4 Cara Mendapatkan Opini Audit Positif Bagi Perusahaan

Opini audit positif

Hasil opini audit yang positif akan membantu perusahaan membangun hubungan baik dengan investor, pelanggan, dan masyarakat. Untuk itu, Anda perlu memahami cara mendapatkan opini audit yang baik saat sedang melakukan pelaporan audit.

Setidaknya, ada empat jenis opini audit yang diberikan oleh auditor. Mulai dari opini terbaik yang harus didapatkan oleh perusahaan seperti unqualified opinion. Kemudian opini dengan beberapa masalah audit seperti qualified opinion, disclaimer of opinion. Hingga opini yang paling buruk yaitu adverse opinion.

Langkah Mendapatkan Opini Audit Positif

Opini audit positif

Auditor membuat opini audit dengan pertimbangan profesional serta payung hukum yang berlaku. Untuk mendapatkan unqualified opinion bagi perusahaan, perhatikan hal berikut:

1. Terapkan pengendalian internal

Pengendalian internal tidak hanya menghasilkan laporan keuangan yang lebih baik, namun juga menjadikan kinerja keuangan lebih dapat dipertahankan oleh auditor. Setelah upaya pengendalian internal, Anda juga perlu melakukan evaluasi agar hasilnya maksimal.

2. Ciptakan kebijakan keuangan yang kuat

Membangun proses pelaporan keuangan yang patuh akan lebih mudah dibandingkan memperbaiki proses yang memiliki kelemahan besar. Untuk itu, penting untuk membuat dan menerapkan kebijakan dengan mempertimbangkan GAAP.

3. Lakukan tinjauan rutin

Perusahaan haruslah memiliki kontrol dan kebijakan keuangan yang ditinjau secara berkala oleh tim audit internal perusahaan. Hal ini dilakukan untuk memastikan semuanya selesai sebelum audit dilakukan.

4. Manfaatkan software audit

Dengan pemanfaatan solusi software manajemen audit, Anda bisa memastikan perusahaan berada di posisi yang tepat untuk mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian atau unqualified opinion dalam laporan audit mereka. Hal tersebut juga akan mendorong efisiensi di seluruh alur kerja audit, dengan praktik terbaik bawaan dan solusi yang dapat disesuaikan.

Dapatkan Opini Audit Positif Bersama Diligent

Salah satu cara mendapatkan opini audit positif adalah dengan memanfaatkan software audit terbaru. Dengan begitu, hasil audit yang Anda dapatkan akan lebih akurat dan dapat diandalkan.

Anda dapat menggunakan solusi Diligent Audit Management untuk membantu tim audit Anda mengelola laporan audit dengan maksimal. Sebagai mitra resmi Diligent, AMT IT Solutions dapat membantu Anda menyediakan kebutuhan tersebut. Hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.