruba Access Point

Penggunaan WiFi adalah solusi bagi Anda yang membutuhkan jaringan internet nirkabel. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, Anda juga dapat memperluas jaringan WiFi dengan menambahkan access point sesuai kebutuhan.

AMT IT Solutions sebagai Aruba Official Partner dapat membantu Anda dalam memperluas jaringan WiFi. Untuk konsultasi dan promo menarik, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.