Apa Itu Container? Ini Fungsinya Dalam Teknologi Virtual

Container adalah

Teknologi virtual saat ini tengah banyak diminati oleh perusahaan dalam mengembangan infrastruktur IT. Container adalah contoh teknologi virtual yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi bisnis.

Container banyak dipilih karena sifatnya yang lebih portabel dan hemat sumber daya dalam menjalankan aplikasi perusahaan. Lalu, apa itu Container dan bagaimana cara teknologi modern tersebut bekerja? Simak di bawah ini.

Apa Itu Container?

Containerization adalah

Container adalah software yang digunakan untuk mempermudah pengembangan aplikasi dengan cara mengemas dan mengisolasi suatu aplikasi secara virtual. Jenis teknologi virtual ini berbeda dengan Virtual Machine (VM) tradisional, dimana Container tidak membutuhkan dedicated Operating System (OS).

Selain itu, jika dibandingkan dengan Virtual Machine (VM), Container bersifat lebih portabel dan lebih hemat sumber daya. Sehingga, teknologi ini cukup banyak digemari dan menjadi unit komputasi de facto dari aplikasi cloud-native modern.

Perbedaan Container dan Virtual Machine

Virtual Machine dan Container adalah teknologi virtual yang hampir sama. Namun, keduanya memiliki fungsi yang berbeda seperti berikut ini:

Perbedaan Container dan Virtual Machine

Perbedaan yang cukup besar antara  Virtual Machine dan Container yaitu VM menggunakan hypervisor yang mengikatnya langsung ke server hardware, dan memerlukan Guest OS untuk menjalankan aplikasi.  Sedangkan Container dapat langsung menjalankan aplikasi pada host OS.

Cara Kerja Container

Pada umumnya, Container memiliki empat tahapan dalam menjalankan aplikasi serta layanan yang ditanggungnya, termasuk:

  1. Creation
  2. Deployment
  3. Scaling/Expansion
  4. Destruction

Containerization (proses Container) memastikan bahwa tidak satupun dari tahapan tersebut bergantung pada OS Kernel. Dengan begitu, Container tidak membawa Guest OS apapun seperti yang dilakukan oleh Virtual Machine (VM).

Selanjutnya, aplikasi dalam Container terikat dengan semua dependensinya sebagai satu unit yang dapat diterapkan. Dengan memanfaatkan fitur dan kemampuan host OS, maka Container dapat membuat aplikasi dan software bekerja di semua lingkungan komputasi.

Kelebihan Containerization

Solusi Container sangatlah bermanfaat bagi pengembangan infrastruktur IT perusahaan. Beberapa kelebihan Container adalah sebagai berikut:

  1. Membutuhkan lebih sedikit sumber daya sistem dibandingkan Virtual Machine. Hal ini dikarenakan Container tidak mengikat gambar sistem operasi ke setiap aplikasi yang disimpan.
  2. Dapat dioperasikan dengan maksimal karena aplikasi dalam Container dapat menggunakan host OS.
  3. Mengoptimalkan penggunaan sumber daya sebagai komputasi Container, memungkinkan aplikasi serupa untuk berbagi file pustaka dan biner.
  4. Meminimalisir risiko tingkat hardware atau saat implementasi, karena Container tidak bergantung pada infrastruktur.
  5. Portabilitas yang lebih baik karena Anda dapat memigrasi dan menerapkan Container di mana saja dengan mudah.
  6. Penskalaan dan pengembangan yang sederhana karena teknologi Containerization memungkinkan perluasan bertahap dan pengujian aplikasi secara paralel.
  7. Memungkinkan untuk mengembangkan, menguji, menerapkan, menskalakan, membangun kembali, dan menghancurkan aplikasi untuk berbagai platform atau lingkungan menggunakan metode yang sama.
  8. Memudahkan perpindahan aplikasi dari satu lingkungan komputasi ke lingkungan komputasi lainnya menjadi lebih cepat dan dapat diandalkan. 
  9. Merupakan paket software yang ringan, mandiri, serta dapat dieksekusi. 
  10. Di dalamnya, mencakup semua yang hal yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi, seperti kode, runtime, alat sistem, pustaka sistem, hingga pengaturan.

Kesimpulan

Container adalah teknologi virtual yang dapat mempermudah Anda pengembangan aplikasi  dengan cara mengemas dan mengisolasi suatu aplikasi secara virtual, hingga dapat dijalankan di lingkungan komputasi manapun.

Salah satu contoh pemanfaatan Container dilakukan oleh F5 dalam solusi F5 Container Ingress Services. Solusi ini menawarkan otomatisasi, orkestrasi, dan layanan jaringan seperti perutean, pembongkaran SSL, perutean HTTP, dan keamanan yang kuat.

Tertarik dengan solusi yang ditawarkan oleh F5? AMT IT Solutions sebagai mitra resmi F5 menyediakan berbagai solusi F5 untuk kebutuhan perusahaan Anda. Hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp untuk konsultasi.