Pengujian Pengendalian Internal: Ini yang Perlu Anda Ketahui

Pengujian pengendalian internal adalah

Pengujian pengendalian internal adalah upaya untuk memastikan proses pengendalian internal berjalan sesuai prosedur. Proses pengujian ini, merupakan bagian dari proses audit yang nantinya akan mempengaruhi strategi GRC perusahaan.

Melalui artikel ini, akan dibahas mengenai apa itu pengujian pengendalian internal atau internal control testing, manfaat, dan penerapannya.

Apa Itu Pengujian Pengendalian?

Strategi pengujian pengendalian internal adalah prosedur dalam audit untuk menentukan apakah pengendalian internal yang dilakukan sudah cukup untuk mendeteksi kesalahan maupun potensi penipuan.

Dengan kata lain, internal control testing adalah upaya untuk mencegah kesalahan penyajian dalam laporan keuangan perusahaan. Strategi ini merupakan bagian dari persiapan audit, sehingga mampu menjamin pengendalian berjalan dengan baik.

Pengujian pengendalian internal adalah

Pengujian Pengendalian Otomatis

Ada banyak tim audit yang mulai meningkatkan ketelitian mereka dalam melakukan pengujian pengendalian. Termasuk dengan menggunakan teknologi otomatisasi yang melibatkan otomatisasi proses. Sehingga mampu memastikan konsistensi, keandalan, dan pengoperasioan pengendalian mereka.

Manfaat Pengujian Pengendalian Internal Otomatis

Penerapan strategi pengujian control testing dapat memberikan banyak manfaat bagi pengendalian internal yang dilakukan oleh perusahaan, termasuk:

1. Mendukung proses kepatuhan yang efisien dan selaras

Salah satu manfaat pengujian pengendalian internal adalah terciptanya efisiensi dalam penerapan proses kepatuhan yang dilakukan perusahaan. Selain itu, mengotomatiskan pengujian internal juga dapat membantu menciptakan kerangka kerja yang konsisten di lingkungan proses pengujian sehingga lebih efektif.

2. Mengurangi biaya kepatuhan

Menggunakan pengujian kontrol otomatis dapat mengurangi risiko kesalahan manusia dan meminimalisir waktu yang dibutuhkan. Sehingga dapat menghemat biaya dalam menerapkan kepatuhan.

3. Menciptakan pengendalian yang dapat diandalkan

nternal control testing yang dilakukan berdasarkan data dapat memberikan keyakinan terhadap hasil yang didapatkan. Tentunya hal ini perlu disertai dengan upaya pencegahan pelanggaran kepatuhan.

4. Mengikuti perkembangan kepatuhan yang ada

Lanskap kepatuhan akan selalu berubah, sehingga Anda perlu beradaptasi dengan cepat agar terhindar dari risiko yang ditimbulkan. Dengan pengujian pengendalian otomatis, Anda dapat memperbaharui pengendalian sesuai kebutuhan.

5. Meningkatkan kemampuan

Pengujian otomatis yang selalu aktif dapat membantu Anda meningkatkan pendekatan secara terus-menerus. Hal ini dapat mempercepat proses kerja tim audit dan meningkatkan hasil audit yang dilakukan.

Otomatiskan Pengujian Pengendalian Internal Bersama Diligent

Mengotomatiskan pengujian pengendalian internal adalah strategi untuk mengelola berbagai kebijakan dan strategi kepatuhan dengan lancar. Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pengujian sekaligus menghemat pengeluaran.

Diligent Audit Management dapat membantu Anda mengotomatiskan, memusatkan, dan menyederhanakan pengujian pengendalian Anda. AMT IT Solutions sebagai Diligent Official Partner dapat membantu Anda menyediakan kebutuhan tersebut. Untuk konsultasi dan informasi selengkapnya, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.