OneDrive: Fungsi dan Kelebihannya Untuk Menyimpan File

OneDrive adalah

Ada banyak pilihan penyimpanan cloud yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan file pekerjaan. OneDrive adalah salah satu cloud storage yang dilengkapi berbagai fitur untuk membantu Anda mengelola data pekerjaan dengan lebih mudah.

Salah satu fitur yang ditawarkan Microsoft OneDrive adalah integrasi antar aplikasi Microsoft lainnya, sehingga membuat proses back-up data menjadi lebih efisien. Lalu, apa itu OneDrive, fungsi dan kelebihannya? Berikut pembahasannya!

Mengenal OneDrive

Microsoft OneDrive

Menurut Microsoft, OneDrive adalah sebuah layanan cloud storage dari Microsoft yang berfungsi untuk menyimpan, mengelola, serta membagikan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Dengan OneDrive, Anda dapat membagikan data dari perangkat mana saja selama terhubung ke internet dan memiliki akses ke akun Microsoft OneDrive. Umumnya, perusahaan akan menyediakan akun OneDrive for Business yang terintegrasi langsung dengan aplikasi Microsoft lainnya seperti Microsoft 365.

Jika perusahaan Anda menggunakan Microsoft 365, Anda akan mendapatkan setidaknya 1TB kapasitas penyimpanan OneDrive. Tentunya, kapasitas tersebut tergantung pada paket yang Anda gunakan. Selain itu, OneDrive juga menyediakan kapasitas penyimpanan untuk penggunaan personal secara gratis sebesar 5GB.

Kelebihan OneDrive

Sebagai sebuah cloud storage, OneDrive memiliki beberapa kelebihan yang dapat mempermudah pekerjaan Anda. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

1. Memiliki Aksesibilitas yang Tinggi

OneDrive adalah jenis penyimpanan cloud yang memungkinkan Anda untuk menyimpan, mengelola, dan membagikan data di mana saja, selama terhubung dengan internet dan memiliki akses menuju akun Microsoft. Untuk itu, OneDrive memiliki tingkat aksesibilitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis penyimpanan konvensional.

2. Kompatibel dengan Berbagai OS

Meskipun dikembangkan oleh Microsoft, OneDrive tetap memiliki banyak dukungan dari beberapa Operating System seperti Mac, Android, iOS, dan juga dapat diakses melalui web browser.

3. Tampilan User Friendly

Salah satu kelebihan OneDrive adalah tampilannya yang user friendly sehingga mudah digunakan, bahkan untuk orang awam yang baru saja menggunakan cloud storage. Tampilan pada OneDrive cukup sederhana, sehingga mudah dioperasikan.

4. Saling Terintegrasi

OneDrive menawarkan integrasi tinggi antar sesama aplikasi Microsoft lainnya, seperti Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda dalam mengelola, membagikan, maupun melakukan sinkronisasi data perusahaan.

5. Dilengkapi Fitur Keamanan Canggih

Microsoft melengkapi beberapa fitur pada OneDrive yang dapat meningkatkan keamanan data penggunanya. Seperti dengan menyematkan fitur autentikasi atau verifikasi dua arah. Selain itu, versi OneDrive for Business juga dilengkapi dengan fitur scanning virus, limit akses, hingga enkripsi data.

Perbedaan OneDrive dan Google Drive

Perbedaan OneDrive dan Google Drive

Baik Google Drive maupun OneDrive adalah dua jenis penyimpanan cloud dengan jumlah pengguna yang cukup banyak. Lalu, apa perbedaan keduanya? Simak tabel di bawah ini.

Personal Plan

OneDrive:
Tersedia paket gratis 5GB
$2/bulan untuk 100 GB
$7/bulan untuk 1 TB

Google Drive:
Tersedia paket gratis 15GB
$2/bulan untuk 100 GB
$3/bulan untuk 200 GB
$10/bulan untuk 2 TB

Business Plan

OneDrive:
$5/bulan untuk 1 TB
$10/bulan untuk penyimpanan tak terbatas

Google Drive:
$6/bulan untuk 30 GB
$12/bulan untuk 2 TB
$18/bulan untuk 5 TB

Sinkronisasi

OneDrive:
Menawarkan sinkronisasi otomatis dengan penyalinan tingkat blok, membuat sinkronisasi otomatis lebih cepat.

Google Drive:
Menawarkan sinkronisasi otomatis tanpa penyalinan tingkat blok, sehingga membutuhkan lebih banyak waktu dan bandwidth.

Keamanan

OneDrive:
Dapat mengatur tanggal kedaluwarsa pada tautan, lebih aman secara komparatif.

Google Drive:
Tidak dapat mengatur tanggal kedaluwarsa pada tautan.

Integrasi

OneDrive:
Terintegrasi dengan produk Microsoft lainnya dan pilihan platform pihak ketiga seperti Zapier.

Google Drive:
Terintegrasi dengan produk Google lainnya dan pilihan platform pihak ketiga seperti Zapier.

Gunakan OneDrive Untuk Penyimpanan Data Perusahaan

Jika Anda membutuhkan cloud storage untuk menyimpan data perusahaan, OneDrive adalah solusi yang tepat. Selain terintegrasi dengan berbagai produk Microsoft lainnya, jenis penyimpanan ini juga menawarkan keamanan serta perlindungan data penting perusahaan.

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Microsoft Indonesia menyediakan berbagai produk seperti Microsoft 365 untuk kebutuhan bisnis. Hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp untuk informasi selengkapnya.