4 Faktor Penyebab Serangan API yang Perlu Diwaspadai

Faktor Penyebab Serangan API

Arsitektur berbasis API (Application Programming Interface) dapat mempercepat pengembangan aplikasi perusahaan. Namun, kecanggihan tersebut dapat menjadi  pemicu serangan API oleh hacker.

Untuk itu, Anda perlu memberikan perlindungan tambahan atau API security untuk mencegah potensi serangan yang mungkin terjadi. Sebelum menerapkan solusi keamanan, perhatikan beberapa faktor penyebab serangan API berikut ini.

1. Adanya Kerentanan API yang Belum Tertangani

Faktor Penyebab Serangan API

Banyak kerentanan API yang terjadi karena buruknya visibilitas dan keamanan, sehingga banyak hacker yang menjadikannya sebagai target serangan. Memberikan perlindungan melalui desai dan pengkodean API yang baik mungkin akan mengurangi risiko serangan. Namun demikian, kerentanan API masih terus ada melalui interkoneksi dari pihak ketiga yang seringkali tidak tertangani dengan baik.

2. Penyebaran API yang Tidak Terkelola

Permasalahan dalam penyebaran API yang muncul adalah kurangnya strategi holistik yang mencakup tata kelola dan praktik yang tepat. Adanya API yang tidak terkelola dengan baik dapat menciptakan API jahat atau zombie API yang berbahaya dan mengancam keamanan.

3. API Gateway Tidak Cukup Kuat Mengamankan API dalam Infrastruktur yang Kompleks

Penggunaan API gateway khusus sebagai titik masuk tunggal untuk mengontrol keamanan tentunya memiliki keterbatasan. Termasuk kegagalan pada titik masuk tersebut hingga penurunan kinerja.

Dikarenakan API gateway merupakan komponen penting dari infrastruktur API, maka perlu disadari jika pengembangan API akan meningkatkan penerapan API gateway yang juga akan meningkatkan risiko serangan.

4. Penggunaan Web Application Firewall (WAF) yang Tidak Melindungi API Secara Menyeluruh

Solusi WAF memang mampu memberikan perlindungan dan keamanan untuk protokol API. Namun, seringkali WAF tidak menawarkan kemampuan pengamatan API untuk mendeteksi ancaman tingkat lanjut di arsitektur hybrid dan multi-cloud. Termasuk tidak adanya fitur penemuan API secara dinamis, deteksi otomatis, mitigasi ancaman, pengujian, dan lain sebagainya.

Solusi Untuk Meningkatkan API Security

Ada beberapa solusi yang dapat Anda terapkan untuk mencegah berbagai faktor penyebab serangan API, seperti:

Meningkatkan Regulasi Untuk Mendukung Perlindungan API

Regulasi perusahaan pada umumnya telah memperkirakan risiko yang ditimbulkan oleh API, sehingga menciptakan mitigasi risiko untuk mengatasinya. Untuk itu, jika Anda menginginkan perlindungan API yang lebih kuat, tentunya Anda perlu meningkatkan regulasi yang lebih baik terkait penerapan API dalam infrastruktur IT perusahaan.

Fokus Pada Pengembangan Infrastruktur

Arsitektur keamanan API harus mempertimbangkan integrasi dengan penyedia infrastruktur IT, termasuk multi-cloud dan lainnya. Selain itu, setiap solusi juga harus dapat diterapkan ke semua lingkungan arsitektur. Serta memungkinkan kebijakan keamanan yang mengikuti API dan ekosistemnya.

Kesimpulan

Beberapa faktor penyebab serangan API memerlukan penerapan solusi yang mampu memperkuat keamanan API. Salah satunya, solusi tersebut memerlukan integrasi infrastruktur dan konektor.

F5 sebagai penyedia solusi API security dapat membantu Anda meningkatkan keamanan API di lingkungan perusahaan Anda. Untuk konsultasi dan informasi selengkapnya, hubungi AMT IT Solutions sebagai F5 Official Partner melalui marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.